Ilustrasi anak yang memiliki IQ tinggi (Dok: berkeluarga.id)

Simak! Ini Tanda-Tanda Anak Memiliki IQ Tinggi

Dimas | Pendidikan | 18-06-2022

PARBOABOA, Jakarta – Setiap anak sejatinya memiliki bakat dan kemampuan berfikir yang cerdas. Akan tetapi, ada juga beberapa anak yang diketahui memiliki tingkat kecerdasan atau Intelligence Quotient (IQ) di atas rata-rata.

Mengutip dari Cognition Today, Kamis (16/6), tingkat IQ seseorang bisa dilihat dari hasil tes asesmen terstruktur yang dilakukan oleh psikolog. Nantinya, hasil tes tersebut akan ditunjukkan dalam bentuk skor.

Biasanya, 70% orang akan memiliki IQ sekitar 80-120. Lalu, sekitar 95% orang akan memiliki IQ antara 70-130. Sementara itu, orang yang ber-IQ tinggi biasanya akan mendapat skor di atas 130.

Tanda-Tanda Anak Memiliki Tingkat IQ Tinggi

Namun, selain mengacu pada tes yang dilakukan oleh psikolog, ternyata ada juga tanda-tanda yang bisa dikenali para orang tua untuk mengetahui tingkat kecerdasan anak, seperti:

1. Memiliki Daya Ingat yang Kuat

Daya ingat yang kuat menjadi salah satu pertanda bahwa anak memiliki IQ yang tinggi. Hal ini bisa dilihat dari keseharian anak saat belajar dan menyimpan informasi baru, baik di sekolah maupun dirumah.

Menurut psikolog dan penulis Tracy Packiam Alloway, anak yang memiliki daya ingat yang kuat dapat mengambil keputusan dalam aktivitas sehari-hari.

"Memori kerja terkait tidak hanya dengan belajar (dari TK hingga perguruan tinggi), tetapi untuk pengambilan keputusan dalam kegiatan sehari-hari," ungkapnya.

2. Memiliki Rasa Penasaran yang Tinggi

Anak yang memiliki IQ yang tinggi umumnya akan memiliki rasa penasaran yang tinggi. Biasanya, anak akan sering mengajukan banyak pertanyaan untuk mengetahui sesuatu hal.

3. Kemampuan Membaca

Rata-rata, anak yang sangat cerdas memiliki kemampuan membaca lebih awal dibanding anak-anak seusianya. Umumnya, mereka mulai bisa membaca sebelum berusia empat tahun.

Sementara kebanyakan anak, biasanya baru dapat membaca ketika berusia enam sampai tujuh tahun.

4. Gemar berargumentasi

Ketika kemampuan berpikir analitisnya berkembang pesat, anak akan senang mengemukakan pendapat serta memperdebatkan sesuatu yang bertentangan dengan keyakinannya.

Anak yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, umumnya lebih ekspresif dalam mengungkapkan keinginan dan bantahannya.

5. Kemampuan Menguasai Bahasa Asing

Menurut laporan ilmiah dari Child Development, anak yang menguasai bahasa asing di usia 12-24 bulan menandakan bahwa ia memiliki ingatan atau memori yang baik. Hal itu juga merupakan tanda bahwa anak memiliki kecerdasan yang tinggi.

Oleh karena itu, para orang tua bisa membangun kecerdasan anak sejak dini dengan memperkenalkan bahasa asing sejak usia dini, seperti di atas satu tahun.

6. Kemampuan Berfikir Cepat

Mudah memahami materi pelajaran yang diberikan tentu saja menjadi ciri yang paling mudah dideteksi untuk mengetahui tingkat kecerdasan anak. Anak cerdas umumnya memiliki kemampuan berpikir yang cepat, kemampuan menganalisa suatu kasus dengan baik dan tentu saja daya ingat yang tinggi.

Nah, itulah seputar informasi mengenai tanda-tanda anak yang memiliki IQ yang tinggi. Semoga membantu!

Tag : #kecerdasan anak    #intelligence quotient    #pendidikan    #pendidikan anak    #iq tinggi   

Baca Juga