Konsep Taqwa Kepada Allah dan Maknanya dalam Al-Quran (Foto: Parboaboa/Lamsari Gulo)

Konsep Taqwa Kepada Allah dan Maknanya dalam Al-Quran

Sari | Pendidikan | 04-04-2022

PARBOABOA – Taqwa artinya menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya. Sebagai umat muslim tentu istilah taqwa ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Sejak kecil kita diajarkan untuk menjadi hamba yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Pada suatu ketika, sahabat nabi yang bernama Abu Hurairah ditanya oleh seseorang apa yang dimaksud dengan taqwa, lalu Abu Hurairah menjawab dengan satu ilustrasi.

''Pernahkah engkau melewati suatu jalan dan engkau melihat jalan itu penuh dengan duri? Bagaimana tindakanmu untuk melewatinya?'' Orang itu menjawab, ''Apabila aku melihat duri, maka aku menghindarinya dan berjalan di tempat yang tidak ada durinya, atau aku langkahi duri-duri itu, atau aku mundur.'' Abu Hurairah cepat berkata, ''Itulah dia taqwa!'' (HR Ibnu Abi Dunya).

Lalu apa pengertian taqwa sebenarnya?

Pengertian Taqwa

Konsep taqwa adalah seseorang yang taat kepada Allah SWT dan mengharap rahmat-Nya, dan meninggalkan segala yang dilarang karena takut akan siksa-Nya.

Seseorang dikatakan bertaqwa kepada Allah SWT jika ia menjalankan kewajiban kepada Allah dan mengerjakan hal-hal yang sunnah seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Secara etimologi taqwa berasal dari kata "waqa – yaqi – wiqayah", taqwa artinya menjaga diri, menghindari dan menjauhi. Sedangkan pengertian taqwa secara terminologi adalah takut kepada Allah berdasarkan kesadaran dengan mengerjakan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Contoh Taqwa

Dalam surat Al-Baqarah ayat 117, Allah SWT menggambarkan contoh taqwa dan mengelompokkan berdasarkan lima indikator, yaitu:

1. Beriman kepada Allah SWT, para malaikat, kitab-kitab dan para nabi.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al baqarah ayat 2-5 sebagai berikut:


ذَٰلِكَ ٱلْكِتَٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ (2) ٱلَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِٱلْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَمِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ يُنفِقُونَ (3) وَٱلَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيْكَ وَمَآ أُنزِلَ مِن قَبْلِكَ وَبِٱلْءَاخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ (4) أُو۟لَٰٓئِكَ عَلَىٰ هُدًى مِّن رَّبِّهِمْ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ (5)

Artinya: "Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa,(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka. dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung." (QS. Al Baqarah: 2-5)

2. Contoh taqwa artinya mencintai sesama umat manusia dan diwujudkan melalui kerelaan dalam bersedekah.

Allah SWT berfirman dalam QS. Ali Imran ayat 133-134 sebagai berikut:

وَسَارِعُوٓا۟ إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا ٱلسَّمَٰوَٰتُ وَٱلْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ (133) ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ فِى ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلْكَٰظِمِينَ ٱلْغَيْظَ وَٱلْعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ (134)

Artinya: "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan." (QS. Ali Imran: 133-134).

3. Taqwa artinya mendirikan salat dan menunaikan zakat atau ibadah yang diwajibkan.

4. Menepati janji artinya memelihara kehormatan dan kesucian diri.

5. Sabar ketika menerima ujian dan semangat berjuang.

Makna Taqwa dalam Al-Quran

Taqwa artinya dalam Al-Quran terulang sebanyak 259 kali dengan makna yang beragam, diantaranya adalah memelihara, menghindari, menjauhi, menutupi dan menyembunyikan.

Dalam Al-Quran, taqwa artinya di tafsirkan dalam tiga makna. Berikut makna taqwa dalam al-quran:

1. Khasyyah (Takut Berbalut Cinta) dan Haibah (Takut Berbalut pengagungan)

Hal ini tertulis dalam QS. Al Baqarah ayat 42 dan 281 sebagai berikut:

وَإِيَّٰىَ فَٱتَّقُونِ

artinya: "dan hanya kepada Akulah kamu harus bertaqwa." (QS. Al Baqarah: 41)

وَٱتَّقُوا۟ يَوْمًا تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى ٱللَّهِ ۖ

Artinya:"dan Takutlah kalian dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kalian dikembalikan kepada Allah." (QS. Al Baqarah: 281)

2. Arti Taqwa dalam Al-quran selanjutnya adalah taat dan beribadah. Allah SWT berfirman dalam QS. Ali Imran ayat 102 sebagai berikut:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِۦ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah sebenar-benar taqwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam." (QS. Ali Imran: 102).

3. Membersihkan hati dari noda dan dosa.

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nur ayat 52 sebagai berikut:

وَمَن يُطِعِ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ وَيَخْشَ ٱللَّهَ وَيَتَّقْهِ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْفَآئِزُونَ

Artinya: "Dan barang siapa yang taat kepada Allah dan rasul-Nya dan takut kepada Allah dan bertaqwa kepada-Nya, maka mereka adalah orang-orang yang mendapat kemenangan." (QS. An-Nur: 52).

Dari penjelasan diatas tentang taqwa, dapat kita simpulkan bahwa taqwa artinya percaya akan adanya Allh SWT, membenarkan, takut akan Allah dan menjauhi semua larangan-Nya.

Tag : #pendidikan islam    #taqwa artinya    #pendidikan    #pengertian taqwa    #contoh taqwa    #al quran   

Baca Juga