Ilustrasi game Majamojo

Telkomsel Bersama GoTo Bentuk Game Majamojo

Wanovy | Teknologi | 23-02-2022

PARBOABOA - Telkomsel, melalui anak perusahaan PT Telkomsel Ekosistem Digital, berkolaborasi dengan PT Aplikasi Multimedia Anak Bangsa, bagian dari GoTo, mendirikan perusahaan patungan yang bergerak di bidang gaming.

Perusahaan patungan (joint venture) tersebut bernama PT Games Karya Nusantara dengan merk perusahaan Majamojo.

"Kami berupaya memaksimalkan keunggulan aset dan kapabilitas Telkomsel untuk mengembangkan Majamojo dalam ekosistem gaming, melengkapi yang selama ini sudah dicakup oleh Dunia Games. Kami optimistis Majamojo akan memiliki peran strategis dan bisa berkontribusi optimal dalam memajukan industri gaming di Indonesia dan Asia Tenggara," kata CEO Telkomsel Ekosistem Digital, Andi Kristianto, dalam siaran pers.

Kehadiran Majamojo, Telkomsel Ekosistem Digital dan AMAB berkolaborasi dengan mensinergikan dan memanfaatkan secara maksimal sumber daya kedua perusahaan, termasuk kapabilitas digital, aset teknologi, dan ekosistem bisnis yang terintegrasi.

Duet tersebut akan memperkuat eksistensi para pelaku industri gaming lokal terutama mendorong lahirnya lebih banyak lagi talenta digital di dalam negeri.

Majamojo memperkaya lini bisnis vertikal Telkomsel Ekosistem Digital setelah bergabungnya Kuncie dan Fita dalam portofolio anak perusahaan Telkomsel tersebut.

Menurut laporan Newzoo dan Niko Partners, pertumbuhan mobile game di Asia Tenggara pada 2014-2017 mencapai lebih dari 180%.

Angka tersebut diprediksi akan terus tumbuh selama lima tahun ke depan. Shibuya Data Count juga memperkirakan pertumbuhan rata-rata tahunan atau Compound Annual Growth Rate (CAGR) industri game di Asia Tenggara akan mencapai 8,5% pada periode 2020-2025.

Potensi tersebut membuat kedua perusahaan percaya diri untuk menggarap industri game secara lebih serius. Mereka akan berkolaborasi dengan menyinergikan sumber daya kedua perusahaan, termasuk kapabilitas digital, aset teknologi, dan ekosistem bisnis yang terintegrasi.

Kerja sama ini akan memperkuat eksistensi para pelaku industri gaming lokal, terutama mendorong lahirnya lebih banyak lagi talenta digital anak negeri. Oleh karena itu, kehadiran Majamojo diharapkan akan mendukung akselerasi transformasi digital dan memperluas manfaat ekonomi digital nasional.

Head of GoTo Strategic Partnership Reggy Susanto menambahkan, Majamojo memiliki sumber daya luar biasa untuk menjadi perusahaan game terbesar di regional. Ini karena merupakan hasil sinergi dari dua perusahaan di industri teknologi.

“Kami meyakini kemitraan ini dapat menangkap peluang lebih besar di industri game dengan mengoptimalkan layanan dan ekosistem GoTo dan Telkomsel,” ujar Reggy.

Ia percaya bahwa sinergi itu akan memberikan kemudahan bagi semua orang dalam mengakses produk dan layanan digital dari GoTo dan Telkomsel. “Tujuannya, melayani kebutuhan pasar mobile-first di Indonesia yang sedang berkembang,” kata dia.

Terkait pembentukan perusahaan joint venture ini, Telkomsel dan GoTo sendiri mengatakan pihaknya telah mendapatkan dukungan dari seluruh shareholder dan investor, serta telah berkoordinasi dengan pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait.

Kedua perusahaan tersebut juga memastikan bahwa pemenuhan ketaatan dalam setiap penerapan operasional dan pengembangan bisnis Majamojo sudah sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia.

Tag : #telkomsel    #goto    #game    #majamojo   

Baca Juga