Ilustrasi Zakat Fitrah (Foto: shutterstock)

Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah bagi Umat Islam

Sari | Pendidikan | 16-04-2022

PARBOABOA – Salah satu kewajiban yang harus dikerjakan oleh seorang muslim pada bulan Ramadhan adalah mengeluarkan zakat fitrah. Membayar zakat fitrah adalah bagian dari rukun islam. Ibadah ini diwajibkan tidak hanya untuk orang dewasa, termasuk untuk anak bayi yang baru dilahirkan.

Tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah untuk menyucikan harta orang yang menunaikannya, serta memberi makan orang miskin. Hal ini juga dijelaskan Rasullah SAW melalui hadist yang diceritakan Ibnu Abbas RA.

Berikut hadistnya

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ فَمَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلاَةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلاَةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ

Artinya: Ibnu Abbas RA mengatakan, "Rasulullah SAW memerintahkan zakat fitrah sebagai penyucian bagi orang yang berpuasa dari omong kosong dan kata-kata kotor, serta untuk memberi makan orang miskin. Barang siapa yang menunaikannya sebelum sholat (Idul Fitri), maka zakatnya diterima, dan barang siapa yang menunaikannya setelah sholat, maka itu adalah sedekah (biasa)." (HR Ibnu Majah).

Lantas, apa tujuan mengeluarkan zakat fitrah bagi seorang muslim? Materi tentang zakat fitrah salah satunya diajarkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas IX. Dalam artikel ini Parboaboa akan membantu Anda mengingat kembali tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah untuk melakukan kebaikan.

Tujuan Zakat Fitrah

Tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah untuk membersihkan diri dari segala kekurangan dan hal sia-sia yang terjadi pada saat Anda berpuasa selama bulan Ramadhan. Zakat yang wajib ditunaikan ini menjadi sarana untuk membersihkan harta yang Anda miliki.

Berdasarkan hal tersebut, tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah terdiri dari dua jenis, yaitu tujuan untuk diri sendiri dan tujuan untuk orang lain.

Tujuan untuk diri sendiri merupakan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Sedangkan tujuan mengeluarkan zakat untuk orang lain adalah berbuat baik kepada orang miskin dan membantu untuk mencukupi kebutuhan pada saaat hari raya Idul Fitri.

Tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah sebagai sarana untuk tolong menolong sesama umat islam. Orang yang berkecukupan hartanya menolong orang miskin. Orang miskin yang biasanya hidup dengan serba kekurangan, bisa ikut bahagia merasakan moment Idul Fitri.

Zakat fitrah hukumnya adalah wajib. Tidak ada alasan bagi seorang muslim yang lalai mengerjakan kewajibannya ini. Waktu pelaksanaan zakat fitrah adalah pada bulan Ramadhan. Pembayaran zakat fitrah pada 1-2 hari sebelum hari raya Idul Fitri atau sekurang-kurangnya sebelum menunaikan ibadah Sholat hari raya.

Kewajiban membayar zakat fitrah tertulis dalam hadist dari Rasullah SAW yang diceritakan Ibnu Umar RA

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ ، وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى ، وَالصَّغِيرِ وَالْكَبِيرِ مِنَ الْمُسْلِمِينَ وَأَمَرَ بِهَا أَنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوجِ النَّاسِ إِلَى الصَّلاَة

Artinya: "Rasulullah SAW mewajibkan zakat fithri dengan satu sho' kurma atau satu sho' gandum bagi setiap muslim yang merdeka maupun budak, laki-laki maupun perempuan, anak kecil maupun dewasa. Zakat tersebut diperintahkan dikeluarkan sebelum orang-orang keluar untuk melaksanakan shalat 'ied." (HR Bukhari).

berdasarkan hadist di atas, zakat fitrah juga bisa ditunaikan dalam bentuk beras sebanyak 2.5 Kg beras atau 3.5 liter per orang kepada badan amil zakat di lingkungan setempat. Jika seseorang membayar zakat fitrah dalam bentuk uang harus menyusaikan dengan harga bahan pokok.

FAQ – Tentang Zakat Fitrah

  •  Orang yang Wajib membayar zakat dinamakan?

Orang yang wajib membayar zakat atau mengeluarkan zakat disebut dengan Muzakki. Muzakki adalah seseorang yang berkewajiban untuk membayar zakat. Ada beberapa kriteria muzakki, yaitu beragama islam, merdeka, dimiliki secara sempura, mencapai nishab, dan telah haul.

  • Jelaskan perbedaan zakat fitrah dan zakat mal?

Zakat fitrah adalah zakat yang ditunaikan setiap umat muslim pada bulan Ramadhan, sedangkan zakat mal adalah zakat yang dikenakan atas uang, emas, surat berharga dan aset yang disewakan.

  • Apa tujuan mengeluarkan zakat fitrah?

Tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah membersihkan diri dari perbuatan sia-sia dan sarana tolong menolong sesama umat islam. Kadar harta yang dikeluarkan adalah 1 sha’ makanan pokok. Karena di Indonesia, makanan pokoknya adalah beras, maka marotitas orang Indonesia mengeluarkan 1 sha’ beras untuk setiap orang.

Tag : #pendidikan islam    #zakat fitrah    #pendidikan    #tujuan    #zakat mal    #ramadhan   

Baca Juga