Urutan album NCT Dream (Foto: Instagram/@nct_dream)

Urutan Album NCT Dream Sejak Debut Sampai Tahun 2022

Rini | Hiburan | 16-08-2022

PARBOABOA, Jakarta - NCT Dream merupakan salah satu unit dari boy grup NCT (Neo Culture Technology) asuhan SM Entertainment. Grup yang mempunyai 7 member, yakni Mark Lee, Jeno, Renjun, Jaemin, Haechan, Chenle, dan Jisung ini debut pada 24 Agustus 2016 lalu.

Selama 6 tahun berkarir, mereka telah sukses meraih beragam prestasi, termasuk meraih meraih gelar ‘Triple Million Seller’ sebanyak dua kali. Triple Million Seller sendiri merupakan gelar yang diberikan kepada girl grup atau boy grup yang penjualan albumnya mencapai 3 juta copy.

Triple Million Seller pertama diraih pada tahun 2021 saat perilisan album Hot Sauce dan album repackage Hello Future.

Kemudian prestasi serupa diraih setelah album NCT Dream Glitch Mode dan repakage album Beatbox dirilis pada Mei 2022 lalu.

Kalau Anda NCTzen baru yang ingin mengetahui urutan album NCT Dream sejak debut, lihat ulasan Parboaboa berikut ini.

Urutan Album NCT Dream Sejak Debut

1. Single Digital Chewing Gum

Chewing Gum merupakan lagu debut NCT Dream yang dibuat dengan konsep yang ceria, imut, colorfull, sekaligus menjadi gambaran dari masa remaja membernya. Karena masih baru debut, boy group ini tidak langsung merilis album fisik, namun hanya digital single.

2. Album Single NCT Dream The First

Berselang enam bulan setelah debut, grup yang bernaung di SM Entertainment ini merilis sebuah album single pertama mereka yang berjudul "The First". Album tersebut dirilis pada 9 Februari, tanpa kehadiran Jaemin yang sedang hiatus karena cedera.

Adapun track utama dalam album The First adalah My First and Last dan lagu Dunk Shot sebagai B-side, lalu Chewing Gum turut disertakan.

Dengan lagu My First and Last, member idolnya NCTzen ini berhasil membawa pulang trofi pertama dari acara musik, yakni di episode ke-100 The Show.

3. Album NCT Dream We Young

Pada 17 Agutus 2017, unit ketiga Neo Culture Technology ini merilis mini album pertama mereka, yaitu “We Young”.

Mini album tersebut dirilis dengan 6 lagu, yaitu We Young (title track), La La Love, Walk you home (Korea version), My Page, We Young (China version), dan Trigger the Fever [Bonus Track].

4. Album NCT DREAM  We Go Up

Pada 3 September 2018, unit ketiga Neo Culture Technology itu merilis mini album kedua mereka, yaitu We Go Up. Setelah hampir setahun hiatus, Jaemin akhirnya kembali berpromosi. Sayangnya setelah perilisan album, NCT Dream harus meluluskan Mark yang telah berusia 20 tahun.

Album We Go Up sendiri berisi 6 lagu, yakni We Go Up (title track), Beautiful Time, Drippin’, Dear DREAM, We Go Up (China version), dan 1, 2, 3.

4. Album NCT DREAM We Boom

Album We Boom merupakan mini album ketiga yang dirilis secara digital pada 26 Juli dan secara fisik pada 29 Juli.

 Adapun beberapa prestasi yang diraih dari perilisan Album We Boom diantaranya terjual lebih dari 300.000 kopi dalam waktu satu bulan, kemudian menempati peringkat ketujuh pada tangga album Billboard, dan memenangkan dua trofi di  acara musik. Yang paling membanggakan, idol kebanggan NCTzen ini berhasil mendapatkan penghargaan Bonsang pada Golden Disc Awards yang ke-34 dan Seoul Music Awards tahun 2020.

5. Album NCT DREAM Reload

Pada tahun 2020, NCT Dream kembali melakukan comeback dengan merilis mini album keempat mereka yaitu Reload.  Masih dengan enam member yang tersisa, yakni Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, Chenle, dan Jisung.

Album Reload berisi 5 lagu dengan Ridin’ sebagai lagu utama. Kemudian Quiet Down, 7 Days, Love Again, dan Puzzle Piece, sebagai b-side.

Setelah perilisan album Reload, SM Entertainment kemudian memberikan kabar baik. Salah satu agensi terbesar di Korea Selatan akhirnya menetapkan NCT Dream sebagai unit tetap dan mengembalikan Mark ke grup.

6. Album NCT DREAM Hot Sauce

Setelah kembali bertujuh, grup kemudian merilis full album pertama mereka pada 10 Mei 2020.

Album bertajuk Hot Sauce dirilis dengan 10 lagu, yaitu Hot Sauce (title track), Diggity, Dive Into You, My Youth, Rocket, Countdown (1, 2, 3), ANL, Irreplaceable, Be Ther For You, dan Rainbow.

Penjualan album fisik Hot Sauce berhasil melampaui dua juta copy, NCT Dream berhasil  meraih predikat double millon seller dan berhasil memenangkan 8 trofi.

Setelahnya, mereka merilis repakage album Hello Future dan memuat tiga lagu baru, termasuk lagu utama dengan judul Hello Future, Life Is Still Going On, dan Bungee.

Penjualan repakage Hello Future juga melampaui 1 juta copy, sehingga NCT Dream meraih gelar Triple Million Seller pertama. Selain itu, mereka juga berhasil membawa pulang 6 piala dari berbagai acara musik.

7. NCT Dream Glitch Mode Album

SUkses dengan full album pertama, pada 28 Februari 2022 grup pemegang gelar Triple Million Seller itu kembali merilis full album kedua, yaitu Glitch Mode.

Ada 10 lagu dalam album ini, yaitu Glitch Mode, Arcade, It’s Yours, Teddy Bear, Replay, Saturday Drip, Better Than Gold, Drive, Never, dan Rewind.

Penjualan album Glitch Mode sangatlah fantastis mencapai 2,09 juta copy. Selama berpromosi, mereka berhasil memenangkan 5 piala dari acara musik.

Setelahnya, boy grup papan atas Korea Selatan tersebut kemudian mengeluarkan repakage album kedua bertajuk Beatbox.

Rilis pada 30 Mei, ada 4 lagu baru yang ditambahkan, yaitu Beatboh, To My First, Sorry Heart, dan On the Way.

Antusiasme penggemar masih terus berlanjut, repakage Beatbox ini terjual lebih dari 1,52 juta copy. Sehingga adik NCT 127 tersebut kembali meraih gelar Triple Million Seller.

Sudah tahukan dengan urutan album NCT Dream sejak debut? Berminat untuk mengoleksi salah satunya?

Tag : #nct dream    #album nct dream    #hiburan    #kpop    #nct    #sm entertainment   

Baca Juga