Urutan Make up Yang Benar untuk Remaja (Dok:Parboaboa.com/EsterM)

11 Urutan Make Up Yang Benar untuk Pemula Agar Hasil Lebih Maksimal

Ester | Pendidikan | 21-05-2022

PARBOABOA – Jika kamu adalah para remaja yang ingin memulai mencoba dunia per-make up-an, di bawah ini kami akan memberikan urutan make up untuk remaja yang benar dan mudah. Untuk mengetahui hal itu, simak ulasan kami di bawah ini sampai habis.

Make up adalah sebuah seni merias diri atau mengubah tampilan wajah dengan menggunakan alat dan bahan kosmetik yang bertujuan untuk memperindah dan menutupi kekurangan pada wajah. Pengertian make up ini sendiri sebenarnya cukup mirip dengan berdandan.

Saat ini, make up sudah menjadi salah satu kebutuhan banyak wanita terlebih para remaja yang mulai menyukai lawan jenis, atau para wanita-wanita karier yang ingin tampil percaya diri bersama dengan teman-temannya.

Tidak jarang, kaum pria pun kerap kita temui menggunakan make up agar terlihat lebih feminim dan menutupi kekurangan di wajah mereka.

Meskipun sudah sangat umum digunakan, masih banyak sekali orang-orang yang kurang paham urutan make up yang benar terlebih untuk para pemula. Tidak hanya pemula, bahkan remaja yang sudah cukup sering menggunakan make up sekali pun sering sekali melakukan kesalahan dan belum mengikuti urutan make up yang benar.

Oleh karena itu, di bawah ini Parboaboa akan membantu kamu untuk mengetahui bagaimana urutan make up yang benar dan membantu hasil make up kamu menjadi lebih bagus lagi.

1. Membersihkan Wajah

Tentu saja sebelum memulai mengoleskan sesuatu ke kulit, kita perlu membersihkan wajah kita terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang ada di muka kita dan membuat produk yang akan kita pakai nanti lebih mudah diserap oleh kulit.

2. Menggunakan Pelembab

Kulit yang lembab adalah kunci hasil make up yang flawless dan mulus. Untuk itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembab dalam urutan make up pemula kalian sebelum menggunakan foundation atau produk lainnya.

Kamu juga dapat menambahkan primer di atasnya agar hasil make up kamu lebih terlihat glowing layaknya artis-artis Korea. Akan tetapi, dalam menggunakan pelembab untuk make up pilihlah pelembab yang mengandung SPF minimal 15 agar melindungi kulit kamu dari sinar matahari.

3. Memakai Foundation

Selanjutnya adalah foundation atau yang akrab disebut alas bedak. Bisa dibilang foundation adalah kunci dalam urutan pakai make up karena produk ini dapat menutupi segala kekurangan yang ada di wajah seperti flek hitam, bekas jerawat, warna kulit kurang merata, dan permasalahan lainnya.

Namun, untuk kamu yang baru belajar menggunakan make up sebaiknya lebih selektif dalam memilih foundation untuk kulit wajah kamu. Kenali jenis kulit kamu terlebih dahulu dan pilih foundation yang sesuai untuk jenis kulitmu.

Dengan begitu, hasil make up yang kamu buat akan lebih maksimal dan dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu.

4. Concealer

Mirip dengan foundation, concealer adalah sebuah produk yang memiliki fungsi untuk menutupi kekurangan yang ada di wajah kita. Namun, concealer lebih sering dipakai di area-area yang tidak bisa ditutupi oleh foundation seperti kantong mata, bekas jerawat yang kurang tertutup, atau yang lainnya.

Concealer juga sering dipakai untuk memperjelas kontur wajah seperti tulang hidung, tulang pipi, dan lain sebagainya.

5. Bedak

Setelah semua produk yang sudah kami sebutkan tadi kamu oleskan dengan baik di wajah kamu, barulah ditutup dengan bedak. Bedak adalah komponen yang akan mengunci semua produk yang kamu gunakan dan membuat kulit wajah kamu terlihat mulus.

Untuk kulit yang berminyak, kamu disarankan untuk menggunakan bedak tabur karena jenis bedak ini dinilai lebih menyera residu minyak di wajah. Sedangkan untuk kulit normal, kamu dapat menggunakan compact powder atau menggunakan bedak tabur juga bisa.

6. Blush On

Setelah seluruh wajah sudah diolesi bedak, kamu dapat menggunakan blus on di daerah tulang pipi kamu untuk menambah rona wajah. Kamu dapat menyesuaikan bentuk blush on yang kamu butuhkan seperti cream blush atau blush on padat.

Pastikan kamu menggunakan blush on yang benar untuk memberikan riasan yang baik pada wajah kamu.

7. Pensil Alis

Beralih ke daerah mata, urutan make up untuk remaja pemula yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan pensil alis. Seperti namanya, pensil alis digunakan untuk menggambar atau mengukir alis kamu agar menjadi lebih indah dan menonjolkan mata.

Pensil alis dinilai memiliki peran yang penting dalam penggunaan produk make up karena dapat memberikan bentu dan peran yang kuat dalam wajah dalam komunikasi non verbal. Atau banyak orang juga sering menyebut make up tanpa pensil alis sangat kurang.

8. Eye Shadow

Kemudian adalah eye shadow. Eye shadow merupakan sebuah produk yang dipakai di daerah kelopak mata dan berguna untuk memberi warna pada kelopak mata.

Dalam urutan pemakaian make up sehari-hari, banyak sekali orang yang menggunakan warna eye shadow netral atau sesuai warna kulit. Namun saat berada dalam sebuah acara formal atau informal, warna-warna yang dioleskan di area kelopak mata lebih sering berwarna terang.

Untuk mengunci warna eye shadow tahan lama, kamu dapat memanfatakan primer atau concealer lagi di area kelopak mata kamu sebelum menggunakan eye shadow.

9. Eye Liner

Masih dalam produk di daerah mata, urutan pakai make up selanjutnya adalah eye liner. Eye liner berfungsi ini mempertajam bentuk mata dan membuatnya terlihat lebih menarik secara instan. Bisa dibilang, penggunaan eye liner adalah salah satu hal yang penting dalam make up.

Namun terkadang, bagi pemula yang baru belajar make up menggunakan eye liner adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk sering-sering berlatih dalam menggunakan eye liner agar hasilnya lebih maksimal.

10. Maskara

Urutan make up untuk pemula yang tidak boleh dilupakan adalah maskara. Maskara berfungsi untuk memberikan efek lebih panajng dan tebal untuk bulu mata. Hal ini tentunya membuat banyak orang lebih memperhatikan daerah mata kita.

Jika kamu adalah orang-orang yang memiliki bulu mata kurang lentik dan tipis, maka maskara ini wajib kamu gunakan.

11. Lipstik/Lip cream/Lip matte

Sentuhan terakhir untuk urutan make up agar terlihat sempurna adalah lipstik. Tidak hanya mata, namun bibir juga mengambil peran penting dalam daya tarik banyak orang di dunia make up. Tidak heran mengapa saat ini sudah banyak sekali produk-produk untuk bibir.

Beberapa diantaranya adalah lipstick, lip cream, lip matte, liptint, dan lain sebagainya. Kamu dapat menyesuaikan produk-produk tadi dengan kebutuhan kamu. Namun, akan lebih baik kamu mengoleskan lipbalm atau serum bibir untuk hasil yang lebih maksimal.

Tag : #make up    #urutan make up    #pendidikan    #produk make up    #cara pakai makeup    #make up remaja   

Baca Juga