Urutan rukun Islam (Dok: tribunnews.com)

Urutan Rukun Islam Lengkap Dengan Pengertian, Dalil dan Penjelasannya

Rahma | Pendidikan | 16-06-2022

PARBOABOA - Urutan rukun Islam dan rukun iman merupakan syarat dasar untuk menjadi seorang muslim yang sempurna. Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tuntas mengenai 6 rukun Iman.

Oleh sebab itu, pada kesempatan ini kita akan membahas urutan rukun Islam lengkap dengan penjelasan, makna dan dalilnya. Yuk simak penjelasannya dibawah ini ya teman.

Makna Rukun Iman dan Rukun Islam

Menurut bahasa rukun iman dan rukun Islam, masing-masing berasal dari dua kata yakni “Rukun” yang memiliki makna tiang sandaran atau tiang bangunan.

Dan “Islam” yang merupakan sebutan agama dari umat muslim di seluruh dunia. Sementara “Iman” berarti keyakinan atau kepercayaan.

Dari ketiga arti bahasa tersebut maka dapat disimpulkan bahwa, rukun Islam adalah tiang sandaran atau pondasi utama untuk berdirinya agama Islam.

Sementara rukun iman adalah bukti dasar dalam meyakini ajaran agama Islam. Jadi setiap umat islam harus memahami makna rukun iman dan rukun islam ini.

Menurut istilah, pengertian rukun Islam adalah suatu hal yang harus dikerjakan oleh seseorang untuk memperoleh pengakuan atau memenuhi syarat sebagai seorang muslim.

Para ulama menyepakati bahwa jumlah 5 urutan rukun Islam ini ditetapkan berdasarkan banyaknya tiang pondasi yang berada di dalam kakbah.

Dalil dari 5 urutan rukun islam ini berasal dari sabda Rasulullah SAW yang tertulis dalam hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim, yang berbunyi:

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ ، وَ إِقَامِ الصَّلَاةِ ، وَ إِيْتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَ حَجِّ الْبَيْتِ ، وَ صَوْمِ رَمَضَانَ . رواه البخاري و مسلم .

"Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadhan”.

Rukun Iman Dan Rukun Islam

Seseorang dianggap dan dikatakan sah sebagai seorang muslim jika sudah menjalani dan mengamalkan 5 urutan rukun islam dan 6 rukun iman.

6 Rukun Iman

1. Iman kepada Allah SWT.

2. Iman kepada para Malaikat.

3. Iman kepada kitab-kitab Allah SWT.

4. Iman kepada Nabi dan Rasul.

5. Iman kepada hari akhir (kiamat)

6. Iman kepada Qada dan Qadar.

5 Rukun Islam

1. Syahadat

2. Shalat

3. Zakat

4. Puasa

5. Haji (bagi yang mampu)

Penjelasan Mengenai 5 Rukun Islam

Setelah mengetahui urutan rukun Islam,maka kalian juga harus memahami mengenai pengertian dan cara melaksanakannya. Yuk simak penjelasannya dibawah ini ya teman.

1. Pengertian Syahadat

Rukun islam yang pertama adalah mengucapkan dua kalimat syahadat. Syahadat artinya sebuah kesaksian atau pengakuan yang diucapakan seseorang untuk mengakui dirinya adalah umat muslim.

Hal ini dilakukan sebagai bukti, bahwasanya dirinya telah mengakui Allah SWT sebagai satu-satunya tuhan yang layak disembah dan Nabi Muhammad SAW adalah utusannya.

Membaca syahadat merupakan hal pertama yang harus dilakukan seseorang jika sudah memutuskan untuk masuk Islam.

Sementara bagi umat Islam sendiri, kalimat ini wajib dibacakan setiap harinya disaat salat sebagai bukti ia adalah seorang muslim.

Dua kalimat syahadat ini tidak boleh dibaca disembarang tempat ya teman, dan akan berdosa bila dibaca ketika berada ditempat-tempat yang kotor. Berikut adalah kaliamat syahadatain:

Ayshadu Al-la ilaha illallah, Wa Ayshadu Anna Muhammada Rasulullah

Artinya: Saya bersaksi tiada tuhan selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Perintah membaca syahadat sesuai dari sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ubadah bin Ash-Shamit ra:

مَنْ شَهِدَ أَنْ لَاإِلٰـهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ ، وَأَنَّ مُـحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ ، وَأَنَّ عِيْسَى عَبْدُ اللهِ وَرَسُوْلُهُ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَى مَرْيَمَ وَرُوْحٌ مِنْهُ ، وَالْـجَـنَّـةَ حَـقٌّ ، وَالنَّارَ حَـقٌّ ، أَدْخَلَهُ اللهُ الْـجَنَّـةَ عَلَى مَا كَانَ مِنَ الْعَمَلِ.

Artinya: “Barangsiapa bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allâh saja, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya

Dan bahwa Isa adalah hamba Allah dan Rasul-Nya dan kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam serta ruh dari-Nya

Dan bahwa surga adalah benar adanya dan neraka adalah benar adanya, maka Allah pasti memasukkannya ke dalam surga bagaimanapun amal yang telah diperbuatnya.”

2. Pengertian Shalat

Rukun Islam yang kedua adalah shalat, menurut hukumnya, shalat terbagi menjadi 2 jenis yakni sholat wajib dan sholat sunnah.

Namun shalat yang hanya dimaksud dan termasuk urutan rukun islam adalah sholat fardhu atau yang wajib saja.

Terdapat 17 rakaat shalat fardhu yang wajib dikerjakan sehari semalam dan telah dibagi ke dalam 5 waktu yakni:

- Shalat subuh: 2 rakaat, dilakukan pada pagi hari (sebelum matahari terbit)

- Shalat zuhur: 4 rakaat, dilakukan pada siang hari

- Shalat ashar: 4 rakaat, dilakukan pada sore hari

- Shalat magrib: 3 rakaat, dilakukan saat pergantian sore dan malam hari

- Shalat isya : 4 rakaat, dilakukan pada malam hari

Terdapat banyak sekali surah dalam Al-Quran tentang perintah untuk mendirikan salat merupakan rukun islam yang kedua, salah satu dalilnya terdapat  pada surah Al-Baqarah ayat 238 yang berbunyi:

 حَٰفِظُوا۟ عَلَى ٱلصَّلَوَٰتِ وَٱلصَّلَوٰةِ ٱلْوُسْطَىٰ وَقُومُوا۟ لِلَّهِ قَٰنِتِينَ

Hafizu'alas salawati was salatul wusta wa qumu lillahi ganitin

Artinya: Peliharalah salat(mu) dan peliharalah salat wusta. Berdirilah untuk Allah (salam salatmu) dengan khusyuk.

3. Pengertian Zakat

Rukun Islam ke 3 adalah zakat, menurut jenisnya zakat terbagi menjadi 2 yakni zakat fitrah dan zakat harta (zakat mal).

Zakat yang diperintahkan dan termasuk ke dalam urutan rukun islam hanyalah zakat fitrah saja yang hanya dikeluarkan pada akhir bulan Ramadhan.

Zakat fitrah adalah sejumlah harta yang dikeluarkan oleh setiap umat Islam pada akhir bulan Ramadhan dengan syarat dan aturan pengerjaan yang sudah ditetapkan.

Tujuan dikeluarkannya zakat fitrah ini adalah untuk membantu para saudara muslim yang tidak mampu agar mereka dapat menikmati kebahagiaan di hari raya idul fitri.

Zakat merupakan rukun islam yang ketiga, dalil yang berisi tentang perintah untuk mengeluarkan zakat terdapat pada surat At-Taubah ayat 103 yakni:

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا

Artinya: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat tersebut engkau membersihkan dan mensucikan mereka”.

4. Pengertian Puasa

Puasa rukun islam keempat. Sama dengan salat merupakan rukun islam yang kedua, menurut hukumnya puasa terbagi menjadi 2 yakni puasa wajib dan puasa sunnah.

Puasa yang termasuk rukun Islam adalah puasa di bulan Ramadhan. Puasa yang termasuk urutan rukun islam ini wajib dilaksanakan oleh seluruh umat Islam selama 1 bulan.

Bagi mereka yang memiliki alasan yang membuatnya tidak dapat berpuasa maka diwajibkan untuk melakukan puasa ganti atau membayar kifayah. 

Terdapat banyak sekali dalil mengenai perintah menjalankan puasa rukun islam keempat ini. Salah satunya terdapat pada surah Al-Baqarah ayat 183 yakni:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"

5. Pengertian Haji

Melaksanakan ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima atau terakhir. Rukun Islam ke 5 ini hanya diwajibkan bagi umat muslim yang mampu saja.

Urutan rukun islam terakhir ini merupakan ibadah yang hanya dapat dilaksanakan di Baitullah (Kakbah) yang berada  di Mekkah, Saudi Arabia.

Ibadah haji hanya dilaksanakan setahun sekali, yakni setiap bulan Zulhijjah dan dilakukan serentak oleh umat muslim yang ada diseluruh dunia.

Dalil rukun islam ke 5 ini terdapat pada surah Al- Imran ayat 97. Berikut potongan ayat beserta dengan artinya.

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

Artinya: "Mengerjakan haji merupakan kewajiban hamba terhadap Allah yaitu bagi yang mampu mengadakan perjalanan ke baitullah.

Barangsiapa mengingkarinya, maka sesungguhnya Allah Maha kaya tidak memerlukan sesuatu dari semesta alam.” 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai urutan rukun islam lengkap dengan dalil dan pengertiannya. Jangan lupa juga untuk membaca artikel sebelumnya mengenai penjelasan rukun iman dan pengetahuan Islam lainnya ya teman.

Tag : #pendidikan islam    #rukun islam    #pendidikan    #rukun iman    #dalil    #   

Baca Juga