Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan pihaknya masih mendalami soal video viral polantas minta durian tersebut

Kelakuan Polisi Kembali Viral, Minta Durian Pengganti Tilang

rini | Hukum | 01-12-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Belum hilang dari ingatan soal video viral polisi meminta sekarung bawang sebagai pengganti tilang, kini muncul lagi video dimana polisi meminta durian kepada pengendara juga sebagai pengganti tilang.

Video berdurasi 30 detik yang diunggah akun Instagram @andre_li itu merekam seorang Polantas yang meminta durian kepada sopir truk. Video yang direkam melalui pantulan spion truk terlihat ada seorang yang menaiki truk tersebut untuk mengambil beberapa durian, yang kemudian diberikan kepada oknum polisi tersebut. Namun perekam video tidak menyertakan informasi mengenai dimana kejadian pungli tersebut terjadi.

“Posisi saya bawa durian tapi dimintain, enggak ditilang, enggak diapain," ucap sopir yang merekam video, dikutip Rabu (1/12).

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan pihaknya masih mendalami soal video viral tersebut. Dia mengatakan akan menindak secara hukum oknum polisi yang bersangkutan, jika terbukti melakukan pelanggaran aturan.

"Video itu masih kami dalami, kami belum tahu lokasinya di mana. Nanti kami sampaikan," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad, Selasa (30/11).

Kombes Ahmad juga memastikan Polri tidak akan melindungi anggota polisi yang melakukan pelanggaran dan dia memastikan yang bersangkutan akan ditindak tegas. Pemberian sanksi kepada oknum yang melanggar akan dilakukan sesuai dengan aturan di kepolisian tanpa memperhatikan pangkat yang bersangkutan.

"Setiap anggota Polri yang melakukan pelanggaran dia akan mendapat risiko hukuman sesuai perbuatan. Apakah itu hukuman pidana, pelanggaran disiplin atau kode etik. Tidak melihat pangkatnya," tutur Ramadhan.

Video tersebut mendapat kecaman dari banyak warganet yang menilai masih banyak anggota Polisi masih mempergunakan jabatan untuk mendapat keuntungan pribadi meskipun itu melanggar aturan.

Tag : #viral    #polantas pungli    #polisi minta durian    #sopir truk dimintai durian    #hukum   

Baca Juga