Xiaomi Mi 11 5G Series

Xiaomi Pensiunkan Merek Mi, Kenapa ?

wanovy | Teknologi | 24-08-2021

Ponsel pertama Xiaomi adalah Mi 1 yang dirilis 10 tahun lalu pada Agustus 2011. Kehadirannya segera disusul oleh seri Mi 2, Mi 3, hingga terbaru† Xiaomi Mi 11 yang masuk ke pasaran Indonesia tahun ini.

Sayangnya kini, sub-merek ponsel yang identik dengan Xiaomi itu tidak akan digunakan lagi. Xiaomi hanya akan menggunakan namanya sendiri tanpa embel-embel "Mi" di ponsel-ponsel selanjutnya.

Merek Mi bisa dibilang legendaris dan identik dengan Xiaomi selama sekitar 1 dekade ini. Banyak ponsel maupun produk lain diawali dengan nama tersebut. Namun Xiaomi memutuskan untuk menghilangkannya di produk masa depan.

"10 tahun setelah merilis smartphone dengan brand Mi, Xiaomi siap untuk perubahan besar. Mereka menghilangkan Mi dari nama produknya ke depan. Perubahan ini dimulai dari smartphone Mix 4 yang baru saja dirilis dan perwakilan perusahaan menyatakan pada XDA Developers bahwa semua produk mendatang akan mengikutinya," tulis XDA Developers, Selasa (24/8/2021).

Nama "Mi" sendiri pun sudah menghilang di ponsel flagship terbaru Xiaomi, Mix 4.

Sebelumnya, ponsel-ponsel kelas atas dari seri itu bernama "Mi Mix", terakhir hingga Mi Mix 3 yang dirilis pada 2018. Seorang juru bicara Xiaomi yang berbicara kepada XDA Developer mengungkapkan bahwa ponsel-ponsel setelah Mix 4 juga tidak akan mengusung sub-merek "Mi".

Kebijakan sama juga berlaku untuk jenis produk lain yang selama ini membawa sub-brand "Mi", termasuk TV, laptop, hingga kulkas.

Tidak dijelaskan apa sesungguhnya alasan Xiaomi menghapus merek Mi yang sebenarnya sudah menancap di benak orang-orang. Mungkin saja untuk memperkuat merek Xiaomi sendiri tanpa perlu menyertakan merek Mi, khususnya di pasar global.

Menilik sejarah, sebenarnya produk Xiaomi pertama kali yang menyandang nama Mi bukanlah smartphone, melainkan MIUI, user interface khas perusahaan asal China ini. Baru kemudian ke smartphone dan produk elektronik lainnya seiring perkembangan perusahaan.

Lei Jun selaku pendiri Xiaomi beberapa waktu yang lalu pernah menjelaskan bahwa Mi merupakan kependekan dari Mobile Internet atau ada pula kalimat alternatif, Mission Impossible.

Tag : #teknologi   

Baca Juga