Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021

2 Oktober: Hari Batik Nasional, Gimana Sih Sejarahnya?

Sondang | Nasional | 02-10-2021

PARBOABOA, Siantar – Setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional dan merupakan perayaan penting di Indonesia. Pada perayaan ini, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia memakai batik untuk memeriahkannya.

Selain itu, hal ini juga dapat dijadikan momen untuk mengabarkan pada dunia bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia yang tidak bisa diambil pihak manapun.

Gimana sih sejarahnya?

Mengutip dari Kemendikbud.go.id, Jumat (1/10) batik merupakan teknik menghias kain yang mengandung nilai, makna, dan simbol-simbol budaya karena sejatinya batik adalah sebuah proses dan memiliki nilai lebih dari selembar kain bermotif.

Hari Batik Nasional adalah sebuah peringatan tahunan setelah ditetapkannya batik sebagai warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Batik pertama kali diperkenalkan ke dunia oleh Presiden ke-2 RI, Soeharto saat menghadiri konferensi PBB. Namun, sebelumnya Soeharto juga sudah sering menjadikan batik sebagai cinderamata untuk para tamu negara.

Kemudian, pada 4 September 2008, batik didaftarkan untuk mendapat intangible cultural heritage di UNESCO. Tetapi batik baru bisa diterima secara resmi oleh UNESCO pada 9 Januari 2009 di masa pemerintahan Presiden SBY.

Pada 2 Oktober 2009, barulah batik dikukuhkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi usai sidang ke-4 UNESCO di Abu Dhabi.

Hal ini tidak disia-siakan pemerintah Indonesia saat itu. Untuk makin meningkatkan kesadaran masyarakat, dan sebagai upaya perlindungan serta pengembangan batik Indonesia, maka pemerintah Indonesia menerbitkan Kepres No 33 Tahun 2009 yang menetapkan hari Batik Nasional diperingati setiap 2 Oktober.

Selanjutnya, masyarakat diminta untuk memakai batik pada 2 Oktober. Hal ini berdasarkan Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2020.

Fakta Menarik tentang Batik:

- Pertama kali dikenalkan ke dunia internasional oleh Pak Soeharto

- Batik bukanlah benda, melainkan suatu proses pembuatan motif pada selembar kain menggunakan lilin atau perintang “malam” dalam bahasa Jawa.

- Warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO

Penyumbang devisa yang besar. Karena batik ternyata digemari berbagai negara. Salah satu negara pengimpor terbesar adalah Amerika Serikat.

- Dulu, para pembatik akan berpuasa sebelum membatik

- Selembar batik jenis tulis butuh waktu bertahun-tahun untuk selesai

- Nelson Mandela adalah tokoh dunia yang gemar memakai batik. Ia pun dimakamkan dengan menggunakan batik kesayangannya.

- Batik memiliki banyak macam, seperti batik Jepara, batik Pekalongan, batik Yogyakarta, dan lain-lain. Namun, ciri khas Indonesia sangat melekat pada selembar batik, sehingga mudah dikenali bahwa ini milik Indonesia.

- Pesona keindahan batik membuatnya pernah diakui sebagai budaya dari negara lain.

Tag : #nasional    #hari batik nasional    #sejaah asal usul batik   

Baca Juga