Logo SEA Games Vietnam (dok Instagram @garudafansbook)

3 Cabang Olahraga Dihapus dari SEA Games Vietnam

Rini | Olahraga | 05-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Pelaksanaan pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games 2022 akan dihelat di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam mulai 12-23 Mei mendatang.

Atlet-atlet Merah Putih dari berbagai cabang olahraga (cabor) telah melakukan persiapan agar dapat membawa pulang medali emas SEA Games.

Sayangnya ada 3 cabang olahraga yang dihapus dari SEA Games edisi ke-31 ini karena tidak memenuhi kuota peserta yang ditentukan, yaitu angkat besi putri, lempar palu putra, dan bola tangan pantai putri.

Dalam aturan yang berlaku, setiap cabor yang dipertandingkan di SEA Games harus diikuti peserta minimal dari tiga negara. Sayangnya ketiga cabor yang dihapus tersebut hanya diikuti oleh peserta yang mendaftar dari dua negara saja.

Cabor tolak peluru putri hanya diikuti peserta dari Thailand dan Indonesia. Sementara lempar palu putra hanya diikuti Thailand dan Malaysia. Sedangkan cabor bola tangan pantai putri dibatalkan karena hanya diikuti oleh Vietnam dan Thailand.

Dengan demikian pelaksanaan SEA Games Vietnam ini hanya akan mempertandingkan 40 cabor dengan 523 nomor pertandingan dari total 526 yang direncanakan..

Direncanakan upacara pembukaan SEA Games Vietnam ini akan dilakukan pada 12 Mei mendatang. Namun, ada 9 cabang olahraga yang akan memulai pertandingan lebih awal diantaranya ada sepakbola putra, bola tangan pantai, dan kickboxing akan dimulai 6 Mei.

Sebagai informasi, SEA Games Vietnam ini seharusnya berlangsung tahun lalu. Namun karena pandemi Covid-19 sedang merebak, pesta olahraga ini terpaksa ditunda.   

Tag : #sea games    #cabor sea games    #olahraga    #sea games vietnam    #tolak peluru putri    #lempar palu putra    #bola tangan pantai putri   

Baca Juga