Banjir juga merendam jalan Lintas Sumatera

Tanggul Sungai Jebol, 4 Kecamatan di Aceh Utara Terendam Banjir

rini | Daerah | 01-10-2021

PARBOABOA, Aceh - Tanggul sungai jebol di Desa Tanjing Awe, Aceh Utara, Aceh setelah hujan deras melanda pada Jumat (1/10).  Akibatnya empat Kecamatan dilaporkan terdendam banjir.

Empat wilayah yang terendam banjir ialah Geureudong Pase, Matangkuli, Samudera, dan Pirak Timur. Banjir juga merendam jalan lintas Sumatera di wilayah itu.

Saat ini, ketinggian di permukiman penduduk mencapai satu hingga satu setengah meter. Sedangkan di jalan nasional sekitar 60 sentimeter.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Aceh Utara Murzani mengatakan, air berasal dari luapan sungai Krueng Pase terjadi sejak Kamis (30/9/201) malam.

“Banjir turut merendam jalan nasional lintas Banda Aceh-Medan sepanjang 100 meter. Ketinggian air 60 sentimeter,” katanya, Jumat (1/10).

Berdasarkan data BPBD Aceh Utara yang dikumpulkan sementara di lapangan, lebih dari 2 ribu warga terdampak banjir tersebut.

BPBD Aceh sudah turun ke lokasi kejadian untuk membantu evakuasi warga ke tempat yang lebih tinggi. Sedangkan debit air masih tinggi karena hujan masih mengguyur beberapa daerah di Aceh Utara.

Tag : #daerah    #banjir di aceh utara    #tanggul sungai jebol    #terendam    #evakuasi   

Baca Juga