Tanaman Hidroponik ( Dok : Sisternet )

5 Manfaat Sistem Hidroponik Pada Tanaman, Gampang Bisa Disamping Rumah

Jonson | Pendidikan | 22-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Tanaman  hidroponik adalah budidaya sistem tanaman yang menggunakan air. Tanaman herbal, bunga, dan sayuran hidroponik ditanam di media tanam yang lembap dan disuplai dengan larutan kaya oksigen, nutrisi dan air. Keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik adalah mendorong pertumbuhan tanaman lebih cepat dan berkualitas.

Akar tanaman akan terus mencari nutrisi yang diperlukan untuk mendukung tanaman jika langsung ditanam ketanah. Berbeda dengan sistem hidroponik, akar tanaman terpapar langsung ke air dan nutrisi.  Tanaman tidak perlu menggunakan energi mencari makan untuk menopang dirinya sendiri.

Keunggulan cara tanam dengan menggunakan sistem hidroponik adalah cara untuk menghemat lahan. Disamping itu juga keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik adalah menghemat waktu dan biaya dalam dalam perawatan lahan.

Dengan banyaknya keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik adalah fakta, maka sudah banyak orang yang membudidayakan hidroponik disekitaran rumah.

Keunggulan cara tanam dengan menggunakan sistem hidroponik adalah hal yang perlu diketahui jika anda ingin motivasi untuk beralih ketanaman yang tidak menggunakan tanah.

Keunggulan Cara Tanam Dengan Sistem Hidroponik Adalah ?

1. Hemat Tenaga Dalam Perawatannya

Keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik adalah hemat dalam perawatan. Akar tanaman yang tumbuh di tanah perlu menyebar untuk menemukan sumber air dan nutrisi yang tanaman butuhkan untuk bertahan hidup. Artinya tanaman harus ditanam dengan jarak tertentu dan terpisah satu sama lain agar bisa memperoleh air dan nutrisi yang cukup.

Sedangkan dalam sistem hidroponik, akar tanaman tidak perlu menyebar karena air dikirim langsung ke akar. Sistem hidroponik dapat menumbuhkan lebih banyak tanaman dalam jumlah ruang yang sama daripada sistem tanaman  berbasis tanah.

2. Meminimalisir Bahan Kimia

Keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik adalah  bisa meminimalisir bahan kimia. Budidaya ini bisa menurunkan potensi terjadinya serangan hama . Sehingga anda bisa mengurangi kebutuhan akan herbisida dan pestisida yang terbuat dari bahan kimia. Keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik adalah bisa mengontrol munculnya gulma yang dapat mengambil alih taman.

3. Menghasilkan Hasil Panen Lebih Berkualitas

Jenis tumbuhan yang dapat mudah ditanam memakai hidroponik adalah buah dan sayuran. Hasil dari tumbuh buah dan sayuran hidroponik jauh lebih berkualitas. Hal ini disebabkan  pengaruh dari nutrisi yang seimbang, jauh dari hama serta tanaman hidroponik mengandung mikrobioma sendiri.

4. Pertumbuhan Tanaman Lebih Cepat

Keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik adalah membuat tanaman tumbuh lebih cepat sektar 30% hingga 50% lebih cepat daripada yang tumbuh di tanah. Tanaman tumbuh lebih cepat dalam sistem hidroponik karena tanaman menerima nutrisi yang cukup dan walaupun ditanam di dalam ruangan tertutup.

Namun tidak menutup kemungkinan kalau tanaman hidroponik diluar ruangan juga lebih cepat tumbuh. Beberapa spesies tanaman yang lebih cepat tumbuh dari yang lain adalah jenis sayuran hijau seperti selada dan buah-buahan

5. Tanaman Lebih Sehat

Keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik adalah  tanaman lebih sehat. Dalam sistem hidroponik, tanaman tumbuh lebih sehat daripada di tanah. Faktor umum yang terjadi adalah penyakit yang ditularkan melalui tanah tidak menjadi masalah dalam hidroponik, penyakit tidak akan menyebar pada tanaman. Sehingga tanaman hidroponik tidak akan mudah terserang penyakit.

Itulah manfaat bercocok tanam dengan sistem hidroponik yang bisa disampaikan oleh Parboaboa. Semoga bisa menjadi motivasi sahabat untuk bercocok tanam secara hidroponik di samping rumah anda.

 

Tag : #Hidroponik    #Tanaman    #Pendidikan    #Tanaman air    #Pertanian   

Baca Juga