5 transfer pemain yang paling menguntungkan dalam sejarah Arsenal (Foto: Arsenal.com)

5 Transfer Pemain Yang Paling Menguntungkan Dalam Sejarah Arsenal

Michael | Sepakbola | 02-03-2022

Parboaboa.com – Arsenal merupakan salah satu klub besar di Liga Inggris. Klub berjuluk The Gunners ini banyak meraih kesuksesan pada era kepemimpinan Arsene Wenger. Simak 5 transfer yang paling menguntungkan dalam sejarah Arsenal.

Di bawah tangan dingin Wenger, Arsenal berhasil meraih tiga gelar Liga Inggris. Mereka juga berhasil merebut tujuh trofil FA Cup.

Dalam sejarahnya, Arsenal banyak mendatangkan pemain untuk meningkatkan kekuatan timnya. Bahkan, tidak jarang The Gunners memecahkan rekor transfer klub untuk membeli pemain.

Rekor pembelian termahal Arsenal sampai saat ini adalah Nicolas Pepe. Pemain asal Pantai Gading tersebut ditebus dari Lille dengan harga 80 juta euro pada tahun 2019.

Tak hanya membeli, Arsenal juga sering menjual pemainnya ke klub lain. Bahkan The Gunners mampu mendapatkan keuntungan yang besar dari hasil penjualan pemain mereka.

Berikut ini merupakan lima penjualan pemain paling menguntungkan yang pernah dilakukan dalam sejarah Arsenal.

5. Emmanuel Adebayor (Manchester City)

Emmanuel Adebayor bergabung dengan Arsenal pada tahun 2006. The Gunners menebus striker asal Togo tersebut dari AS Monaco dengan harga 9 juta Poundsterlingterling.

Adebayor kemudian berkembang menjadi salah satu striker yang cukup disegani di Liga Inggris. Dia berhasil mencetak 46 gol dari 104 penampilan Liga Inggris selama empat musim bersama The Gunners.

Pada akhirnya, Adebayor memutuskan untuk bergabung dengan klub rival Manchester City pada tahun 2009. Biaya transfernya mencapai 26,10 juta Poundsterlingterling sehingga menghasilkan keuntungan sebesar 17,10 juta Poundsterlingterling untuk The Gunners.

4. Marc Overmars (Barcelona)

Marc Overmars tampil sangat mengesankan bersama Ajax Amsterdam. Arsene Wenger kemudian membawanya ke Inggris pada tahun 1997 dengan biaya transfer sebesar 6,75 juta Poundsterlingterling.

Overmars jadi pemain penting Arsenal di bawah asuhan Wenger. Tiga musim di Highbury, pemain Belanda itu mencatatkan 143 penampilan dan membantu The Gunners meraih trofi Liga Inggris dan FA Cup.

Pada tahun 2000, Overmars pindah ke Barcelona dengan penjualan sebesar. 26,3 juta Poundsterlingterling. Arsenal pun mendapat keuntungan sebesar 19,6 juta Poundsterlingterling dari penjualan Overmars.

3. Alex Oxlade-Chamberlain (Liverpool)

Arsenal merekrut Alex Oxlade-Chamberlain dari Southampton pada tahun 2011. Kepindahan sang gelandang ke Emirates Stadum memakan biaya transfer sebesar 12,42 juta euro.

Oxlade-Chamberlain bisa menembus starting eleven di bawah Arsene Wenger dan menghabiskan tujuh tahun di sana. Kariernya sempat diganggu cedera tetapi berhasil memenangkan tiga FA Cup.

Liverpool kemudian berhasil mendapatkan tanda tangannya pada 2017 setelah ditebus dengan biaya 34,20 juta Poundsterling. Transfer Oxlade-Chamberlain membantu Arsenal mendapat keuntungan sebesar 21,78 juta Poundsterling.

2. Robin Van Persie (Manchester United)

Robin Van Persie bisa dibilang salah satu penyerang terbaik yang pernah bermain untuk Arsenal dan Arsene Wenger. Dia didatangkan dari Feyenoord dengan biaya sebesar 4,05 juta Poundsterling pada tahun 2004.

Di bawah bimbingan Arsene Wenger, pemain asal Belanda tersebut tumbuh menjadi salah satu striker terbaik di Liga Inggris. Dia mencetak 96 gol dari 194 penampilan di liga selama delapan musim.

Karena ingin meraih Liga Inggris, Van Persie meninggakan Arsenal dan bergabung Manchester United pada musim panas 2012. Dengan biaya transfer sebesar 27,63 juta Poundsterling, The Gunners menerima keuntungan sebesar 23,58 juta Poundsterling dari penjualan Van Persie.

1. Nicolas Anelka (Real Madrid)

Arsene Wenger punya banyak pemain Prancis berkualitas selama waktunya di Arsenal. Salah satunya adalah Nicolas Anelka, yang didatangkan dari PSG pada 1997 dengan biaya 684 ribu Poundsterling.

Selama dua musim penuhnya di Highbury, Anelka menjadi salah satu pemain kunci Arsenal. Dia mencetak 23 gol dalam 65 penampilan liga dan memenangkan Liga Inggris di musim 1997-98.

Setelah itu Anelka memutuskan untuk bergabung dengan Real Madrid pada tahun 1999 dengan biaya transfer sebesar 31,50 juta Poundsterling. Menjual Anelka membuat The Gunners mendapat keuntungan sebesar 30,82 juta Poundsterling.

Demikian 5 transfer pemain yang paling menguntungkan dalam sejarah Arsenal yang telah Parboabaoa rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Sumber: berbagai sumber terpercaya
 

Tag : #arsenal    #arsene wenger    #liga inggris    #bursa transfer   

Baca Juga