Aplikasi belajar bahasa inggris, foto: Duolingo

10 Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis di Android dan iOS

Wanovy | Teknologi | 08-06-2022

PARBOABOA - Ingin terus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris? Kamu bisa lebih mandiri menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris, lho.

Penggunaan aplikasi ini memudahkan kamu untuk belajar kapanpun dengan kecepatan yang dapat kamu sesuaikan.

Dengan aplikasi, tidak ada lagi cerita repot datang ke tempat kursus dan mengikuti pengajaran di kelas yang mungkin tidak cocok untukmu.

Bahasa Inggris boleh dibilang sudah menjadi satu poin keterampilan yang wajib dimiliki saat ini.

Selain dalam percakapan internasional, bahasa Inggris juga sering ditemui di dunia teknologi, mulai dari istilah teknis hingga dialog dalam game.

Untungnya, sekarang ada banyak fasilitas untuk membantu pengguna gadget yang ingin memperdalam kemampuan berbahasa Inggris.

Di toko aplikasi App Store dan Google Play Store, misalnya, ada sederet aplikasi yang siap digunakan untuk belajar bahasa.

Nah, dibawah ini Parboaboa.com sudah rangkum dari berbagai sumber daftar aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris oleh pengguna iOS dan Android lewat toko aplikasi masing-masing.

1. Duolingo

Duolingo mengajarkan kita berbagai macam bahasa selain Inggris. Salah satu aplikasi wajib Android ini juga menyediakan bahasa Mandarin, Rusia, Polandia, dan masih banyak lagi. Duolingo membuat kegiatan belajar Bahasa Inggris terasa menjadi lebih mudah dan cepat.

Sama seperti Memrise, Duolingo turut menyediakan berbagai tingkat pembelajaran dengan kosa kata baru setiap hari.

Kamu juga bisa memilih topik untuk belajar Bahasa Inggris, mulai dari topik pendidikan, kesehatan, ilmu pengetahuan, dll.

Jika kamu belajar dengan menggunakan Duolingo setiap hari, kamu akan bisa berbicara Bahasa Inggris secara sederhana dan membaca tulisan berbahasa Inggris pada koran atau buku.

2. Memrise

Di dalam Memrise, kamu akan fokus dalam belajar Bahasa Inggris dengan memahami kosa katanya terlebih dahulu.

Aplikasi belajar bahasa Inggris ini menawarkan berbagai cara yang menarik dan kreatif untuk membuat penggunanya memahami setiap kosa kata yang diberikan, sehingga pengguna aplikasi ini bisa mengingat setiap kosa kata tersebut dengan mudah.

Selain memberikan interface yang sederhana, Memrise juga memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan pengguna aplikasi ini lainnya untuk dapat bersama-sama belajar Bahasa Inggris.

Memrise menyediakan 30 tingkat pembelajaran. Sebagai pengguna kamu juga bisa memantau perkembangan kamu saat belajar dengan aplikasi ini.

3. Busuu

Sama seperti Duolingo, Busuu juga termasuk aplikasi Editor's Choice di Play Store.

Aplikasi belajar bahasa Inggris gratis ini menawarkan kursus bahasa Inggris yang dirancang oleh native dan pakar pendidikan.

Berinteraksi secara langsung oleh native speaker, pengguna bisa menerima feedback dan memperbaiki kesalahan yang ada.

Kalian juga bisa menjalin pertemanan hanya dengan menggunakan aplikasi Busuu.

4. BBC Learning English

Aplikasi belajar bahasa Inggris ini sangat ringan karena kalian hanya perlu 6 MB saja untuk mengunduhnya pertama kali.

BBC Learning English menyatukan semua pelajaran dan presenter favorit kalian dalam satu paket pembelajaran yang menarik.

Keterampilan Listening dan pelafalan bisa dipelajari dengan mudah melalui aplikasi BBC Learning English.

5. Babbel

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang berikutnya adalah Babbel. Babbel ini memiliki beragam fitur menarik yang bisa memudahkan kamu dalam belajar bahasa Inggris.

Ada fitur yang bisa dipilih dalam tujuan penggunaannya, baik itu untuk percakapan harian atau untuk memperkaya kosakata, dan lain sebagainya.

Selain bahasa Inggris, Babbel juga menyediakan layanan belajar bahasa asing lainnya. Mulai dari bahasa Jerman, Spanyol, Rusia, Italia, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Babbel membutuhkan sekitar 26 MB kapasitas memori untuk pengunduhannya.

6. Beelinguapp

Beelinguapp juga direkomendasikan sebagai salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang mudah dan cepat.

Keunggulan utama dari aplikasi ini adalah menggunakan konsep story telling yang membuat kita lebih mudah mencerna pembelajaran.

Jadi nantinya kita akan belajar membaca sebuah cerita dalam bahasa Inggris, lalu di sebelahnya akan ada cerita dalam bahasa kamu sendiri.

Selain fitur tersebut, ada fitur karaoke style yang memudahkan saat membaca sambil mendengar pronunciation kata atau kalimat yang sedang dibacakan.

Belajar bahasa Inggris pun menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Beelinguapp hanya membutuhkan memori sekitar 13 MB ketika mengunduhnya di ponsel.

7. Cake

Cake menyediakan materi pembelajaran bahasa Inggris yang disampaikan melalui sebuah video YouTube.

Video ini berisi materi yang diucapkan bahasa Inggris dan disertai dengan subtitle bahasa Indonesia.

Aplikasi belajar bahasa Inggris ini juga mampu membantu mengasah kemampuan berbicara (speaking) dengan fitur AI Speech Recognition.

Pengguna dapat melafalkan kalimat dalam bahasa Inggris dan langsung mendapat feedback koreksi dari aplikasi.

Serupa dengan Duolingo, Cake turut menyediakan fitur kuis guna menguji sejauh mana pengguna dapat menyerap materi pembelajaran yang disampaikan.

Cake tersedia secara gratis untuk perangkat mobile berbasis Android di Google Play Store dan iOS di Apple App Store.

8. Hello English

Di aplikasi Hello English, kamu bisa bebas memilih ingin belajar Bahasa Inggris dengan cara apa.

Bisa dibilang Hello English adalah aplikasi dengan metode pembelajaran terlengkap. Dari mulai media teks berita, video, audio, game interaktif, hingga diskusi dengan guru, semua bisa dilakukan di sini.

Kamu pun berkesempatan mempelajari 10.000 kata dalam bahasa Inggris untuk melatih vocab, lengkap dengan cara pelafalannya. Ingin beradu dengan pengguna aplikasi lainnya?

Kamu tinggal memainkan game multiplayer melawan ribuan orang lain yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

9. Gramarrly

Pasti kamu pernah kan, berkali-kali membuka kamus atau Google Translate untuk memastikan bahwa email berbahasa Inggris yang akan dikirimkan sudah benar-benar tepat?

Nah, aplikasi yang satu ini sangat berguna untuk belajar bahasa Inggris secara tertulis.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah kamu hanya perlu meng-install keyboard Grammarly di gadget apapun, lalu secara otomatis Grammarly akan membenarkan kesalahan dalam penulisan kamu.

Keunggulan lainnya adalah aplikasi ini dapat mendeteksi ‘nada’ dari tulisan yang akan kamu kirim. Seperti formal, netral, dan bersahabat.

Aplikasi untuk belajar bahasa Inggris ini juga dapat menyelamatkan kamu dari mengirim email dengan tulisan yang bernada informal kepada atasan atau instansi formal lainnya.

10. Rosetta Stone

Rosetta Stone merupakan aplikasi belajar bahasa Inggris yang fokus kepada speaking, atau lebih spesifiknya lagi yaitu perbincangan.

Keunggulan dari aplikasi Rosetta Stone ini adalah kamu bisa belajar bahasa Inggris sesuai kebutuhan dengan waktu pembelajaran sekitar 10 menit.

Jika kamu suka traveling dan ingin mempersiapkan diri untuk obrolan saat belanja, atau ingin belajar dasar-dasarnya saja, aplikasi ini punya program khususnya untukmu.

Pembelajaran yang dilakukan secara kontekstual dan interaktif membuat belajar bahasa Inggris terasa menyenangkan.

Itukah tadi beberapa aplikasi belajar bahasa inggris yang bisa kamu coba gunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasamu. Semoga bermanfaat!

Tag : #aplikasi belajar bahasa    #belajar bahasa inggris    #apps    #teknologi    #learning apps   

Baca Juga