Ilustrasi, foto: Sribuu

Anti Boros, Ini 7 Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Terbaik di Android dan iOS

Wanovy | Teknologi | 22-09-2022

PARBOABOA - Anda merasa kesulitan untuk mengelola finansial? Tampaknya aplikasi pengatur keuangan bisa menjadi jalan keluar.

Dengan menggunakan aplikasi keuangan pribadi, diharapkan Anda bisa mengelola keuangan secara lebih mudah. Karena seperti yang Anda ketahui, manajemen finansial memang cukup sulit untuk dilakukan.

Namun untungnya, bantuan teknologi yang semakin canggih di zaman modern ini bisa membantu Anda dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran uang.

Anda pun bisa terhindar dari masalah finansial jika konsisten mengatur keuangan melalui aplikasi.

Ini dia daftar aplikasi pengatur keuangan pribadi yang bisa Anda gunakan untuk mengelola uang dalam kehidupan sehari.

1. AndroMoney (Expense Track)

Aplikasi ini dapat melacak pemasukan dan pengeluaran Anda dalam tampilan yang sederhana dan rinci.

Aplikasi pengatur keuangan ini akan menampilkan kustom anggaran secara rinci, grafik yang menunjukkan pengeluaran Anda, dan kapasitas penyimpanan via Dropbox dan Google Docs.

Aplikasi ini akan membantu Anda dalam menentukan anggaran untuk jalan-jalan dan nonton film, makan, keperluan gadget, keperluan rumah tangga dan furniture, hingga keperluan belanja pakaian.

2. Money Lover

Butuh asisten untuk mengatur keuangan pribadi Anda? Pertimbangkan untuk menginstall Money Lover yang merupakan sebuah aplikasi pengatur keuangan yang sangat mudah dan praktis.

Beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi ini, seperti budget, savings, dan events bertugas untuk mengatur pengeluaran Anda dalam sebulan untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari makan, transportasi, dan hiburan.

Dengan Money Lover, Anda bisa mengontrol segala jenis pengeluaran Anda secara praktis. Jadi, Anda tak perlu repot menulis laporan keuangan pribadi Anda di sebuah kertas.

Karena saat ini Anda bisa memantau pemasukan dan pengeluaran Anda hanya melalui aplikasi Money Lover.

3. Mint

Mint adalah salah satu aplikasi pengatur keuangan yang populer di kalangan milenial. Pasalnya, aplikasi yang satu ini menyuguhkan fitur all-in-one.

Dengan hanya 1 akun, inilah beberapa hal yang bisa Anda atur di dalamnya: Rekening bank, Portofolio investasi, Tagihan bulanan, Pinjaman kredit, dan Giro.

Selain itu, aplikasi pengatur keuangan ini bisa membantu Anda mengelompokkan anggaran belanja ke dalam beberapa kategori berbeda. Dengan begitu, Anda bisa menghitung pengeluaran dengan mudah.

Keuanganmu juga bisa ditampilkan dalam bentuk grafik dan bagan yang tentu saja akan mempermudah melihat kondisi keuangan.

Jika tagihan membengkak, aplikasi ini akan mengirimkan Anda mengingatkanmu dengan mengirim notification.

4. Spendee

Spendee sangat cocok untuk Anda yang memiliki banyak rencana di masa depan. Contohnya liburan, pernikahan, dan lain sebagainya. Dengan Spendee, Anda dapat membuat rencana finansial untuk berbagai momen penting.

Aplikasi pengatur keuangan ini akan memberikan Anda reminder atau pengingat untuk menyisihkan sebagian pemasukan guna mewujudkan rencana tadi.

Dilihat dari tampilan aplikasinya, Spendee sangat atraktif dan cocok untuk anak muda. Anda juga bisa melihat info grafis dari keuangan Anda dalam beberapa waktu terakhir.

Anda bisa memilih untuk memperlihatkan data keuangan dalam satu bulan atau satu minggu terakhir.

5. Monefy – Money Manager

Aplikasi aplikasi pengatur keuangan yang berikutnya dalam daftar ini adalah Monefy.

Sebagian besar fungsinya dari Money Lover sebenarnya sama, hanya saja tampilan dan pengalaman penggunaan tentu akan berbeda.

Monefy menawarkan kesederhanaan tampilan dengan visualisasi yang bagus, sehingga bila Anda lebih suka menganalisa keuangan Anda lewat bentuk visual, Monefy cocok dijadikan acuan.

Monefy dilengkapi widget sehingga Anda bisa dengan mudah mengatur keuangan langsung dari home screen.

Mengklasifikasikan bentuk pengeluaran atau budget juga bisa lebih mudah, dan Anda bisa menyingkronkan data Anda ke penyimpanan cloud Dropbox.

6. Wallet

Untuk menggunakan aplikasi ini Anda perlu masuk menggunakan email atau Google atau Facebook.

Aplikasi Wallet juga memungkinkan Anda untuk mengimpor data transaksi atau rekening dari file CSV atau Excel.

Anda dapat menentukan financial goals yang akan dicapai misalkan target untuk menabung, liburan atau membeli barang.

Wallet juga tersedia dalam versi gratis maupun berbayar mulai dari Rp7.000 hingga Rp1,88 juta per item.

Wallet menghadirkan fitur sinkronisasi saldo rekening dengan transaksi pada akun bank Anda. Fitur ini dihadirkan melalui Salt Edge, agregator data perbankan bersertifikasi ISO 27001.

7. Finansialku

Aplikasi Finansialku merupakan aplikasi pengatur keuangan milik PT Solusi Finansialku Indonesia. Aplikasi ini cocok bagi Anda yang memiliki rencana keuangan seperti dana pendidikan hingga membeli kendaraan.

Anda perlu mengisi data berupa harga dan periode pembelian produk yang Anda inginkan. Setelah itu, Finansialku akan mencatat progres tabungan Anda untuk membeli barang tersebut.

Anda juga bisa menambahkan dokumentasi berupa foto atau lokasi Anda bertransaksi. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi pengatur keuangan terbaik yang bisa Anda unduh di Google Play Store dan App Store.

Menggunakan aplikasi untuk mengatur keuangan terbukti membuat kondisi finansial menjadi lebih baik. Pemasukan tercatat dengan baik dan pengeluaran pun dapat diatur sedemikian rupa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Tag : #aplikasi pengatur keuangan    #finansialku    #teknologi    #apps    #wallet   

Baca Juga