Ilustrasi penyakit mulut dan kuku (CNN)

Cegah Penyebaran PMK, Babinsa Kodim Tapsel Periksa Ternak Warga

Sarah | Daerah | 18-05-2022

PARBOABOA, Palas - Penyakit mulut dan kuku (PMK) mulai menyerang beberapa hewan ternak di daerah Sumatera Utara (Sumut).

Karena itu, Babinsa Koramil jajaran Kodim 0212/Tapsel melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak milik warga di wilayah se-Tapanuli Bagian Selatan wilayah teritorial Kodim 0212/Tapsel.

Dandim 0212/Tapsel, Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing SIP mengatakan, kegiatan pengecekan hewan ternak ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dan deteksi dini terhadap penyakit mulut dan kuku terhadap hewan ternak.

"Kita kerahkan para Babinsa diseluruh wilayah Teritorial Kodim 0212/TS untuk turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan," terangnya.

Hal ini bertujuan untuk mencegah virus PMK dengan melihat langsung hewan peternak dengan kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat dan peternak untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya guna  mengantisipasi datangnya hewan ternak seperti Sapi, Kambing dan Kerbau dari wilayah lain.

Chandra berharap, warga dapat segera melapor ke petugas, apabila menemukan ciri-ciri penyakit PMK seperti, keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku  (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh  (lesi pada lidah) pada hewan ternaknya.

"Dari hasil pengawasan dan pengecekan sementara oleh Babinsa serta petugas terkait lainnya, bahwa hewan ternak sapi diwilayah Tabagsel  dalam kondisi sehat dan belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK," tukasnya.

Tag : #Kodim    #penyakit mulut dan kuku    #daerah    #tapsel    #berita sumut   

Baca Juga