Bambang Susantono (Rachman Haryanto/detikcom)

Sosok Bambang Susantono yang Disebut Akan Dilantik Sebagai Pemimpin IKN

Rini | Politik | 09-03-2022

PARBOABOA, Jakarta - Sosok calon pemimpin Ibu Kota Baru (IKN) Nusantara sampai hari ini masih belum terungkap. Namun sudah ada banyak nama yang berseliweran yang disebut sebagai calon pemimpin IKN ini, salah satunya adalah Bambang Susantono.

Bahkan beredar kabar yang menyebutkan jika Bambang Susantono yang merupakan Mantan Wakil Menteri Perhubungan era SBY ini, akan dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai kepala otorita IKN besok Kamuis (10/3).

Memang informasi ini belum dapat dipastikan kebenarannya. Namun Bambang disebut memenuhi kriteria calon pemimpin IKN yang pernah disebut Presiden Jokowi yaitu seseorang yang bukan berasal dari partai politik.

Sembari menunggu kebenaran penunjukan dari Bambang Susantono sebagai kepala IKN, mari kita lihat dulu perjalanan pendidikan, karir dari mantan Wamenhub ini.

Pendidikan Bambang Susantono

Bambang Susantono merupakan pria kelahiran Yogyakarta pada 4 November 1963. Pria yang saat ini berusia 58 tahun ini merupakan lulusan dari Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) 1987.

Berikut adalah pendidikan lengkap dari Bambang Susantono:

1982-1987: S1 Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung

1993-1996: S2 Perencanaan Wilayah dan Kota University of California

1996-1998: S2 Teknik Transportasi University of California

1995-2000: S3 Perencanaan Infrastruktur University of California.

Karir Bambang Susantono

Setelah menyelesaikan pendidikannya di ITB, Bambang sempat bekerja sebagai pegawai negeri di Departemen Pekerjaan Umum. Kemudian dia ditunjuk menjadi Ketua Masyarakat Transportasi (MTI) periode 2008-2010.

Dia juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah periode 2007-2010.

Karir Bambang semakin gemilang setelah dirinya ditunjuk menjadi wakil Menteri Perhubungan pada tahun 2009 saat pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kemudian Bambang menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Perhubungan setelah Menteri Perhubungan sebelumnya Evert Ernest Mangindaan mengundurkan diri karena terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019.

Tak hanya soal karirnya di dunia politik Tanah Air, pria yang menjadi ayah dua anak ini juga pernah mempunyai karir internasional yaitu sebagai Anggota Dewan East Asia Society of Transportation EAST, sekaligus Anggota Dewan South North Foundation yang berpusat di Johanesburg, Afrika Selatan.

Selain itu Bambang Susantono ini juga aktif menulis sejumlah buku yaitu:

1. Strategi Dalam: Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah

2. Memacu Infastruktur Ditengah Krisis

3. Revolusi Transportasi

4. 1001 Wajah Transportasi Kita

5. Transportasi & Investasi: Tantangan dan Perspektif Multidimensi

6. Memacu Infastruktur Ditengah Krisis

7. Strategi Dalam Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah

8. Revolusi Transportasi.

Itu dia profil lengkap Bambang Susantono yang disebut-sebut akan dilantik menjadi Kepala Otorita IKN. Menurut kamu apakah Bambang memang layak untuk mengisi jabatan ini?

Tag : #ikn    #ibu kota negara baru    #pemimpin ikn    #bambang susantono    #politik   

Baca Juga