Liga Spanyol: Barcelona Resmi Tunjuk Deco sebagai Direktur Olahraga Baru dengan Kontrak 3 Tahun

Presiden Barcelona, Joan Laporta umumkan Deco menjadi direktur olahraga baru dengan kontrak 3 tahun. (Foto: Twitter/@fcbarcelona)

PARBOABOA – Barcelona telah mengumumkan pengangkatan mantan bintang mereka, Deco, sebagai direktur olahraga baru klub, dengan kontrak berdurasi tiga tahun.

Langkah ini datang setelah kepindahan Jordi Cruyff dari posisi tersebut pada awal tahun ini untuk mengejar tantangan profesional baru di tempat lain.

Namun demikian, Barcelona juga mengungkapkan bahwa Deco akan mengambil alih tugas yang dulu diemban oleh direktur sepak bola, Mateu Alemany, setelah jendela transfer musim ini berakhir.

Keputusan ini menunjukkan peran aktif yang akan dimainkan Deco dalam menjalankan aspek-aspek strategis dalam dunia sepak bola di klub ini.

"Dalam perannya yang baru, Deco akan menjadi otak di balik filosofi olahraga klub dan akan menggandeng pelatih dalam merumuskan langkah-langkah dalam sepak bola," kata pernyataan resmi Barcelona pada Rabu (16/8/2023).

Sudah Mulai Bekerja

Proses ini sudah mulai berjalan, sejalan dengan informasi yang bocor pada bulan Mei yang mengindikasikan bahwa presiden Joan Laporta dan Mateu Alemany telah setuju untuk berpisah setelah jendela transfer musim ini ditutup pada 2 September.

"Pekerjaan Deco dan Alemany akan berjalan bersama selama jendela transfer berlangsung. Dalam waktu beberapa minggu ke depan, klub akan mengumumkan rincian lebih lanjut mengenai struktur baru di bagian olahraga," lanjut pernyataan tersebut.

Sebelum pengumuman ini, Deco telah aktif sepanjang musim panas ini, bekerja bersama Alemany serta pelatih utama tim, Xavi Hernandez, dalam merampungkan proses rekrutmen pemain.

Alasan Barcelona Memilih Deco

Keputusan untuk memilih Deco sebagai direktur olahraga memiliki alasan yang berdasar. Sumber dari ESPN menyatakan bahwa Barcelona sangat menghargai pengetahuan dan jejaring yang dimiliki Deco di dunia sepak bola Amerika Selatan, yang menjadi pasar yang ingin mereka eksplorasi lebih lanjut.

Deco juga terbukti berperan penting dalam kesepakatan transfer striker Vitor Roque, yang dijadwalkan akan bergabung dengan Barcelona dari Athletico Paranaense pada tahun mendatang.

Keputusan Deco untuk meninggalkan pekerjaannya sebagai agen sepak bola untuk mengambil peran yang lebih strategis di dalam klub merupakan langkah besar yang menunjukkan dedikasi dan antusiasmenya dalam mengembangkan Barcelona dari dalam.

Dengan keahlian dan pengalamannya yang luas, Deco diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam membangun masa depan klub yang penuh prestise ini.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS