parboaboa

Cara Membuat Aquaspace Sederhana Untuk Pemula

Wanovy | Rumah | 02-06-2023

Ilustrasi Aquaspace, foto: Pinterest/DenS Remanjon

PARBOABOA - Membuat aquascape sederhana bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mempercantik ruangan kamu.

Cara membuat aquascape mungkin terlihat rumit, padahal sebenarnya sangatlah mudah jika teliti dan mengikuti petunjuk yang benar.

Aquascape adalah seni mengatur tanaman, bebatuan, kayu, karang, dan elemen lainnya hingga menyerupai ekosistem air asli. Sederhananya, aquascape merupakan sebuah akuarium yang lebih lebih kompleks.

Tidak hanya fokus terhadap ikan atau hewan air saja, tapi juga membuat sebuah mikro ekosistem air.

Kalau kamu tertarik membuat aquascape, kamu bisa mengikuti langkah mudah dan murah berikut ini, ya!

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum membuat aquascape, tentunya dengan menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Pada aquascape sederhana kamu hanya butuh alat dan bahan pokok saja, seperti akuarium, pupuk, pasir, bebatuan, tanaman, ikan, pompa, saringan dan lampu.

Jangan khawatir soal harga, bahan-bahan tersebut bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga 350 ribu hingga 500 ribu saja. Tergantung ukuran akuarium yang ingin kamu buat.

Selain itu, nggak semua bahannya harus dibeli lo. Kamu juga bisa memanfaatkan tanaman air di sekitar rumah, kayu-kayu dan bebatuan untuk hiasan.

Sehingga, nggak semua keperluan aquascape ini harus dibeli. Apalagi jika membuat aquascape tema natural seperti ini, selain mudah dibuat, bahan-bahannya pun mudah didapat.

2. Atur Bagian Dasar Akuarium

Cara membuat aquascape selanjutnya dalam cara membuat aquascape adalah mengatur bagian dasar akuarium. Taburi dasar akuarium dengan pasir yang sudah disiapkan.

Untuk jenis pasirnya sendiri, sebaiknya kamu memilih pasir yang berjenis silika. Biasanya harga pasir silika dijual dengan kisaran harga Rp 10.000 per kilogram.

Idealnya dalam langkah kedua cara membuat aquascape ini, ketebalan pasir yang ditabur ke permukaan akuarium kira-kira sekitar dua sampai tiga sentimeter.

Sedangkan untuk bagian pinggir akuarium lebih baik memiliki dasar pasir yang lebih tebal. Sementara itu, pada bagian tengah permukaannya sebaiknya pasir dibuat melekuk.

3. Filter air

Dalam pengaturan aquascape, alat ini bertujuan untuk menghilangkan sisa makanan, kotoran ikan, bahan kimia berbahaya, dan bahan organik yang membusuk di dalam akuarium.

Ada tiga metode dasar yang dapat digunakan untuk menyaring air, seperti mekanis, biologis, dan kimia. Sebagian besar filter air di pasaran merupakan kombinasi antara dua mekanisme.

4. Memberi Pupuk

Setelah menata pasir di bagian dasarnya, cara membuat aquascape beikutnya adalah memasukkan pupuk di atas pasir pada bagian lekukan yang tadi telah kamu atur, sehingga pupuk tersebut tidak akan tampak jika dilihat dari samping.

Jika pupuknya sudah dimasukkan, sekarang tutup kembali dengan pasir agar pupuknya tidak kelihatan dan terlihat jadi lebih rapi.

Pemberian pupuk pada pembuatan aquascape hanya untuk tanaman yang punya akar. Jika menggunakan jenis tanaman air yang mampu menyerap nutrisi melalui daun, pemberian pupuk ini bisa dihilangkan untuk menghemat biaya. Itulah langkah ketiga sebagai cara membuat aquascape bagi pemula.

5. Membuat Hardscape

Cara membuat aquascape bagi pemula berikutnya adalah membuat hardscape yaitu menambahkan hiasan berupa bebatuan yang telah kamu siapkan dan kayu untuk membentuk aquascape yang cantik dan menarik.

Penataan hardscape ini tentu tidak boleh sembarangan. Penataan kayu dan batu harus dilakukan dengan baik agar ketika ditambahkan tanaman, hasilnya akan seperti yang kamu harapkan.

Jika kamu ingin membentuk efek kedalaman, kamu bisa membuat pasir yang ada di bagian belakang lebih tinggi daripada yang ada di depan.

6. Hias Akuarium dengan Bebatuan

Pada tahap inilah, cara membuat aquascape yang sebenarnya baru dimulai. Kamu bisa mulai menghias akuarium milikmu agar terlihat lebih indah.

Hiasan utama yang bisa kamu susun dalam cara membuat aquascape ini adalah berbagai jenis bebatuan.

Untuk berjaga-jaga, belilah sekitar dua kantong batu halus untuk hiasan akuarium milikmu. Untuk hiasan ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar di bawah Rp50.000.

7. Mulailah Bercocok Tanam

Kini saatnya kamu memasuki bagian inti dari cara membuat aquacape. Pada tahap ini, kamu akan mulai bercocok tanam dengan menaruh tanaman-tanaman untuk akuariummu. Ketika hendak menanam, isi seperempat akuarium dengan air terlebih dahulu.

Setelah itu, barulah mulai tanam tumbuhan yang sudah kamu siapkan. Saat mengisi air, pastikan kamu melakukannya dengan perlahan, ya agar tidak merusak dekorasi yang sudah dibuat tadi.

Untuk cara membuat aqascape yang satu ini, kamu juga perlu memperhatikan jenis tanaman hias yang cocok untuk aquascape karena tidak semua tanaman cocok ditanam di dalam aquascape.

Beberapa jenis tanaman yang cocok untuk ditanam dalam aquascape adalah Spatterdock, Valisneria, Cabomba, Tiger Nymphea Lotus Tenelus atau rumput air, Echinodorus, dan Wendtii. Harga untuk tanaman-tanaman tersebut per satuannya tidak sampai Rp15.000.

8. Pasang Peralatan Pendukung

Setelah semua tanaman tersusun rapi, proses pembuatan aquascape masih belum selesai. Kamu harus bisa memastikan kelangsungan hidup tanaman tersebut.

Mulailah dengan memenuhi air dalam akuarium, tapi sisakan 5-10 cm bagian atas yang terbebas dari air. Kemudian pasang peralatan pendukung seperti pompa air, saringan, dan lampu.

Selain untuk keindahan, peralatan tersebut berfungsi untuk menjaga kondisi mikro ekosistem dalam akuarium.

Setelah alat terpasang, pastikan tanaman bisa tumbuh dengan baik. Lakukan proses adaptasi selama 1-2 minggu untuk memantau tanaman.

Selama itu, aquascape belum bisa dihuni oleh ikan. Hal ini dilakukan supaya jika tanaman mati kamu akan lebih mudah mengganti dan tanpa berisiko meracuni ikan.

9. Masukkan Ikan Hias

Aquascape memang menggabungkan kegiatan bercocok tanam dan pemeliharaan ikan, sehingga jika tanaman berhasil tumbuh maka akan kurang lengkap jika tanpa ikan.

Cara membuat aquascape seperti ini cocok untuk ikan cupang, komet, manfish, platy, beberapa jenis ikan tetra, neon dan lain sebagainya.

Setelah ikan berhasil menghuni aquascape, berarti prosesnya sudah selesai. Namun, kamu tetap harus melakukan perawatan seperti menambahkan pupuk, dan membersihkan air 2 minggu sekali.

Demikianlah beberapa cara membuat aquascape yang bisa kamu coba dirumah. Semoga bermanfaat!

Editor: Ester

Tag: #aquascape sederhana    #aquarium    #rumah    #model rumah    #interior rumah   

BACA JUGA

BERITA TERBARU