Ilustrasi cara membuat balasan email otomatis di Gmail saat cuti

Cara Membuat Balasan Email Otomatis di Gmail PC dan HP Saat Cuti

Wanovy | Teknologi | 26-12-2021

Sebagai pengguna aktif email, Anda tentu sering mengirim dan menerima email, terutama dalam urusan bisnis.

Untuk itu, tentunya Anda sangat memerlukan fitur untuk membuat balasan Email secara otomatis, agar tidak mengecewakan klien atau mitra Anda.

Hal ini sangat penting, terutama jika Anda sedang bepergian atau berlibur dan menonaktifkan perangkat Anda, sementara email yang masuk harus segera dibalas.

Jika Anda menggunakan layanan email dari Google, Anda tidak perlu khawatir, karena Gmail memiliki fitur penjawab saat libur atau Vacation Responder. Atau bisa disebut fitur auto-reply saat Anda sedang cuti atau berlibur menikmati akhir pekan.

Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat menikmati liburan dengan tenang, tapi tetap bisa memberikan pemberitahuan ke rekan atau kolega tentang kondisi Anda saat ini.

Cara membuat balasan email otomatis sedang cuti di Gmail PC

Apabila Anda sedang cuti atau ingin liburan, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur balasan email otomatis Gmail. Fitur ini dapat diaktifkan melalui Gmail versi web, dengan cara sebagai berikut:

1. Buka akun Gmail Anda melalui gmail.com di browser.

2. Klik ikon gerigi roda, yang terletak di sebelah kanan atas, untuk mengakses menu “Settings” atau “Setelan”.

3. Setelah itu, pilih opsi “See all settings” atau “Lihat semua pengaturan”.

4. Kemudian gulir ke bawah di bagian tab General atau Umum, hingga menemukan opsi pengaturan yang berjudul “Vacation responder” atau “Penjawab saat libur”.

5. Setelah itu, Anda akan disajikan dengan pengaturan balasan otomatis yang dapat Anda aktifkan sebelum pergi berlibur.

6. Untuk mengaktifkan balasan otomatis, klik opsi “Aktifkan Kemudian”.

7. Isi jangka waktu yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur balasan otomatis itu di kolom "Tanggal pertama" dan "Tanggal terakhir".

8. Setelah itu, ketik subjek e-mail yang Anda inginkan Kemudian, ketik pesan yang ingin Anda sampaikan sebagai balasan apabila ada e-mail masuk. Misalnya, isi dengan pesan yang memberitahukan bahwa Anda sedang liburan

9. Kemudian, Anda juga dapat mengatur agar balasan otomatis hanya terkirim untuk orang yang ada di daftar kontak e-mail Anda, dengan mencentang kotak "Kirimkan tanggapan hanya kepada orang-orang di dalam daftar Kontak saya".

10. Untuk bisa melihat  daftar Kontak, Anda dapat mengaksesnya melalui ikon persegi dengan titik sembilan yang berada di pojok kanan atas.

11. Setelah itu, pilih opsi "Kontak”.

12. Setelah selesai melakukan pengaturan, klik “Save Changes” atau “Simpan Perubahan”.

Cara membuat balasan email otomatis sedang cuti di Gmail HP

Selain dari Gmail web, cara membuat balasan email otomatis di Gmail juga bisa dilakukan di smartphone Anda. Tahapannya sama dengan ketika Anda mengaktifkan balasan otomatis melalui Gmail Web.

1. Buka aplikasi Gmail Anda.

2. Pilih menu (logo tiga garis), kemudian pilih "Setelan".

3. Pilih akun Gmail Anda yang ingin diaktifkan.

4. Pilih "Penjawab saat libur", sentuh tombolnya untuk mengaktifkan.

5. Isikan rentang waktu atau tanggal aktif jawaban email otomatis.

6. Isikan subjek dengan kata yang Anda inginkan.

7. Pada kolom pesan, tuliskan balasan email yang Anda inginkan.

8. Sentuh opsi "Selesai" yang berada dibagian atas.

Cara menonaktifkan balasan email otomatis di Gmail

Saat penjawab otomatis aktif, jika membuka Gmail pada PC, Anda akan melihat notifikasi di bagian atas Gmail yang menampilkan subjek jawaban otomatis yang Anda buat. Untuk menonaktifkan balasan email otomatis di Gmail, klik tautan Stop Now (hentikan sekarang) pada banner notifikasi tersebut untuk menonakatifkan balas Email otomatis.

Demikianlah cara mengaktifkan balasan email otomatis di Gmail saat cuti atau sedang liburan yang bisa Anda coba. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tag : #gmail    #email otomatis    #balasan email otomatis    #auto reply gmail   

Baca Juga