parboaboa

Cara Mengatasi Error ERR_CONNECTION_RESET di Browser

Wanovy | Teknologi | 24-05-2023

Ilustrasi error, foto: maketecheasier.com

PARBOABOA - Pernah menemui pesan ‘ERR_CONNECTION_RESET’ saat menjelajah Internet menggunakan Chrome? Tak perlu khawatir, Anda bisa menerapkan cara mengatasi Err Connection Reset dengan mudah dan cepat.

Secara umum, Chrome akan menunjukkan pesan error saat ditemukan masalah ketika menghubungkan ke sebuah situs, salah satunya Err Connection Reset. Hal itu karena terjadi masalah tentang koneksi. Lebih lanjut, simak penyebab dan cara mengatasi Err Connection Reset berikut ini.

Apa Itu “ERR_CONNECTION_RESET” ?

Ketika Anda ingin mengakses sebuah website dengan browser dan menerima pesan “ERR_CONNECTION_RESET” itu artinya Koneksi yang anda gunakan tidak stabil.

Sehingga akan memunculkan pesan berikut ketika mengakses sebuah website :

ERR_CONNECTION_RESET error message

This site can’t be reached.

The connection was reset.

Try:

Checking the connection

Checking the proxy and the firewall

Running Windows Network Diagnostics

ERR_CONNECTION_RESET

Details:

Check your internet connection

Check any cables and reboot any routers, modems, or other network devices you may be using.

Pesan error juga biasanya datang dengan kode 101, hal ini sangat umum terjadi di Chrome (browser Google), Firefox, Internet Explorer, dll.

Juga menampilkan pesan kesalahan yang serupa seperti “Koneksi telah di setel ulang” yang menunjukkan masalah koneksi.

Berbeda dengan pesan kesalahan HTTP, misalnya, pesan “ERR_CONNECTION_RESET” tidak secara langsung menunjukkan apakah masalah disebabkan oleh klien, server, atau jaringan.

Penyebab Error ERR_CONNECTION_RESET?

Error Err Connection Reset dapat disebabkan oleh berbagai hal. Namun, semuanya masih berhubungan dengan diblokirnya tautan antara browser dan server yang ingin diakses.

Kesalahan tersebut muncul saat pengguna mengunjungi situs web, tetapi browser gagal membuat sambungan. Ketika ini terjadi, koneksi disetel ulang, yang berarti server tidak dapat mengirimkan data ke browser.

Dalam kebanyakan kasus, Err Connection Error disebabkan oleh beberapa hal berikut:

1. Masalah dengan VPN

Virtual Private Network alias VPN adalah layanan jaringan virtual yang melindungi privasi pengguna saat online di internet. Jika koneksinya kurang stabil, penggunaan VPN dapat menyebabkan internet terblokir sehingga muncul Err Connection Reset.

2. Firewall atau Antivirus Memblokir Koneksi

Firewall atau antivirus dapat memblokir koneksi internet ke server jarak jauh. Akibatnya, browser gagal terhubung ke server website yang ingin dikunjungi.

3. Masalah Cache Browser

Cache adalah semacam ruang penyimpanan sementara untuk data atau informasi di dalam sistem komputer, termasuk di browser. Terlalu banyak cache di browser bisa menjadi penyebab munculnya masalah Err Connection Reset.

Cara Menggatasi Err_Connection_Reset

Setelah mengetahui apa itu Err Connection Reset dan penyebabnya, berikut cara mengatasi permasalah ini.

1. Restart router

Hal pertama yang bisa Anda lakukan saat terjadi “Er_connection_reset” adalah mengecek koneksi internet Anda.

Untuk mengeceknya, cobalah untuk mengakses situs web lain, apakah situs tersebut dapat dimuat dengan benar.

Meskipun bisa memuat halaman lain, namun Anda dapat mengantisipasi terjadi eror lagi dengan mengatur ulang router. Restart router dengan mencabut kabel daya, menunggu sebentar, dan sambungkan kembali.

Biasanya koneksi akan tersedia kembali dalam beberapa menit. Setelah selesai cek kembali dengan menuju situs tujuan.

2. Periksa VPN Anda

Apabila Anda menggunakan VPN untuk kepentingan privasi dan pekerjaan tertentu, bisa jadi koneksi internet Anda ke VPN dapat terputus.

Saat terjadi, pengguna biasanya tidak dapat menuju situs tertentu. Beberapa jaringan VPN akan otomatis tersambung namun adakalanya perangkat VPN dapat Anda disambungkan secara manual.

Selain itu penyebab lain bisa jadi situs web yang Anda akses memblokir alamat IP yang tidak dikenalnya. Maka dari itu cobalah untuk memeriksa jaringan VPN Anda dan menyambungkannya kembali.

3. Mengatur ulang pengaturan TCP/IP

Untuk mengatasi eror "Err_connection_reset" pengguna bisa memperbarui protokol TCP dan IP untuk mengembalikan koneksi internet ke pengaturan default. Berikut ini cara mereset pengaturan TCP/IP di Windows:

  • Menuju tombol “Start”
  • Ketik “cmd”
  • Nantinya Anda akan melihat jendela Command Prompt
  • Kemudian lanjutkan dan masukan perintah satu per satu dengan kode Netsh winsock reset Netsh int ip reset Ipconfig /release ip/config /renew Ipconfig /flushdns
  • Saat memasukkan kode satu per satu tekanlah “Enter.
  • Setelah koneksi aktif kembali, coba untuk mengakses situs yang Anda tuju kembali.

4. Menonaktifkan software antivirus dan firewall 

Antivirus dan firewall biasnya akan agresif dalam melindungi situs web Anda. Dalam beberapa kasus, antivirus biasanya akan mencegah pengguna mengunduh, membuka file, atau memblokir pengguna mengunjungi situs web sama sekali.

Maka dari itu saat proteksi ini terjadi tak jarang akan muncul kode eror "Error_connection_reset". Untuk mengatasinya Anda dapat menonaktifkan sementara antivirus atau firewall yang terpasang di perangkat Anda. Berikut ini cara menonaktifkan firewall di Windows 10:

  • Pilih “Start”
  • Klik “Settings” dan pilih “Update & Security”
  • Pilih “Windows Security” kemudian “Firewall & network protection”
  • Pilih “Domain network”, “Private network”, atau “Public network”
  • Kemudian geser toggle ke “off”

5. Bersihkan cache peramban Anda

Browser biasanya menyimpan data dari sebagian besar situs web yang Anda kunjungi. Data sementara ini berguna agar Anda tidak perlu memuat ulang dari awal saat akan mengakses situs tertentu.

Namun dalam beberapa kasus, file cache yang kadaluwarsan ini dapat menyebabkan eror saat memuat situs web. Salah satunya muncul kode “Err_connection_reset”.

Untuk mengatasinya Anda dapat menghapus dan membersihkan cache di perangkat Anda. Berikut ini cara menghapus cache di browser Google Chrome:

  • Buka Google Chrome
  • Klik menu titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih “Setelan”
  • Klik “Privasi dan Keamanan”
  •  Pada bagian pop up “Hapus data penjelajahan” centang bagian “Cookie dan data situs lainnya” dan “Gambar dan file dalam cache”
  • Selanjutnya klik “Hapus data”

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi error ERR_CONNECTION_RESET yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Editor: Ester

Tag: #err connection reset    #error browser    #teknologi    #tips    #browser   

BACA JUGA

BERITA TERBARU