Ilustrasi cara mengatasi laptop yang cepat panas dan lemot

Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas dan Lemot

Wanovy | Teknologi | 27-12-2021

Banyak aktivitas yang kita lakukan dengan menggunakan laptop. Baik itu dalam menyelesaikan pekerjaan, tugas, bermain game ataupun menonton video. Namun, saat menggunakan laptop terkadang kita merasa perangkat tersebut menjadi cepat panas dan lemot.

Ini tentu menjadi kondisi yang tidak nyaman dan dapat menghambat tugas atau pekerjaan.

Dalam hal ini, terdapat beberapa penyebab laptop cepat panas dan lemot yang sering terjadi. Penyebab laptop cepat panas dan lemot ini dapat dipengaruhi oleh faktor usia komputer yang sudah terlalu lama, lokasi penggunaan komputer, hingga faktor ruangan yang berdebu.

Beberapa faktor penyebab laptop cepat panas dan lemot tersebut penting untuk diperhatikan. Sebab, hal ini dapat mempengaruhi produktivitas keseharian Anda dalam menyelesaikan setiap pekerjaan.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui tanda-tanda seperti apa yang biasanya muncul ketika laptop sedang dalam keadaan panas atau overheating.

Penyebab laptop cepat panas dan lemot

Beberapa penyebab ini tidak boleh diabaikan, sebab perangkat komputer yang terlalu panas dapat menghambat sistem kerja dari setiap perintah yang diberikan.

Biasanya komputer atau laptop yang terlalu panas bisa menyebabkan sistem kerja menjadi lambat hingga mengalami gangguan error hingga beberapa kali.

Berikut beberapa penyebab laptop cepat panas dan lemot yang perlu diketahui.

1. Usia laptop yang sudah lama

Apabila Anda memiliki laptop keluaran lama, tentu sistem yang ada di dalamnya belum begitu canggih dan rentan mengalami masalah jika sudah lama digunakan.

Tak hanya itu, penyebab laptop cepat panas yang satu ini bahkan dapat mempengaruhi sistem kerja laptop yang juga bisa mengalami malfungsi dan menyebabkan berbagai kendala, termasuk kondisi laptop yang cepat panas dan sering lemot.

2. Lokasi komputer dan aksesori yang digunakan.

Penyebab laptop cepat panas dan lemot sangat mungkin terjadi ketika laptop diletakkan di lokasi dekat dengan jendela yang panas atau ketika digunakan di luar ruangan dalam jangka waktu lama.

Paparan sinar matahari yang mengenai laptop dapat memicu laptop cepat panas hingga mengalami overheating.

3. Ruang berdebu dan terhalang ventilasi.

Perlu diketahui penumpukan debu pada komputer dapat menghambat alat ventilasi pendingin perangkat untuk bekerja dengan baik.

Begitu pula, jika ventilasi internal komputer yang terhalang oleh benda lain seperti diletakkan di meja yang berantakan dengan berbagai barang di sekitarnya, sehingga laptop akan lebih cepat panas.

Cara mengatasi laptop yang cepat panas

Setelah mengetahui penyebab laptop cepat panas, kini kita akan mencoba membahas solusi yang bisa dilakukan. Berikut adalah cara mengatasi laptop yang cepat panas yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Cek mesin kipas di laptop

Cara mengatasi laptop cepat panas yang pertama adalah mengecek mesin kipas di laptop. Setiap kali Anda merasa laptop Anda menjadi panas, cobalah cek mesin kipas pada laptop Anda.

Caranya adalah dengan meletakkan tangan Anda tepat di sebelah ventilasi kipas. Di sini Anda akan tahu apakah kipas laptop dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika kipas laptop dapat berfungsi secara baik, Anda akan merasakan udara panas yang keluar. Namun jika Anda hanya merasakan sedikit atau tidak sama sekali, mungkin saja terdapat debu yang menumpuk di kipas.

2. Pastikan laptop berada di area yang berventilasi

Laptop bisa mengalami suhu panas diakibatkan gaya pemakaian. Misalnya, lubang ventilasi tertutup akibat laptop digunakan di atas permukaan tidak rata seperti selimut atau bantal.

Kemudian laptop digunakan di atas material yang menghantarkan panas atau konduktor. Laptop juga digunakan di ruangan atau lingkungan yang punya suhu tinggi.

Jadi pengguna laptop disarankan untuk memperhatikan kondisi sekitar saat akan menggunakan laptop. Taruh laptop di permukaan rata yang tidak akan menutup lubang ventilasi, lebih baik lagi apabila di ruangan dengan suhu dingin.

Penting bagi Anda untuk menjauhkan perangkat dari area yang terkena dampak sinar matahari langsung, atau panas dari pencahayaan ruangan. Hal ini dapat meningkatkan risiko laptop cepat panas.

3. Menggunakan penyangga laptop

Beranjak ke cara mengatasi laptop yang cepat panas selanjutnya, yakni dengan menggunakan penyangga laptop agar laptop memiliki ventilasi yang cukup.

Menggunakan penyangga laptop juga akan membuat aliran udara di bawah laptop lebih baik dan tidak menyebabkan panas yang berlebih. Aliran udara di laptop menjadi lebih konstan dan menjaga laptop tetap dingin.

Anda juga bisa mulai membeli meja laptop yang digunakan saat duduk di lantai maupun kasur atau sofa. Aksesori ini menyediakan kondisi yang nyaman bagi perangkat sekaligus penggunanya.

4. Gunakan Cooling Pad

Cooling pad merupakan salah satu alat yang dapat mengurangi overheat pada laptop. Fungsinya adalah mengurangi atau menurunkan panas pada laptop dengan cara mengalirkan udara segar melalui bagian bawah laptop, agar sirkulasi udaranya menjadi lancar.

Perlu diingat, bahwa cooling pad juga dapat membawa dampak negatif kalau kita tidak benar dalam pemakaiannya. Misalnya adalah membawa debu masuk ke dalam laptop, ini terjadi jika cooling pad dalam keadaan kotor.

Untuk menghindari hal itu, usahakan membersihkan cooling pad dari debu- debu yang menempel secara berkala.

5. Jangan meletakkan laptop ditempat yang pengap

Cara mengatasi laptop yang cepat panas disini maksudnya adalah jangan meletakkan laptop misal diatas kasur atau diatas bantal, laptop kebanyakan menempatkan lubang untuk sirkulasi udara mereka dibagian sisi samping maupun sisi bawah dari laptop itu sendiri.

Jika kita meletakkan laptop yang sedang menyala diatas kasur maupun bantal dapat menyebabkan sirkulasi udara menjadi buruk, karena udara panas terperangkap oleh bantal sehingga udara baru yang akan masuk menjadi terhalang.

Lama-kelamaan karena sirkulasi udaranya buruk, dapat menyebabkan laptop mejadi overheat dan akan berdampak pada menurunnya performa laptop itu sendiri.

6. Istirahatkan Laptop

Cara mengatasi laptop yang cepat panas yang terakhir adalah dengan mengistirahatkan laptop. Jika penggunaan laptop sudah dalam waktu lama dan digunakan terus-menerus untuk kerja berat seperti bermain games ataupun mengedit foto atau video lebih baik kita istirahatkan dulu.

Seperti halnya manusia, laptop juga butuh istirahat setelah bekerja lama. Istirahatkan laptop minimal 30 menit, sebelum nanti digunakan kembali.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi laptop yang cepat panas dan lemot. Semoga bermanfaat!

Tag : #laptop    #laptop cepat panas    #laptop overheat   

Baca Juga