Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Kamera (Dok: Bulk Memory Cards)

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Kamera atau Memory Card

Ester | Teknologi | 19-07-2022

PARBOABOA – Kehilangan foto di dalam kamera? Di bawah ini Parboaboa akan membantu kamu dengan memberikan cara mengembalikan foto yang terhapus di kamera atau memory card dengan mudah. Penasaran? Simak ulasan di bawah ini sampai habis.

Kamera adalah salah satu alat yang digunakan banyak orang untuk mengambil gambar dan video. Kamera pertama kali ditemukan pada 1826, dan sampai saat ini masih sangat sering digunakan oleh banyak orang.

Meskipun sekarang kegunaan kamera sudah banyak diambil oleh smartphone, namun kamera masih menjadi alat utama banyak orang dalam merekam dan mengambil gambar. Hal itu disebabkan, gambar yang dihasilkan oleh kamera dinilai lebih memupuni dibandingkan dengan smartphone biasa.

Bahkan, banyak para fotografer yang lebih prepare atau mengandalkan kamera dibandingkan smartphone harga mahal sekalipun.

Namun, salah satu kesulitan yang cukup sering dialami banyak pengguna kamera terlebih pemula adalah kebingungan dengan tombol-tombol kamera.

Seperti yang kita ketahui, kamera memiliki banyak tombol-tombol yang digunakan untuk mengambil gambar. Beberapa fungsi tombol yang ada di dalam kamera antara lain adalah mengambil gambar, merekam video, menghapus gambar, dan lain sebagainya.

Karena terlalu banyaknya tombol di dalam sebuah kamera dan banyak para pemula yang kurang menguasai penggunaan tombol kamera, sering sekali terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah terhapusnya seluruh foto atau video di dalam kamera.

Terhapusnya foto di dalam sebuah kamera tentu sering menjadi salah satu masalah yang kerap terjadi kepada pengguna kamera pemula. Tidak jarang, seorang professional fotografer sekalipun sering sekali mengalami foto yang terhapus di dalam kamera.

Lalu, bagaimana jika foto yang terhapus tersebut adalah salah satu foto penting? Bagaimana cara mengatasinya? Di bawah ini Parboaboa akan membantu kamu dengan memberikan cara mengembalikan foto yang terhapus di dalam kamera atau memory card.

Cara di bawah ini dapat kamu gunakan saat foto kamu terhapus di dalam kamera kamu. Lalu, bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di kamera atau memory card? Simak ulasan berikut ini sampai habis.

Menggunakan Aplikasi EaseUS Data

Cara mengembalikan foto yang terhapus di kamera atau memory card yang mudah adalah dengan mengandalkan aplikasi bernama EaseUS Data. Aplikasi ini sudah cukup sering digunakan banyak orang karena terbukti mampu mengembalikan foto yang terhapus di dalam kamera.

Cara penggunaannya adalah:

  1. Ambil memory card yang ada di dalam kamera dan masukkan ke dalam PC atau laptop yang sudah ada apliaksi EaseUS Data.
  2. Selanjutnya, buka aplikasinya dan pilih drive dari memory card.
  3. Kemudian pilih menu lokasi drive dan pilih pilihan Scan.
  4. Tunggu hingga beberapa saat karena aplikasi akan bekerja dengan sendirinya. Waktu yang diperlukan tergantung berapa foto yang terhapus.
  5. Setelah itu, jika proses scan sudah selesai maka aplikasi akan menampilkan hasil Quick San dan Deep Scan. Foto yang sudah terhapus akan ditandai dengan tulisan D atau Deleted.
  6. Nah, kamu perlu menekan dan foto akan tercentang untuk dikembalikan kembali ke dalam memory card tersebut.
  7. Jika sudah, kamu dapat melihat kembali foto-foto yang sudah kembali. Jika belum, kamu dapat memasuki panel Deep Scan yang sebelumnya dan tekan Recovery.
  8. Setelah selesai, kamu dapat mengecek fotonya kembali dan semua foto kamu sudah kembali.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Semoga ulasan kami dapat membantu kamu dan selamat mencoba!

Tag : #kamera    #foto    #teknologi    #kartu memori    #aplikasi   

Baca Juga