Ilustrasi

Cara Mengetahui Apakah Email Sudah Dibaca Atau Belum

Wanovy | Teknologi | 26-07-2022

PARBOABOA - Agak sulit mengetahui apakah email sudah dibaca atau belum oleh penerima. Pesan email tidak seperti pesan Whatsapp yang memberikan tanda biru ketika sudah dibaca oleh penerima.

Namun, cukup penting untuk mengetahui apakah email sudah dibaca atau belum oleh penerima. Karena, jika Anda tahu orang tersebut telah membaca email Anda tetapi belum membalas, maka Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Namun, jika mereka belum membaca email Anda, maka mungkin mereka sibuk dan Anda dapat memberi mereka sedikit lebih banyak waktu sebelum mengirimnya lagi.

Sekarang ini tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk melacak apakah seseorang telah membaca email atau tidak.

Untuk pengguna Microsoft Outlook yang mengirim email, sebenarnya perusahaan sudah membangun fitur tanda terima baca email dalam perangkat lunak. Yang perlu dilakukan hanyalah menyalakannya.

Melalui Google Chrome

Dikutip dari beberapa sumber, berikut cara mengetahui email sudah dibaca atau belum melalui Google Chrome.

1. Buka browser Google Chrome

2. Klik menu titik tiga di pojok kanan atas

3. Klik “Settings/Setelan” Pilih menu “Ekstensi” di menu bar bagian kiri

4. Selanjutnya pilih menu tiga garis vertikal di sebelah kiri

5. Klik “Chrome Web Store”

6. Ketik “Mailtrack” di kolom “Search”

7. Kemudian pilih “Add to Chrome” dan “Add Extensions” untuk instal ekstensi

8. Klik “Connect with Google”

9. Kemudian menuju Gmail Anda

Setelah ekstensi terinstal cek Gmail Anda. Biasanya akan tersemat ikon centang dua hijau di menu e-mail yang sudah terbaca.

Jika e-mail belum terbaca maka muncul checklist satu. Sedangkan jika e-mail sudah terbaca maka akan muncul checklist dua.

Melalui aplikasi Mail Track

Aplikasi Mail Track sendiri adalah aplikasi pelacakan email yang saat ini hanya bisa di-download dan digunakan melalui browser Google Chrome.

Bagi para pengguna Email yang memiliki aplikasi Google Chrome untuk mengirim pesan, yang perlu dilakukan adalah men-download aplikasi Mail Track di laptop.

Aplikasi tersebut bisa di download secara gratis di mailtrack.io, setelah men-download Anda bisa langsung menginstal aplikasi tersebut di laptop.

Untuk men-download dan menginstal aplikasi MailTrack tak perlu waktu lama, hanya perlu 15 detik untuk mendapatkan aplikasi tersebut.

Setelah itu hubungkan MailTrack dengan alamat Email yang biasa digunakan untuk berkirim pesan, dan MailTrack akan terpasang di laptop.

Untuk yang bertanya-tanya tentang keamanannya, tak perlu khawatir MailTrack sudah diberikan di-protect oleh Google.

Setelah itu, kembalikah ke akun Email yang sudah di-connect kan sebelumnya dan Anda akan mendapatkan Email atau pesan peringatan saat pesan yang telah Anda kirim telah dibaca.

Cara pelacakan email dengan menggunakan Mail Track sebenarnya mirip dengan bagaimana WhatApp atau messengers melacak pesan, dengan menampilkan satu centang jika email Anda dikirim.

Sedangkan centang dua kali yang menunjukkan Email telah dibuka dan kemungkinan dibaca oleh penerima pesan.

Berkirim pesan dengan menggunakan MailTrack tak perlu merogoh kocek karena aplikasi ini tidak berbayar.

Namun apabila Anda ingin berlangganan versi Pro dan ingin memperoleh fitur tambahan, Mail Track menyediakan versi berbayar.

Demikianlah informasi mengenai cara mengetahu apakah email sudah dibaca atau belum. Semoga membantu!

Tag : #email    #gmail    #tips    #teknologi    #apps    #chrome   

Baca Juga