Cara menghilangkan jamur di HP, foto: Hipwee.com

Cara Menghilangkan Jamur di HP Paling Ampuh

Wanovy | Teknologi | 06-05-2022

PARBOABOA - Cara menghilangkan jamur di HP sebenarnya mudah kok. Bahan yang digunakan untuk membersihkan jamur yang menempel di smartphone cukup mudah ditemukan di sekitar Anda. 

Jamur bisa menempel di smartphone kesayangan Anda. Apa penyebabnya? Tentu saja ada beberapa penyebab mengapa smartphone Anda bisa terkena jamur. Misalnya, Anda menyimpannya di tempat kedap udara.

Perhatikan juga, smartphone yang telalu lama menggunakan case tanpa dilepas juga bisa terkena jamur lho.

Karena, smartphone sering dibawa berpergian di mana selalu terkena debu atau kotoran, sehingga masuk ke dalam casing kalian. 

Selain itu, terlalu lama menyimpan smartphone di dalam tas juga bisa menimbulkan masalah jamur di perangkat.

Jika sudah terjadi, untungnya Anda bisa membersihkannya dengan beberapa cara menghilangkan jamur di HP.

Penyebab HP Berjamur

Sebelum kamu mengetahui cara menghilangkan jamur di HP, sebaiknya kamu tahu apa penyebab HP berjamur.

Yuk simak dua penyebab HP berjamur yang sering diabaikan berikut ini!

1. Menyimpan di Tas Terlalu Lama

Bisa jadi kamu memiliki kebiasaan melakukan perjalanan jauh dan menempatkan HP di tas dalam jangka waktu yang lama.

Karena kebiasaan tersebut, secara perlahan mampu menyebabkan tumbuhnya jamur di HP. Jangan sampai tumbuh jamur di HP gara-gara kebiasaan ini ya.

2. Tidak Menempatkan HP di Ruang Kedap Udara

Jamur mudah tumbuh di ruangan berudara. Hal ini menyebabkan HP menjadi terpapar suhu lembab sehingga semakin mudah bagi jamur tumbuh di HP.

Kamu sebaiknya menyediakan tempat khusus semacam dry box untuk mencegah tumbuhnya jamur di HP.

Cara menghilangkan jamur di HP

Setelah mengetahui penyebab jamur muncul di belakang HP, kini saatnya kamu mengetahui cara menghilangkan jamur di HP. Berikut caranya!

1. Menggunakan Alkohol

Alkohol merupakan peralatan yang bisa Sedulur gunakan sebagai cara menghilangkan jamur di HP. Sedulur tinggal menyiapkan alkohol, lalu basahi kain atau kapas dengan alkohol.

Ambil HP Sedulur, dan bersihkan setiap inci dari bodi atau casing HP Sedulur. Bukan hanya jamur yang akan menghilang, bakteri dan kuman yang terdapat di HP Sedulur pun dijamin akan musnah.

2. Menggunakan pasta gigi

Selain dibuat menggosok gigi, poin plus lain dari pasta gigi adalah dapat membersihkan HP kamu.

Cukup bersihkan HP kamu pakai pasta gigi dengan kain yang bersih, gosok perlahan hingga bersih, dan keringkan menggunakan kain bersih lainnya.

4. Menggunakan sinar Phonesoap's UV Charger

Cara menghilangkan jamur di HP tercanggih adalah menggunakan sinar Phonesoap's UV Charger yang biasanya bisa digunakan melalui tempat service HP.

Namun, buat kamu yang penasaran dan telah membeli Phonesoap s UV Charger, kamu bisa memasukkan HP yang berjamur ke dalam alat tersebut, aktifkan tombol ON, dan tunggu hingga alat tersebut memproses membersihkan kotoran.

5. Menggunakan minyak kayu putih

Cara menghilangkan jamur di belakang HP yang bisa digunakan adalah dengan minyak kayu putih. Cukup oleskan minyak kayu putih ke tisu, gosokkan ke HP yang ada kotorannya hingga bersih, dan gunakan kain bersih untuk mengeringkan HP tersebut.

6. Minyak kayu putih

Jika tidak ingin ribet menggunakan cara menghilangkan jamur di HP di atas, Sedulur bisa menggunakan minyak kayu putih.

Hanya dengan menggunakan minyak kayu putih, Sedulur dapat memiliki HP yang bersih dan terhindar dari jamur. Caranya sangat praktis, sama dengan cara sebelumnya.

Kamu hanya perlu mengambil kapas dan memberikan minyak kayu putih. Lalu membersihkannya ke bagian HP Sedulur yang kotor dan berjamur.

Lakukan hingga body atau case HP Sedulur benar-benar bersih, dan terhindar dari jamur dan kotoran lainnya.

7. Body Lotion

Bukan hanya dapat membuat kulit tubuh Sedulur bertahan dari sinar matahari dan kotoran, body lotion juga bisa membuat body HP terhindar dari jamur dan bakteri.

Cara menghilangkan jamur di HP dengan menggunakan body lotion hampir sama dengan menggunakan minyak kayu putih, Sedulur hanya perlu menggosok body lotion ke HP yang berjamur atau kotor, lalu gosok hingga benar-benar bersih.

8. Tisu Basah

Cara menghilangkan jamur di belakang HP yang mengganggu adalah dengan menggunakan tisu basah.

Cara ini merupakan trik paling sederhana yang bisa dilakukan. Tisu basah selain berfungsi sebagai pewangi, dapat juga digunakan untuk membersihkan kotoran yang membandel.

Termasuk kotoran yang terdapat di dalam HP. Sedulur cukup menggosokan tisu basah ke bagian body HP yang menggandung jamur atau yang kotor, bersihkan hingga kotoran atau jamur benar-benar hilang.

Setelah semua bagian kotor menghilang, Sedulur bisa menggunakan tisu kering untuk memastikan tidak ada bagian body HP yang basah.

9. Menggunakan tisu basah

Siapa sangka untuk membersihkan jamur di HP bisa semudah dengan tisu basah? Yup, tisu basah memiliki fungsi sebagai pewangi sehingga dapat membersihkan kotoran.

Cukup gosokkan tisu basah pada bodi ponsel pintar kamu. Setelahnya, gunakan tisu untuk mengeringkan HP tersebut.

10. Menggunakan baking soda

Selanjutnya, menghilangkan jamur bisa menggunakan bahan makanan yaitu baking soda Caranya, cukup campur baking soda dengan air dan aduk, gosoklah campuran baking soda ke bodi HP.

Selanjutnya, ambil kain yang sedikit dibasahi dengan air bersih untuk menghilangkan baking soda dan selesai, kamu tinggal mengeringkan HP kamu.

Nah, itulah tadi beberapa cara menghilangkan jamur di HP yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

Tag : #jamur hp    #casing hp    #tips    #teknologi    #perawatan hp    #service hp   

Baca Juga