Cara mengobati amandel (Dok: Kompas.com)

Jangan Panik! Ini Cara Mengobati Amandel Tanpa Operasi

Juni | Kesehatan | 07-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Radang amandel tentu membuat kondisi tenggorokan tidak nyaman, terlebih saat menelan makanan dan minuman. Namun tak perlu panik, ada banyak cara mengobati amandel yang dapat anda lakukan.

Perlu diketahui amandel atau tonsil adalah organ kecil berbentuk oval di bagian belakang tenggorokan yang terdiri dari jaringan lunak.

Fungsi utama amandel adalah menyaring kuman dan melindungi tubuh dari berbagai pathogen. Namun, terkadang lubang di amandel bisa tersumbat karena penumpukan sisa makanan dan kuman.

Hal tersebut akhirnya menyebabkan amandel rentan terhadap berbagai infeksi yang mengakibatkan peradangan dan nyeri.

Nah,bagi anda yang ingin mencari tahu bagaimana cara mengobati amandel tanpa operasi, simak ulasan berikut ini.

1. Pemberian Antibiotik

Radang amandel yang kambuh dapat diatasi dengan pemberian antibiotik. Antibiotik bekerja dengan meredakan gejala dengan lebih cepat. Akan tetapi, pemberian antibiotik biasanya hanya pada kasus dalam intensitas parah yang berpotensi menimbulkan komplikasi.

2. Istirahat

Cara mengobati amandel secara alami yang dapat anda lakukan adalah dengan beristirahat. Pasalnya, beristirahat bisa mempercepat proses penyembuhan. Tubuh yang sedang mengalami infeksi membutuhkan banyak energi untuk melawan bakteri. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas yang berlebihan.

3. Berkumur dengan Air Garam

 Untuk orang dewasa dan anak-anak di atas delapan tahun yang terserang radang amandel, berkumur dengan air garam bisa membantu redakan peradangan dan rasa nyeri. Siapkan satu gelas air hangat dan larutkan sekitar satu sendok teh garam. Jika rasanya terlalu kuat, anda juga bisa mencampurkan satu sendok makan madu alami.

Berkumurlah dengan larutan garam tersebut sambil mendongak selama kira-kira 30 detik, lalu buang airnya. Anda dapat melakukannya hingga dua kali sehari atau ketika tenggorokan terasa sakit.

4. Teh Hangat dengan Madu

Cara mengobati amandel secara alami berikutnya adalah dengan minum air hangat yang di beri campuran madu alami. Minuman hangat berupa teh dapat membantu mengurangi rasa kurang nyaman akibat tonsillitis. Campuran madu berfungsi sebagai antibakteri yang kuat serta dapat mengobati infeksi.

5. Obat Pelega Tenggorokan

Beberapa pelega tenggorokan mengandung obat anestesi untuk mematikan rasa dan menenangkan tenggorokan. Salah satu manfaat pelega tenggorokan adalah sebagai pereda nyeri langsung ke tempat peradangan.

Beberapa tablet hisa juga mengandung agen antiseptik. Namun, pelega tenggorokan tidak cocok untuk anak kecil karena dapat menimbulkan risiko tersedak. Beberapa juga mengandung benzokain, yang dapat memiliki dampak buruk.

Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) menyarankan orang tua untuk menghindari pemberian produk yang mengandung benzokain kepada anak-anak di bawah 2 tahun kecuali jika dokter merekomendasikannya.

6. Hindari Makanan yang Keras

Radang amandel umumnya membuat Anda malas makan karena sulit menelan. Untuk menyiasatinya, pilih makanan yang lembut, berkuah, dan mudah ditelan. Makanan seperti bubur, sup, nasi tim, atau kentang tumbuk (mashed potato) bisa jadi pilihan Anda.

Itulah cara mengobati amandel tanpa operasi yang bisa di coba. Jika radang tenggorokan tak kunjung sembuh, jangan ragu untuk segera konsultasikan ke dokter ya!

Tag : #amandel    #tonsilitis    #kesehatan    #radang tenggorokan    #radang amandel   

Baca Juga