Cara Screenshot di MacBook, foto: HT Tech

Cara Screenshot di MacBook Tanpa Aplikasi

Wanovy | Teknologi | 09-07-2022

PARBOABOA - Temukan cara screenshot di Macbook dengan mudah lewat artikel ini. Tak perlu repot gunakan aplikasi ketiga, lo. Selengkapnya dapat Anda lihat di bawah.

Tangkapan layar atau screenshot di laptop sering dibutuhkan untuk berbagai hal. Misalnya untuk kebutuhan tugas, menyimpan foto, bukti chat, dan lain-lain.

Intinya, tangkapan layar dibutuhkan untuk menyimpan tampilan gambar layar laptop, entah sebagian atau seluruh gambar pada sebuah layar.

Jika ditanya pengertiannya, screenshot adalah sebuah tindakan untuk ‘menangkap’ layar atau tampilan di laptop guna dijadikan file berbentuk gambar.

Kini, hampir seluruh sistem operasi di laptop mempunyai fitur tangkapan layar. Namun, masing-masing sistem operasi mempunyai cara berbeda untuk melakukan screenshot.

Ada yang menggunakan aplikasi ketiga, aplikasi bawaan dari sistem operasi, dan pintasan khusus di keyboard.

Sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara screenshot di laptop Windows, pada kesempatan kali ini, Parboaboa.com secara khusus akan mengulas cara screenshot di Macbook.

Cara screenshot di Macbook berikut, sangat mudah dan tak memerlukan aplikasi ketiga. Hanya memanfaatkan pintasan khusus di keyboard macbook milikmu!

Tak butuhkan waktu lama, jika diestimasi, tangkapan layar bisa dilakukan dalam hitungan detik.Selengkapnya, simak panduan berikut!

1. Screenshot tampilan layar penuh

Mengambil screenshot atau SS di Macbook memiliki beberapa opsi, salah satunya yaitu SS pada tampilan layar penuh.

Maksudnya, Anda dapat mengambil SS pada semua gambar yang sedang ditampilkan oleh layar Macbook.

Cara screenshot di Macbook pada tampilan layar penuh adalah dengan menekan kombinasi tombol "command" + "shift" + angka "3"secara bersamaan.

Ketika tombol tersebut ditekan akan terdengar suara jepretan yang menandakan bahwa SS telah berhasil.

2. Screenshot pada bagian layar tertentu

Selain itu, Anda dapat mengambil SS pada bagian tertentu dari gambar yang ditampilkan layar Macbook.

Jadi, Anda dapat memilih bagian gambar mana yang ingin Anda SS. Caranya, tekan kombinasi tombol "command" + "shift" + angka "4" secara bersamaan.

Setelah ditelah, bakal muncul pointer berbentuk tanda tambah, yang dapat anda geser untuk membuat SS di bagian gambar tertentu dari tampilan layar.

3. Screenshot pada jendela aplikasi yang terbuka

Kemudian, Anda juga dapat mengambil SS hanya pada jendela dari aplikasi yang terbuka. Misalnya, Anda sedang membuka browser Safari, lalu dengan opsi SS ini, Anda dapat mengambil SS hanya pada tampilan dari browser Safari yang sedang Anda buka.

Caranya, tekan kombinasi tombol "command" + "shift" + angka "4" + "spasi". Setelah Anda tekan tombol tersebut, bakal muncul pointer berbentuk kamera yang dapat Anda taruh pada jendela aplikasi yang terbuka.

Setelah pointer Anda taruh di jendela itu, klik pointer untuk mengambil SS. Anda dapat mengambil SS di berbagai jendela aplikasi asalkan yang sedang terbuka.

4. Screenshot dengan berbagai opsi

Terakhir, Anda dapat mengambil SS yang bisa memunculkan berbagai opsi di atas, sebelum mulai menangkap layar. Caranya, tekan kombinasi tombol "command" + "shift" + angka "5" secara bersamaan.

Setelah Anda tekan, layar akan freeze atau berhenti sejenak, kemudian muncul menu pengaturan SS yang berada di bawah layar.

Melalui menu itu, Anda dapat memilih opsi SS, seperti SS pada tampilan layar penuh atau bagian tertentu.

Di Macbook dengan macOS Mojave, Anda juga dapat mengubah lokasi penyimpanan hasil SS dengan klik "Option" lalu pada bagian "Save to" klik opsi "Other location".

Untuk menandakan bahwa SS Anda berhasil, biasanya akan muncul suara jepretan kamera. Selain itu, bakal muncul juga tampilan preview (tinjauan) kecil yang berada di sisi kanan layar.

Gambar hasil SS di Macbook biasanya secara otomatis memiliki format PNG. Kemudian, gambar hasil SS secara default akan tersimpan di folder Dekstop dan muncul sebagai shorcut di layar dekstop.

Cara screenshot di Macbook diatas berlaku untuk semua seri Macbook, baik di Macbook Pro maupun Macbook Air.

Demikianlah informasi seputar cara screenshot di Macbook yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

Tag : #macbook    #apple    #tips    #teknologi    #screenshot macbook    #laptop    #imac    #macOS   

Baca Juga