parboaboa

Curug Nagrak: Daya Tarik, Harga Tiket Masuk dan Lokasinya

Wanovy | Travel | 06-11-2023

Curug Nagrak Lembang, Jawa Barat, (Foto: Instagram/@Curug Cipanas Nagrak)

PARBOABOA, Lembang - Dikelilingi oleh pegunungan dari berbagai arah penjuru, menjadikan kawasan wisata Bandung memiliki banyak sekali ragam sumber daya alam yang sangat luar biasa dengan sejuta pesona keindahan alamnya, salah satunya adalah Curug Nagrak.

Lokasinya berada di Kampung Nagrak, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Pemandian air panas Curug Cipanas Nagrak ini berasal dari mata air akibat panas bumi Gunung Tangkuban Perahu. Mata airnya memiliki belerang yang bermanfaat bagi kesehatan.

Letaknya berada di lembahan dan tentunya dikelilingi perkebunan. Pemandangannya juga langsung dapat melihat Gunung Tangkuban Perahu.

Bagi kamu yang berencana mengunjungi wisata Curug Nagrak, yuk simak informasi di bawah ini terlebih dahulu!

Daya Tarik Curug Nagrak

(Foto: Google Maps/Jasa Kontraktor Interior Jakarta)

Curug Cipanas Nagrak bisa dibilang sebagai air terjun instagramable di Lembang. Selain viewnya yang cantik, jumlahnya juga ada banyak.

Debit air yang turun memang tidak deras, tetapi cukup untuk memanjakan mata pengunjung. Kelebihan lainnya yang jarang sekali ada di daerah lain adalah airnya berupa air panas alami.

Air panas tersebut langsung bersumber dari mata air, dan mengandung belerang. Di depan air terjun tersebut terdapat jembatan melengkung yang cocok banget buat dijadikan spot selfie.

Wisata Lembang ini sangat cocok sebagai tujuan wisata keluarga di Lembang. Jalur trekking menuju lokasi utama air terjun sudah tertata baik, dan tidak menguras tenaga, jadi cocok buat anak-anak.

Selain air terjun, Curug Cipanas juga terkenal dengan kolam, atau pemandian air panasnya. Di depan air terjun terdapat banyak kolam dengan kedalaman yang berbeda – beda.

Karena airnya mengandung belerang, maka para pengunjung dilarang lebih dari 30 menit berendam di kolam pemandian air panas Curug Cipanas Nagrak.

Hal tersebut bisa menyebabkan lemas, bahkan jika terlalu lama dapat mengakibatkan kehilangan kesadaran alias pingsan. Oleh karena itu, anak-anak wajib untuk selalu didampingi orang tua.

Air panas yang mengalir di Curug ini bukanlah air panas buatan, melainkan berasal dari mata air alami yang bersumber dari panas bumi.

Air Panas ini memiliki kandungan belerang yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya mengobati beberapa penyakit kulit.

Karena lokasinya yang masih alami maka Curug ini memiliki air berwarna biru dengan uap panas menyelimuti menjadi sebuah pemandangan yang begitu cantik.

Meskipun masih alami, namun penduduk lokal ber swadaya untuk memanjakan para pengunjung yang hadir, seperti diantaranya mushola, warung, saung bambu, area parkir luas, serta ada juga kamar bilas.

Terdapat tiga kedalaman kolam dengan kedalaman kolam tidak terlalu dalam, sehingga aman untuk segala usia.

Selain aktivitas berendam, wisatawan juga bisa merasakan bermalam dengan camping ground yang dapat digunakan wisatawan untuk merasakan suasana alami di tempat wisata satu ini.

Harga Tiket Masuk Curug Cipanas

(Foto: Google Maps/agus sutanto)

Curug Cipanas Nagrak adalah pemandian air panas terbuka dengan tarif tiket masuk yang terjangkau. Dengan biaya tiket masuk Rp25.000, pengunjung bisa menikmati manfaat air panas dari mata air alami.

  • Tiket Masuk Dewasa/Anak: Rp25.000
  • Tiket Masuk Camping: Rp35.000
  • Tiket Parkir Motor: Rp5.000
  • Tiket Parkir Mobil: Rp10.000
  • Tiket Parkir Bus: Rp80.000

Jam Operasional Curug Cipanas

Pemandian air panas Curug Nagrak buka untuk umum setiap hari 24 jam. Untuk pengalaman baru, pengunjung bisa mencoba berendam pada waktu malam hari.

Lokasi Curug Nagrak

(Foto: Google Maps/Dewi Purwanti)

Curug Cipanas Nagrak terletak di Jalan Nagrak Kulon, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Sedangkan akses ke lokasi bisa menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua. Kemudian dari area parkir, pengunjung harus berjalan kaki untuk bisa mencapai lokasi air terjun dan kolam air panas.

Demikianlah informasi mengenai wisata Curug Nagrak Lembang, Jawa Barat yang perlu kamu perhatikan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Editor: Wanovy

Tag: #wisata lembang    #lembang    #travel    #tempat wisata    #curug nagrak    #jawa barat   

BACA JUGA

BERITA TERBARU