Daging Ayam Naik Jelang Tahun Baru

Menjelang Tahun Baru 2023, harga daging ayam di pasar tradisional Pematang Siantar melonjak naik. (Foto: Parboaboa/Muhammad Anshori)

PARBOABOA, Pematang Siantar - Menjelang Tahun Baru 2023, harga daging ayam di pasar tradisional Pematang Siantar melonjak naik.

Salah seorang pedagang ayam Jaya Sinaga (54) mengatakan, harga daging ayam broiler sebelumnya Rp32 ribu per kilogram, kini sudah Rp37 ribu per kilogram.

“Minggu lalu harga ayam broiler masih normal, dalam seminggu ini ada kenaikan Rp5 ribu. Tidak tahu kalau Minggu depan akan ada kenaikan lagi atau tidak. Selain itu pun permintaan semakin banyak setiap menjelang Tahun Baru,” kata Jaya saat dijumpai Parboaboa, Rabu (28/12/2022).

Jaya juga menambahkan, harga ayam merah juga mengalami kenaikan. Sebelumnya Rp38 ribu per ekor, kini menjadi Rp45 ribu per ekor.

“Iya ayam merah juga naik,” ucapnya.

Pedagang ayam lainnya Zulfadli (63) mengatakan, harga daging ayam mengalami kenaikan sejak sepekan terakhir.

“Naiknya harga ayam ini terjadi sejak seminggu yang lalu lah,” terangnya. 

Zulfadli juga mengatakan, tempatnya berjualan mengalami peningkatan menjelang Tahun Baru.

“Iya, di kita mengalami peningkatan penjualan mencapai 30 persen. Tidak tahu kalau di tempat lain, karena harga yang kita jual sedikit berbeda dari tempat yang lain,” jelas Zulfadli.

Salah satu warga yang terlihat tidak jadi membeli ayam, Ihza (32) menerangkan, dia mengeluh harga ayam yang terlampau mahal.

“Biasanya kami setiap malam tahun baru mengadakan acara bakar-bakar, tetapi karena harga ayam sekarang mahal kayaknya tahun ini tidak jadi bakar-bakar,” ceritanya.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS