parboaboa

Amalkan 10 Doa Nabi Musa AS dalam Kehidupan Sehari-Hari yang Mudah Dihafal

Nada Lingga | Islam | 10-11-2023

Doa Nabi Musa AS (Foto: Parboaboa/Nada)

PARBOABOA – Doa Nabi Musa Alaihis Salam adalah salah satu doa yang penuh makna dan diabadikan dalam kitab suci Al Quran.

Dari kisah Nabi Musa, umat Islam dapat belajar tentang bagaimana kekuatan doa, ketabahan, dan kepercayaan kepada Allah SWT.

Sebagaimana Allah berfirman dalam Al Quran Surat Al Mukmin ayat 60, bahwa setiap umat Islam yang berdoa maka dia sedang beribadah.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Artinya: “berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS. Al-Mukmin: 60).

Doa-doa yang terdapat dalam kisah kehidupan Nabi Musa memberikan inspirasi dan hikmah yang mendalam bagi umat Islam.

Dari permohonan kebijaksanaan hingga perlindungan dari musibah, sepuluh doa Nabi Musa latin ini tidak hanya mudah dihafal, tetapi juga memiliki makna mendalam yang bisa memberikan arah dan kekuatan dalam menjalani keseharian.

Melansir buku Kumpulan Kisah & Doa Para Nabi oleh Abi Abbari (2010), berikut doa-doa Nabi Musa Latin yang dapat Anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Doa Nabi Musa Ketika Menghadapi Firaun

Doa yang dibaca Musa ketika menghadapi Firaun (Foto: Parboaboa/Nada)

Ketika menghadapi bala tentara Firaun, Nabi Musa berdoa kepada Allah SWT agar diberi kemudahan. Doa Nabi Musa menghadapi Firaun ini tercantum dalam Surah Thaha Ayat 25-28:

رَبِّ ٱشْرَحْ لِى صَدْرِى وَيَسِّرْ لِىٓ أَمْرِى وَٱحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِى يَفْقَهُوا۟ قَوْلِى

Latin: Rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul 'uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī

Artinya: Musa berkata: "Ya Rab-ku, lapangkanlah dadaku, dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku."

2. Doa Ketika Nabi Musa Dikejar oleh Pasukan Firaun

Doa yang dibaca Musa ketika dikejar pasukan Firaun (Foto: Parboaboa/Nada)

Ketika Nabi Musa dikejar oleh pasukan Firaun, Nabi Musa berdoa kepada Allah agar dilindungi dari Firaun dan pasukannya. Doa Nabi Musa membelah laut adalah juga sebagai mukjizat baginya, berkat kekuasaan Allah, nabi urutan ke-14 umat Islam ini bisa membelah lautan. Adapun doanya adalah sebagai berikut:

قَالَ كَلَّا ۖ إِنَّ مَعِيَ رَبِّي سَيَهْدِينِ

Arab-Latin: Qāla kallā innama'ī rabbī sayahdīnī

Artinya: "Dia (Musa) berkata, 'Tidak sama sekali, sesungguhnya bersamaku adalah Tuhanku, Dia akan memberi petunjuk kepadaku.'"

3. Doa Nabi Musa saat Kelaparan

Doa yang dibaca Musa ketika kelaparan (Foto: Parboaboa/Nada)

Melansir buku Doa Harian Pengetuk Pintu Langit oleh H. Hamdan Hamedan (2021), Inilah doa yang diucapkan oleh Nabi Musa AS saat betul-betul merasa kelaparan, kekurangan rezeki, dan terdesak.

Ibnu Abbas RA mengatakan bahwa Nabi Musa AS berjalan meninggalkan negeri Mesir di malam hari menuju ke negeri Madyan, sedangkan beliau tidak membawa bekal makanan, terkecuali hanya sayuran dan dedaunan pohon.

Sesungguhnya beliau benar-benar sangat membutuhkan buah kurma, walaupun hanya satu biji atau separuhnya. Dalam keadaan demikian, Nabi Musa AS pun berdoa kepada Allah dengan doa di atas. 

Adapun doa Nabi Musa Latin dan artinya berikut ini:

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِير

Arab-Latin: Rabbi innī limā anzalta ilayya min khayrin faqīr

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat membutuhkan apa yang Engkau turunkan kepadaku dari kebaikan."

Setelah berdoa, datanglah dua perempuan yang sebelumnya pernah dibantu oleh Nabi Musa AS. Lalu, mereka menawarkan bantuan kepada Nabi Musa AS. Walhasil, Nabi Musa AS pun selamat dari kelaparan dan kekurangan.

4. Doa Nabi Musa Melawan Sihir

Doa yang dibaca Musa ketika melawan sihir (Foto: Parboaboa/Nada)

Ketika Nabi Musa ingin melawan sihir kaum kafir, Nabi Musa mengucapkan sebuah doa yang bisa Anda baca berikut ini:

فَقَالُوا۟ عَلَى ٱللَّهِ تَوَكَّلْنَا رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ . وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Artinya: Lalu mereka berkata: "Kepada Allah-lah kami bertawakkal! Ya Tuhan kami; janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang dzalim, dan selamatkan lah kami dengan rahmat Engkau dari (tipu daya) orang-orang yang kafir." (QS. Yunus: 85-86)

5. Doa Nabi Musa Ketika dalam Kesulitan

Doa yang dibaca Musa ketika dalam kesulitan (Foto: Parboaboa/Nada)

Doa tersebut dibaca ketika Nabi Musa dan kaumnya berada di bawah ancaman Firaun. Berikut adalah doa Nabi Musa menghadapi Firaun yang juga terdapat Kitab Taurat:

اللهُمَّ إِنَّا نَذْعُوكَ فِي الضُّرِّ وَنَشْكُوا إِلَيْكَ فَقِّرَتِنَا

Bacaan latin: “Allahumma innā nad'Å«ka fÄ« aḍ-ḍurri wa nashkuu ilayka faqqiratinā.”

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya kami memohon pertolongan-Mu ketika dalam kesulitan dan kami mengadukan kefakiran kami kepada-Mu."

6. Doa Nabi Musa Agar Dilindungi dari Perbuatan Dzalim

Doa yang dibaca Musa agar dilindungi dari perbuatan dzalim (Foto: Parboaboa/Nada)

Pada suatu kesempatan, Nabi Musa secara tidak sengaja membunuh seorang laki-laki dari keluarga Fir'aun. Sebab, saat itu dia sedang berperang dengan Bani Israil. Atas perbuatannya, Nabi Musa kemudian memohon ampun kepada Allah SWT.

Berikut adalah ayat Al-Quran yang dibaca Nabi Musa, Surah Al-Qashash Ayat 16:

قَالَ رَبِّ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى فَٱغْفِرْ لِى فَغَفَرَ لَهُۥٓ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ

Arab-Latin: Qāla rabbi innī ẓalamtu nafsī fagfir lī fa gafara lah, innahụ huwal-gafụrur-raḥīm

Artinya: Musa mendoa: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku". Maka Allah mengampuninya, sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

7. Doa Nabi Musa Meminta Kebaikan

Doa yang dibaca Musa meminta kebaikan kepada Allah SWT (Foto: Parboaboa/Nada)

Nabi Musa turut memanjatkan doa kepada Allah SWT agar diberikan kebaikan di tengah kesulitan yang dialami. Doa Nabi Musa lisan ini tertuang dalam Surah Al-Qashash Ayat 24:

فَسَقَىٰ لَهُمَا ثُمَّ تَوَلَّىٰٓ إِلَى ٱلظِّلِّ فَقَالَ رَبِّ إِنِّى لِمَآ أَنزَلْتَ إِلَىَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Arab-Latin: Fa saqā lahumā ṡumma tawallā ilaẓ-ẓilli fa qāla rabbi innī limā anzalta ilayya min khairin faqīr

Artinya: Maka Musa memberi minum ternak itu untuk (menolong) keduanya, kemudian dia kembali ke tempat yang teduh lalu berdoa: "Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku."

8. Doa Ketika Nabi Musa di Taman

Doa yang dibaca Musa ketika di taman (Foto: Parboaboa/Nada)

Doa Nabi Musa lisan ketika sedang berada di sebuah taman. Berikut bunyi ayatnya:

رَبِّ أَرِنِي أَنظُرْ إِلَيْكَ ۚ قَالَ لَن تَرَانِي وَلَـٰكِنِ انظُرْ إِلَى الْجَبَلِ ۖ فَإِنِ اسْتَقَرَّ مَكَانَهُ فَسَوْفَ تَرَانِي ۚ فَلَمَّا تَجَلَّىٰ رَبُّهُ لِلْجَبَلِ جَعَلَهُ دَكًّا وَخَرَّ مُوسَىٰ صَعِقًا ۚ فَلَمَّا أَفَاقَ قَالَ سُبْحَانَكَ تُبْتُ إِلَيْكَ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُؤْمِنِينَ

Arab-Latin: Rabbi arinī anzur ilayka. Qāla lan tarānī walākin iẓẓur ilāl-jabal. Fa-ini istaqarra makānahu fasawfa tarānī. Fa-lammā tajallā rabbuhu lil-jabal ja'alahū dakkan wakharrā Mūsā ṣa'iqan. Fa-lammā afāqa qāla subḥānaka tubtu ilayka wa-anā awwalu al-mu'minīn.

Artinya: "Ya Tuhanku, tunjukkanlah diri-Mu kepadaku, agar aku dapat melihat-Mu.' Allah berfirman, 'Kamu sekali-kali tidak akan sanggup melihat-Ku. Tetapi pandanglah kepada gunung ini, jika tetap kokoh di tempatnya maka kamu akan dapat melihat-Ku.'

Maka tatkala Tuhannya menampakkan diri kepada gunung itu, Dia menjadikan gunung itu hancur berkeping-keping, dan Musa pun jatuh terpental. Setelah sadar, Musa berkata, 'Maha Suci Engkau, aku bertaubat kepada Engkau dan aku adalah orang yang pertama-tama beriman."

9. Doa Nabi Musa Agar Dituntun ke Jalan yang Benar

Doa yang dibaca Musa dituntun ke jalan yang benar (Foto: Parboaboa/Nada)

Dalam kisah Nabi Musa AS, ia pernah kabur agar terhindar dari pasukan Firaun yang kejam. Lalu, Nabi Musa berdoa kepada Allah SWT agar dituntun ke jalan yang benar, seperti yang tercantum dalam Surah Al-Qashash Ayat 22:

وَلَمَّا تَوَجَّهَ تِلْقَآءَ مَدْيَنَ قَالَ عَسَىٰ رَبِّىٓ أَن يَهْدِيَنِى سَوَآءَ ٱلسَّبِيلِ

Arab-Latin: Wa lammā tawajjaha tilqā`a madyana qāla 'asā rabbī ay yahdiyanī sawā`as-sabīl

Artinya: Dan tatkala ia menghadap ke negeri Madyan, ia berdoa (lagi) "Mudah-mudahan Tuhanku memimpinku ke jalan yang benar."

10. Doa Nabi Musa Agar Diberi Kesabaran

Doa yang dibaca Musa agar diberi kesabaran (Foto: Parboaboa/Nada)

Melansir buku Kumpulan Kisah & Doa Para Nabi oleh Abi Abbari (2010), berikut doa yang dilantunkan Nabi Musa saat meminta kesabaran yang lebih luas:

وَمَا تَنقِمُ مِنَّآ إِلَّآ أَنْ ءَامَنَّا بِـَٔايَٰتِ رَبِّنَا لَمَّا جَآءَتْنَا ۚ رَبَّنَآ أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ

Arab-Latin: Wa mā tangqimu minnā illā an āmannā bi`āyāti rabbinā lammā jā`atnā, rabbanā afrig 'alainā ṣabraw wa tawaffanā muslimīn

Artinya: Dan kamu tidak menyalahkan kami, melainkan karena kami telah beriman kepada ayat-ayat Tuhan kami ketika ayat-ayat itu datang kepada kami". (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)".

Amalan doa-doa Nabi Musa AS bisa menjadi penyejuk dan panduan yang berharga. Semua sembilan doa yang telah dibahas memiliki pesan yang kuat tentang kesabaran, kebijaksanaan, dan kepercayaan kepada Allah.

Dengan merenungkan makna dan menerapkan doa-doa ini dalam rutinitas harian, Anda dapat mengalami transformasi yang positif dalam kehidupan Anda.

Amalan yang sederhana ini dapat membantu Anda menghadapi berbagai ujian dan rintangan dengan ketenangan dan keberanian.

Oleh karena itu, mari terus mempraktikkan dan mengamalkan doa-doa Nabi Musa AS dalam kehidupan sehari-hari, sehingga Anda dapat mendekatkan diri kepada Allah dan menjalani kehidupan yang lebih bermakna dan berarti.

Editor: Sari

Tag: #nabi musa    #doa nabi musa    #islam    #doa nabi musa menghadapi firaun    #doa nabi musa lisan   

BACA JUGA

BERITA TERBARU