Doa Qunut Subuh (Dok: umma.id)

Doa Qunut Subuh Sendiri dan Berjamaah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Rahma | Pendidikan | 04-06-2022

PARBOABOA - Doa qunut subuh adalah salah satu doa yang disunnahkan untuk dibaca pada saat menunaikan ibadah solat subuh dengan bacaan dan tata cara yang telah ditentukan.

Menurut salah satu imam besar yang bernama Imam Nawawi yang telah dituliskannya ke dalam kitab al-Adzkar, hukum doa qunut dalam syariat Islam adalah sunnah muakkad.

Sunnah muakkad merupakan ibadah yang tidak wajib, namun sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Pendapat lain mengatakan, bahwa hukum ini memiliki pahala hampir mendekati ibadah fardhu (wajib).

Pada penerapannya, masih banyak umat Islam yang hanya mengetahui bahwa doa qunut hanya dibaca pada solat subuh saja.

Padahal doa qunut terbagi menjadi tiga jenis, yaitu doa qunut salat subuh, doa qunut nazilah dan doa qunut witir yang dibaca pada pertengahan Ramadhan hingga berakhirnya bulan suci tersebut. 

Oleh sebab itu, pada kesempatan ini kita akan membahas secara tuntas mengenai doa qunut subuh dan berjama'ah lengkap arab dan latinnya. Simak informasinya berikut ini ya teman!

Baca juga: Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Bacaan Doa Qunut Arab Dan Latin

Banyak orang yang bertanya, apakah bacaan doa qunut subuh sendiri berbeda dengan berjama'ah? Sebenarnya keduanya tidak jauh berbeda, yakni terletak pada kata “"ihdinî” saja.

Pada saat membaca doa qunut subuh sendiri, maka kamu menggunakan lafal "ihdinî yang artinya “berilah aku petunjuk".

Sementara doa qunut sholat subuh secara berjamaah menggunakan lafal "ihdinâ” yang memiliki makna jamak yakni “berilah kami petunjuk".

Jika kamu merasa bingung, berikut ini kami akan menyajikan bacaan doa qunut subuh sendiri dan berjamaah beserta arab latin dan artinya.

Bacaan Doa Qunut Arab Dan Latin Subuh Sendiri (Munfarid)

Bacaan doa qunut arab:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّ مَاقَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan doa qunut latin:

Allahummah dini fii man hadait, wa 'afini fiman 'afait, wa tawallani fi man tawallait, wa barik li fi ma a'thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha 'alaik, wa innahu la yazillu man wa lait.

Wa la ya'izzu man 'adait, tabarakta rabbana wa ta'alait, fa lakal hamdu a'la ma qadhait, wa astagfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Doa qunut dan artinya:

"Ya Allah tunjukkanlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan.

Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa yang telah Engkau berikan.

Selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan. Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum.

Tidak hina orang yang Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi.

Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-MU.

Semoga Allah mencurahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya."

Bacaan Doa Qunut Arab Dan Latin Subuh Bejamaah

Bacaan doa qunut arab:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّ مَاقَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan doa qunut latin:

"Allaahummahdinaa fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a'thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit.

Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa 'alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit. Wa laa ya'izzu man 'aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta'aalait.

Fa lakal-hamdu 'alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa 'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam."

Doa qunut dan artinya:

"Ya Allah, berilah kami petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan.

Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan.

Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan.

Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya."

Waktu Pembacaan Doa Qunut Subuh

Doa qunut subuh dapat dibaca pada posisi berdiri dalam gerakan iktidal dan dilakukan sebelum sujud di rakaat terakhir pada saat menunaikan ibadah sholat subuh.

Bila dilakukan secara berjamaah, maka dianjurkan bagi imam untuk mengeraskan suaranya saat membaca doa qunut sholat subuh.

Namun, ketika membaca doa qunut subuh sendiri atau secara munfarid, maka tidak dianjurkan untuk menguatkan suara atau dapat dibaca secara lirih.

Sebenarnya menurut pandangan ulama, terdapat perbedaan mengenai waktu pembacaan doa qunut subuh.

Menurut ulama mazhab Syafi'iyah, yang tercatat pada buku Fiqih Islam wa Adillatuhu karya Wahbah az-Zuhaili, doa qunut subuh dibaca setelah rukuk di rakaat terakhir.

Sementara, menurut pandangan ulama Malikiyah, bacaan doa qunut subuh sendiri maupun berjamaah lebih afdhal atau lebih tepat bila dilakukan sebelum rukuk terakhir.

Namun seluruh ulama mazhab telah sepakat, bahwa doa qunut subuh makruh hukumnya bila dibaca selain pada saat menunaikan salat subuh.

Demikianlah informasi mengenai doa qunut subuh sendiri dan berjama'ah lengkap arab latin dan artinya. Sekarang para sahabat sudah tahukan, apa perbedaannya dan kapan waktu doa qunut dibacakan.

Sebenarnya doa qunut tidak hanya dibaca pada saat solat subuh saja, salah satunya terdapat pula doa qunut yang dibaca pada waktu-waktu tertentu seperti doa qunut nazilah.

Dilain waktu, kita akan membahas mengenai informasi islami lainnya yang dapat menambah wawasan teman-teman mengenai ilmu dan hukum Islam.

Tag : #pendidikan islam    #doa qunut    #pendidikan    #doa qunut subuh    #ibadah sunnah    #sunnah muakkad    

Baca Juga