Ilustrasi Google Drive

Dokumen di Google Drive Bisa Diakses Tanpa Koneksi Internet, Ini Caranya

wanovy | Teknologi | 07-09-2021

Google akhirnya meluncurkan fitur yang sudah kurang lebih tiga tahun dalam versi beta. Setelah diluncurkan pertama kali dalam versi beta di 2019, fitur ini akhirnya bisa dinikmati publik.

Dengan fitur baru ini, Google Drive menyediakan akses offline untuk semua jenis file. Sebelumnya, akses offline ini hanya tersedia untuk file-file Google saja.

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa mengakses dokumen PDF, gambar (PNG, JPG, dsb.), Micosoft Office, dan dokumen jenis lainnya di Google Drive secara offline alias tanpa koneksi internet.

Di versi lama, salah satu file yang bisa diakses secara offline adalah file jenis Google Document. Ketika Anda mengaktifkan fitur ‘Available Offline’ maka dokumen tersebut bisa diakses tanpa internet.

Sebenarnya, mode offline di Google Drive bukanlah hal baru. Hanya saja, dulu penggunaannya terbatas untuk mengakses file Google, seperti Docs, Spreadsheet, dan Slides.

Kehadiran fitur baru ini tentunya akan membantu pengguna untuk tetap bisa mengakses dokumen penting di Google Drive ketika travelling ke daerah terpencil atau ketika tidak bisa tersambung ke internet.

Sedangkan untuk file non-Google seperti PDF, gambar, dan file Microsoft Office, diperlukan aplikasi terinstal dalam perangkat agar bisa mengaksesnya secara offline.

Google sendiri resmi luncurkan fitur ini pada 2 September 2021, namun peluncuran ini bersifat bertahap dan mungkin membutuhkan sekitar 15 hari untuk tersedia di semua Google Drive pengguna mulai dari 14 September 2021.

Fitur ini akan tersedia bagi semua pelanggan Google Workspace, termasuk Cloud Identity Free, Cloud Identity Premium, serta G Suite Basic and Business.

Untuk mengakses file dalam mode offline, pengguna harus mengaktifkan mode offline secara manual melalui PC, untuk setting file agar bisa menggunakan internet untuk koneksi.

Berikut Cara Mengakses File Dokumen di Google Drive Tanpa Koneksi Internet

  • Hal pertama yang perlu dilakukan ialah membuka Google Drive via browser
  • Pilih file PDF, gambar, Microsoft Word, atau file lainnya yang ingin bisa diakses secara offline
  • Kemudian klik kanan > geser tombol toggle "Available Offline" ke arah "on" atau hingga berwarna biru. Nantinya, setiap file yang bisa diakses secara offline akan memiliki ikon checklist di sebelah nama dokumennya.

Saat tak ada koneksi internet, pengguna bisa membuka file PDF, gambar, Microsoft Word, dan file lainnya tersebut melalui Google Docs, Google Chrome, atau aplikasi kompatibel yang terpasang di komputer.

Fitur mode offline untuk file non-Google ini tersedia untuk semua pengguna layanan Google Workspace, termasuk pemilik akun gratis maupun premium dari Google Blog for Workspace.

Tag : #teknologi   

Baca Juga