Ilustrasi balapan Formula E

DPRD Ajukan Interpelasi Penyelenggaraan Formula E, Wagub DKI akan Buka Data Secara Transparan

rini | | 19-08-2021

PARBOABOA, Jakarta - Pengajuan interpelasi terkait penyelenggaraan program balap mobil listrik Formula E 2022 tinggal membutuhkan dua tanda tangan lagi agar bisa dibawa ke rapat paripurna DPRD DKI.

Interpelasi ini diajukan untuk meminta penjelasan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait program balapan mobil listrik yang memakan anggaran triliunan rupiah tersebut.

Sesuai aturan, interpelasi bisa diajukan ke rapat paripurna jika diajukan oleh minimal 15 anggota yang berasal dari dua fraksi berbeda.

Hingga saat ini sudah 13 anggota DPRD DKI sudah menandatangani pengajuan hak interpelasi Formula E.

Delapan anggota Fraksi PSI telah menandatangani pengajuan hak interpelasi, mengikuti lima anggota Fraksi PDIP resmi yang lebih dulu mengajukan hak interpelasi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan soal usulan interpelasi adalah hak dari anggota DPRD, namun Riza berharap ada dialog terlebih dahulu.

"Ya itu kan hak setiap DPRD menggunakan haknya dan kami akan menjelaskan. Sebelum sampai interpelasi, mudah-mudahan tidak ada interpelasi, kita bisa dialog, bisa diskusi. Semua bisa ditanyakan secara terbuka, secara transparan. Kami akan jelaskan secara terbuka dan transparan," ujar Riza, Rabu (18/7).

Riza Patria memastikan gelaran Formula E pada Juni 2022 telah direncanakan dan disesuaikan dengan situasi pandemi Corona di Ibu Kota.

"Kegiatan Formula E di seluruh dunia disesuaikan dengan situasi dan kondisi pandemi-nya, tidak terkecuali Jakarta. Jadi karena ada pandemi semua harus disesuaikan. Masyarakat harus melaksanakan protokol kesehatan dan sebagainya," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Rabu (18/8/2021).

PT Jakpro selaku penyelenggara Formula E telah melakukan persiapan sejak lama.

Riza berharap pada 2022 mendatang situasi Corona di Ibu Kota sudah melandai. Bahkan melihat gencarnya program vaksinasi COVID-19 di Jakarta saat ini diharapkan dapat menekan penyebaran covid-19.

"Insya Allah kegiatan Formula E tetap dilaksanakan 2022, Insya Allah tidak ada kendala yang berarti. Mudah-mudahan juga tidak ada kasus yang luar biasa terkait covid di 2022," jelasnya.

"Apalagi vaksin dalam satu bulan ke depan sudah selesai di DKI. Mudah-mudahan juga ini meyakinkan kita semua bahwa kegiatan-kegiatan ke depan bisa dilaksanakan lebih baik lagi," sambung Riza.

Tag : #olahraga   

Baca Juga