Ilustrasi

Durasi Video TikTok Kini Diperpanjang Jadi 5 Menit, Sudah Coba?

Wanovy | Teknologi | 05-11-2021

Aplikasi video pendek TikTok resmi menambah durasi video menjadi 5 menit dan sudah bisa dicoba di Indonesia.  Sebelumnya, unggahan video di TikTok dibatasi hanya 3 menit saja. Namun kini, TikTok secara resmi memperpanjang durasi videonya.

TikTok juga memberikan notifikasi ke penggunanya. "Memperkenalkan fitur durasi 5 menit untuk video. Kini anda dapat mengunggah video berdurasi hingga 5 menit!" kata TikTok dalam kolom notifikasinya.

Perlu dicatat, durasi video lima menit ini hanya berlaku jika video diunggah dari galeri ponsel. Jika video direkam langsung dari TikTok, opsi maksimal durasi masih ditampilkan selama tiga menit. Jadi, pengguna bisa mengunggah video lebih panjang jika mereka memiliki video di galerinya tanpa harus merekam langsung di TikTok.

Sejauh ini, TikTok sudah menyiapkan tiga opsi video dengan durasi 15 detik, 60 detik, dan tiga menit. Bertambahnya durasi video TikTok agaknya dimaksudkan untuk memberi ruang bagi kreator untuk menyajikan konten video yang lebih panjang.

Sebelum menggulirkannya ke publik, TikTok lebih dulu menguji coba tambahan durasi video tersebut sejak Agustus 2021 lalu.

Saat itu, pakar media sosial asal Inggris, Matt Navarra menjadi salah satu pengguna TikTok yang kebagian menguji coba fitur tersebut. Melalui akun Twitternya, Navarra mengunggah sebuah tangkapan layar berisi notifikasi update terbaru dari TikTok.

“Unggah video hingga 5 menit melalui perangkat Anda. Pastikan Anda sudah memperbarui TikTok ke versi terbaru sebelum mencoba fitur tersebut di aplikasi atau tiktok.com," tulis isi tangkapan layar yang diunggah Navarra.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus memperbarui aplikasi TikTok terlebih dahulu. Notifikasi ini telah diumumkan di aplikasi TikTok sekitar dua hari yang lalu. Bagi Anda yang merupakan konten kreator atau suka membuat konten trailer, fitur ini sangat cocok untuk Anda. Selamat mencoba.

Tag : teknologi, apps, tiktok, durasi

Berita Terkait