Ilustrasi minum air putih (Foto: Freepik)

Terlalu Banyak Minum Air Putih Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan

Anna Aritonang | Kesehatan | 25-11-2022

PARBOABOA, Jakarta - Terlalu banyak minum air putih atau yang biasa disebut overhidrasi ternyata berbahaya untuk kesehatan lantaran bisa menimbulkan risiko keracunan atau gangguan fungsi otak. Dimana sel-sel otak akan mengalami pembengkakan yang disebabkan oleh adanya tekanan di dalam otak.

Melansir dari Healthline, overhidrasi dapat menyebabkan keracunan air karena jumlah garam dan elektrolit lain dalam tubuh menjadi terlalu encer. Jika elektrolit turun terlalu rendah atau terlalu cepat, itu bisa berakibat fatal. Bahkan, University of Colorado Medicine mengungkapkan dalam keadaan tertentu, overhidrasi bisa mendatangkan penyakit ekstrem hingga kematian.

Ketika terlalu banyak minum air putih, kadar natrium dalam tubuh akan terpengaruh. Padahal, natrium adalah elemen penting yang membantu menjaga keseimbangan cairan yang masuk dan keluar sel. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya kondisi yang disebut hiponatremia.

Efek terlalu banyak minum air putih

Perubahan warna urine

Urine yang sehat akan berwarna kuning cerah. Jika urine berubah warna menjadi bening atau jernih, itu adalah tanda jika sudah terlalu kebanyakan minum air.

Sering buang air kecil

Sering buang air kecil atau berkemih menjadi tanda jika kamu terlalu banyak minum air. Rata-rata orang hanya buang air kecil sebanyak 6-8 kali sehari.

Kelelahan atau kelemahan

Minum terlalu banyak air menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras untuk membuang kelebihan cairan.

Mual atau muntah

Kondisi ini terjadi akibat ginjal tidak dapat mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh. Selain mual dan muntah, pengidap bisa saja mengalami diare.

Otot lemah yang mudah kram

Ketika kadar elektrolit turun akibat terlalu banyak minum air, keseimbangan tubuh akan menurun. Rendahnya kadar elektrolit dalam tubuh menyebabkan kejang otot dan kram.

Sebagai informasi, dikutip melalui The National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine A.S, tubuh setidaknya membutuhkan asupan cairan sebanyak:

•    Sekitar 15,5 cangkir (3,7 liter) air per hari untuk pria
•    Sekitar 11,5 cangkir (2,7 liter) air per hari untuk wanita

Rekomendasi ini mencakup cairan dari air, minuman, dan makanan yang dikonsumsi. Namun, hanya sekitar 20 persen asupan cairan harian yang berasal dari makanan untuk sisanya diperoleh dari minuman.

Tag : #minum air putih    #overhidrasi    #kesehatan    #hiponatremia    #efek kebanyakan minum air putih   

Baca Juga