Elon Musk, foto: blackexperience

Elon Musk Tunda Beli Twitter, Kenapa?

Wanovy | Teknologi | 16-05-2022

PARBOABOA - CEO Tesla Elon Musk mengumumkan penundaan kesepakatan pembelian Twitter seharga 44 miliar dolar AS atau sekitar Rp 633 triliun.

Langkah tersebut dilakukan setelah dia menanyakan jumlah akun palsu atau spam di platform media sosial.

Saat ini, dia tengah menunggu informasi perhitungan jumlah akun spam atau palsu yang mewakili kurang dari lima persen pengguna.

Meski begitu, Musk mengaku masih berkomitmen  mengakuisisi Twitter. Sayangnya, cuitan Musk tanpa sadar mengakibatkan anjloknya saham Twitter sebesar 10 persen.

Elon Musk menunda pembelian Twitter senilai USD44 miliar atau setara Rp638 triliun (kurs Rp14.500).

Pembelian Twitter Inc untuk sementara ditangguhkan dengan alasan menunggu rincian yang tertunda tentang spam dan akun palsu.

“Kesepakatan Twitter untuk sementara ditangguhkan, sambil menunggu rincian yang mendukung perhitungan bahwa akun spam/palsu memang mewakili kurang dari 5% pengguna,” kata Elon Musk, Sabtu (14/5/2022).

Saham Twitter pun turun 20% dalam perdagangan prapasar. Twitter tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Perusahaan itu awal bulan ini memperkirakan bahwa akun palsu atau spam mewakili kurang dari 5% dari pengguna aktif harian yang dapat dimonetisasi dalam kuartal pertama.

Twitter juga mengatakan pihaknya menghadapi beberapa risiko sampai kesepakatan dengan Musk ditutup, termasuk apakah pengiklan akan terus membelanjakan uangnya di Twitter.

Musk, orang terkaya di dunia dan kepala eksekutif Tesla Inc, mengatakan bahwa salah satu prioritasnya adalah menghapus “bot spam” dari platform.

Mengetahui hal ini, Snoop Dogg tertarik untuk membeli platform media sosial Twitter setelah Elon Musk menunda pembelian.

Hal itu diungkapnya di Twitter pribadinya.Seperti diberitakan sebelumnya, pada awal April, Elon Musk telah mengajukan penawaran untuk pembelian sebagian besar saham Twitter.

Hanya beberapa minggu kemudian, mogul perusahaan Tesla mencapai kesepakatan dengan Twitter untuk membeli seluruh situs yang ditaksir bernilai 41 miliar dolar AS atau sekira Rp160 triliun.

"Mungkin ini sudah saatnya, saya ingin beli Twitter sekarang," tulis Snoop Dog, Minggu (15/5/2022).

Snoop Dog kemudian menjabarkan ide-ide lucunya apabila dia sudah resmi sebagai pemilik baru Twitter. Dia akan menggratiskan penggunaan internet di pesawat.

"Bisnis pertama. Internet gratis di pesawat!!! 29 dolar untuk 1 jam adalah omong kosong," tulis Snoop Dog

Tak berhenti sampai disitu, rapper kelahiran 20 Oktober 1971 itu juga akan memverifikasi seluruh pengguna Twitter. Sebab, menurut Snoop Dogg semua orang berhak untuk mendapat centang biru.

"Semua orang mendapat tanda centang biru. Bahkan bot dengan 10 huruf dalam nama mereka yang memukul Anda di DM dan hanya mengatakan 'Halo.' Nah, persetan dengan bot itu," tulisnya.

Tertundanya kesepakatan Elon Musk kembali direspons publik, baik yang mendukungnya maupun yang menentangnya.

Maklum, sebagian netizen skeptis atau bahkan khawatir jika Twitter akan berubah setelah diakuisisi Musk.

Tag : #elon musk    #twitter    #apps    #teknologi    #snoop dog   

Baca Juga