Finalis UEFA Player of The Year: Kevin De Bruyne, Erling Haaland, dan Lionel Messi

Finalis UEFA Player of the Year dan Manager of the Year 2023. (Foto: Instagram/@uefa_official)

PARBOABOA – Trio gemilang dari dunia sepak bola, Kevin De Bruyne, Erling Haaland, dan Lionel Messi, telah dinobatkan sebagai tiga finalis dalam penghargaan UEFA Player of The Year. Ketiganya meraih suara tertinggi dari juri yang terdiri dari pelatih klub yang berkompetisi di UEFA, para pelatih tim nasional Eropa, serta sekelompok jurnalis terpilih.

Pemenang prestisius ini akan diumumkan pada tanggal 31 Agustus di Monaco, saat upacara pengundian fase grup Liga Champions berlangsung.

Sebelumnya, terdapat 11 pemain yang masuk dalam daftar kandidat pemenang UEFA Player of the Year. Liga Inggris menyumbangkan sejumlah pemain berbakat, di antaranya Ilkay Gundogan (kini di Barcelona), Rodri, Declan Rice (kini di West Ham), dan Alexis Mac Allister (kini di Liverpool).

Prestasi Para Nominasi

Erling Haaland tampil mengesankan musim lalu dengan menjadi pencetak gol terbanyak Liga Champions dengan torehan 12 gol.

Di sisi lain, Kevin De Bruyne, yang mencatatkan tujuh assist, memainkan peran sentral dalam keberhasilan Manchester City meraih trofi Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Sementara itu, Lionel Messi, yang memutuskan untuk meninggalkan Paris Saint-Germain dan bergabung dengan Inter Miami pada musim panas ini, berhasil memenangkan Piala Dunia 2022 bersama tim nasional Argentina. Ini merupakan gelar besar terakhir yang masih absen dalam koleksi prestasinya.

Pep Guardiola, Nominasi Pelatih Terbaik

Prestasi gemilang tak hanya dicetak oleh pemain, tetapi juga pelatih. Pep Guardiola dari Manchester City menjadi salah satu kandidat pelatih terbaik tahun ini setelah membimbing timnya meraih treble, dengan mengamankan gelar Liga Premier, Piala FA, dan Liga Champions.

UEFA juga mengumumkan tiga calon peraih gelar pelatih terbaik. Mereka adalah Pep Guardiola, Simone Inzaghi, dan Luciano Spaletti. Tiga pelatih tersebut berhasil mengungguli tujuh pesaing lainnya dalam penilaian. Berikut adalah daftar pelatih lainnya beserta perolehan poin:

  • Roberto De Zerbi (Brighton) – 70 poin
  • Mikel Arteta (Arsenal) – 67 poin
  • Zlatko Dalić (Croatia) – 49 poin
  • José Luis Mendilibar (Sevilla) – 28 poin
  • Didier Deschamps (France) – 26 poin
  • David Moyes (West Ham) – 22 poin
  • Franck Haise (Lens) – 11 poin
TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS