Tampilan Fitur Dark Mode di Google Search Desktop

Google Luncurkan Fitur Dark Mode di Google Search Desktop, Ini Cara Mengaktifkannya

Wanovy | Teknologi | 16-09-2021

Setelah melewati masa uji coba, Google akhirnya resmi meluncurkan fitur Dark Mode(mode gelap) untuk Google Search di desktop.

"Tema gelap sekarang tersedia di laman Google Search untuk desktop," tulis Hung F., Google Search Product Support Manager di laman Support Google, ditulis Senin (13/9/2021).

Pengguna yang belum mengaktifkan mode gelap akan mendapat pop up notifikasi di sisi atas laman pencarian. Jika ingin langsung menjajalnya, pengguna bisa mengaktifkan dengan mengetuk tombol "Turn on" atau "nyalakan".

Dikutip dari Ubergizmo, Selasa (14/9/2021) Google sedang melakukan beberapa perubahan pada halaman pencariannya atau Google Search di desktop. Demikian pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan mode gelap.

Fitur ini mirip dengan Google Search di perangkat smartphone iOS dan Android yang sudah lebih dulu memiliki fitur dark mode. Sehingga, hadirnya di desktop diharapkan membuat penggunanya lebih nyaman menjelajah internet dengan Google Search.

Untuk mengaktifkan fitur ini pengguna bisa masuk ke pengaturan di halaman utama Google Search klik pengaturan > tampilan > lalu ada opsi pilihan untuk mode gelap.

Cara lain untuk menghidupkannya adalah dengan masuk ke menu Settings, pilih Search settings, kemudian masuk ke menu Appearance. Disana akan ada tiga opsi yaitu "Device default", "Dark theme", dan "Light theme."

Google menjelaskan bahwa "Device default" secara otomatis menyesuaikan skema warna perangkat yang digunakan.

Sementara "Dark" berarti teks berwarna terang dengan latar belakang gelap, sementara "Light" membuat teks menjadi gelap dengan latar belakang terang. Kemudian pilih "Save" untuk menerapkannya.

Selain itu, saat pengguna masuk ke laman hasil pencarian, fitur tersebut bisa disetel dengan mengakses ikon roda gigi di pojok kanan atas.

Perlu diketahui bahwa laman Search mencakup di antaranya homepage Google, laman hasil pencarian, dan pengaturan pencarian atau Search settings.

Mengutip 9to5Google, Kamis (16/9/2021), Google mengklaim fitur ini menjadi salah satu yang paling banyak diminta pengguna. Biasanya, pengguna mengakali mode gelap yang sebelumnya absen dengan menambah ekstensi tema di peramban.

Google menjanjikan mode gelap akan merata ke seluruh laman pencarian Google ke seluruh pengguna sesegera mungkin.

Perlu diingat, mode gelap ini tidak akan tersinkronisasi ke aplikasi mobile. Kabarnya, Google sedang menguji coba mode gelap untuk versi mobile secara terpisah. Selama ini, mode gelap di aplikasi Google Search versi mobile akan mengikuti pengaturan sistem Android.

Tag : #teknologi    #google    #dark    #desktop   

Baca Juga