Ilustrasi TokoMall

Inilah TokoMall, Marketplace NTF Bikinan Tokocypto yang Dukung Industri Digital Kreatif

wanovy | Teknologi | 21-08-2021

Tokocrypto meresmikan platform marketplace non-fungible token (NFT) bernama TokoMall, yang diharapkan bisa mendorong perkembangan pasar NFT di Indonesia.

Chief Strategy Officer Tokocrypto Chung Ying Lai mengatakan, adanya TokoMall sejalan dengan pengembangan utilitas dari TKO Token. Dia melihat, NFT berpeluang untuk mendorong kreator lokal di Indonesia mengamankan dan memasarkan karyanya.

"Kehadiran TokoMall diharapkan bisa menjadi wadah bagi kreator lokal Indonesia di berbagai kategori untuk memamerkan karyanya dan menjangkau pasar yang lebih luas melalui platform ini, kata Chung Ying Lai dalam peluncuran TokoMall di Jakarta, Kamis (19/8/2021).

Selain itu, lewat TokoMall mereka berharap bisa mengajak kreator lokal untuk bergabung guna memperkenalkan serta melakukan monetisasi atas karyanya kepada pasar lebih luas, tidak hanya di Indonesia melainkan juga di pasar global dan mancanegara.

"Dengan beralih ke NFT dan menjadikannya mainstream, kreator lokal berbakat Indonesia tidak hanya bisa memasarkan karyanya ke pasar yang lebih luas. Tetapi juga memastikan keunikan atau kelangkaan karyanya sebagai nilai lebih yang ditawarkan kepada para kolektor," ujar Chung.

Pria yang akrab disapa Ying ini menyebut, NFT bisa menjadi pilihan bagi para kreator di masa pandemi untuk tetap berkreasi dan produktif memasarkan karyanya dalam format digital dengan tetap menjamin keasliannya.

Untuk itu Tokocrypto membuka kesempatan bagi para kreator atau artis baik di kategori lifestyle, kreatif, games dan lainnya untuk bergabung di TokoMall," kata dia.

Selain itu, kreator bisa memastikan keberlangsungan royalti dari tiap NFT yang dipasarkan. Hal ini bisa menjadi jawaban atas permasalahan hak cipta dan royalti yang biasa dihadapi kreator jika melakukan pemasaran di dunia nyata," tambahnya.

Di sisi kolektor, NFT yang dipasarkan di TokoMall bisa menjadi investasi jangka panjang bagi para kolektor yang dijamin keasliannya dan ada pilihan bagi kolektor untuk menukarkan NFT yang dikoleksi dengan barang atau karya asli dari merchant partner eksklusif TokoMall.

Kreator Si Juki, Faza Meonk mengaku, hadirnya platform NFT di Indonesia menjawab salah satu tantangan yang dipermasalahkan para kreator, yakni pembajakan.

Ia meyakini, ketika mendaftarkan karya dengan NFT, maka keasliannya akan transparan.

"Bagi saya teknologi blockchain dan NFT ini bisa menjadi salah satu solusi buat perlindungan hak cipta bagi para kreator karena sangat jelas dan sangat transparan sehingga ketahuan ini adalah karya si A atau si B," ucap Faza.

Lebih lanjut Faza mengungkapkan, platform penjualan dengan NFT bisa menjadi salah satu alternatif revenue stream dari karya yang dihasilkannya. Dengan adanya platform NFT lokal, karya-karyanya termasuk Si Juki bisa menyasar konsumen lebih luas dan tepat sasaran, mengingat platform NFT yang ada selama ini lebih global.

TokoMall sendiri adalah bagian dari pengembangan utilitas Toko Token (TKO) yang dibangun di atas jaringan Binance Smart Chain (BSC). TokoMall memiliki beberapa kategorisasi yaitu NFT Exclusive yang berisikan TKO Original, TKO lifestyle, TKO creative, TKO Stars dan lainnya.

Tag : #teknologi   

Baca Juga