Jeddah Arab Saudi banjir parah, dua orang dilaporkan tewas, Kamis (24/11/2022). (Foto: AFP/Amer Hilabi)

Jeddah Arab Saudi Diterjang Banjir, 2 Orang Dilaporkan Tewas dan Sekolah Ditutup

Maharani | Internasional | 25-11-2022

PARBOABOA, Jakarta – Banjir menerjang Kota Jeddah, Arab Saudi, pada Kamis (24/11/2022) setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut sepanjang hari. Sedikitnya 2 orang dilaporkan tewas hingga sekolah terpaksa ditutup akibat banjir tersebut.

“Sejauh ini tercatat dua kematian, dan kami meminta semua orang untuk tidak keluar kecuali jika diperlukan,” kata pemerintah daerah Mekkah melalui twitternya, seperti dilansir AFP, Jumat (25/11/2022).

Akibat banjir tersebut akses jalan yang menghubungkan Kota Jeddah menuju Kota Mekkah, yang digunakan para jamaah haji sempat ditutup saat hujan lebat itu. Namun, saat ini jalan tersebut telah dibuka kembali usai situasi dinilai aman.

Kemudian, Badan Pers Saudi resmi melaporkan bahwa sekolah-sekolah di kota itu akan ditutup sementara karena hujan diperkirakan akan berlanjut sepanjang hari. Selain di Kota Jeddah, sekolah juga ditutup di kota terdekat Rabigh dan Khulais.

Sebagai informasi, Jeddah menjadi kota terbesar kedua di Kerajaan Arab Saudi yang berpenduduk sekitar empat juta orang. Sedangkan kota Mekkah, kota paling suci bagi umat Islam dimana tempat jutaan orang menunaikan ibadah haji dan umrah setiap tahun.

Salah satu televisi pemerintah, Al-Ekhbariya, memperlihatkan dalam tayangan video singkat para jemaah umrah yang tengah tawaf di Ka’bah diguyur hujan lebat.

Diketahui, hujan badai musim dingin dan banjir seperti ini hampir setiap tahun melanda Kota Jeddah. Sebelumnya, banjir seperti ini juga pernah terjadi pada tahun 2009, yang mengakibatkan 123 orang tewas.

Tag : #banjir    #jeddah    #internasional    #arab saudi    #mekkah    #korban tewas    #sekolah ditutup   

Baca Juga