Kapal tongkang milik Denmar terbalik usai tabrakan dengan kapal Inggris di Laut Baltik (dok AFP/JOHAN NILSSON)

Kapal Denmark Terbalik Usai Tabrakan dengan Kapal Inggris di Laut Baltik

Rini | Internasional | 14-12-2021

PARBOABOA, Denmark - Kapal tongkang milik Denmark dan Inggris mengalami insiden tabrakan di Laut Baltik pada Senin (13/12) dini hari waktu setempat. Insiden tersebut menyebabkan satu anak buah kapal milik Denmark tewas dan satu lainnya masih dinyatakan hilang.

Tabrakan kapal tersebut terjadi saat kedua kapal sedang berlayar ke arah yang sama di rute sibuk di lepas pantai Swedia sekitar pukul 3.30 pagi dalam keadaan berkabut.

Diketahui kapal tongkang Karin Hoj milik Denmark yang memiliki panjang 55 meter berlayar dari Sodertalje di Swedia ke Nykobing Falster di Denmark selatan. Sedangkan kapal Scot Carrier milik Inggris memiliki panjang 90 meter berlayar dari Hargshamn di utara Stockholm ke Montrose di pantai timur Skotlandia.

Kapal tongkang milik Denmark terbalik di lokasi kejadian, sementara kapal milik Inggris telah ditarik menuju perairan yang lebih dangkal.

Pencarian korban masih terus dilakukan, namun kondisi air yang berisi 4 derajat celcius membuat korban mustahil selamat. Namun, petugas berharap satu anak buah kapal yang masih hilang mungkin selamat di dalam kantong udara yang ada di lambung kapal.

2 Orang Ditahan Sebagai Tersangka

Mengutip dari CNBCIndonesia, setelah kecelakaan terjadi, petugas berwenang langsung melakukan penyelidikan. Saat ini dua orang telah ditetapkan sebagai tersangka karena diduga telah melakukan kelalaian besar dalam arus lalu lintas laut, yang menyebabkan kematian. Salah satu tersangka meupakan warga Inggris dan warga Kroasia yang diduga mengemudikan kapal dalam keadaan mabuk.

Kapal milik Denmark disebutkan tidak membawa muatan dalam pelayaran tersebut, sementara kapal milik Inggris belum mengkonfirmasi mengenai muatan yang dibawa.

Tag : #kecelakaan kapal    #kapal denmark dengan kapal inggris tabrakan    #tabrakan kapal di laut baltik    #internasional   

Baca Juga