Kebakaran di Gedung Kemenkumham, Satu Pegawai Terluka

Penulis : Apri Siagian | Metropolitan | 08-12-2022

Gudang lantai lima kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhumkam) ( Foto : ANTARA/Luthfia Miranda Putri)

PARBOABOOA, Jakarta – Sebagian karyawan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dipulangkan setelah gudang penyimpanan barang di lantai lima terbakar. Satu pegawai Kemenkumham terluka akibat memecahkan kaca saat kebakaran melanda gudang lantai lima.

"Semuanya disuruh keluar dan untuk sementara mungkin dalam satu hari ini akan dipulangkan terlebih dahulu yang bekerja di Gedung Sentra Mulia," kata Koordinator Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Tubagus Erif Fathurrahman kepada wartawan di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Tubagus mengatakan, seluruh pegawai langsung dievakuasi saat kebakaran terjadi dan memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran tersebut.

"Pegawai begitu ada informasi kebakaran, semuanya disuruh keluar," kata Tubagus.

Tubagus menerangkan, ruangan yang terbakar itu merupakan gudang penyimpanan barang bekas. Selain itu, tidak ada dokumen penting yang terbakar dalam kebakaran tersebut.

"Alhamdulillah, bukan barang-barang atau arsip penting," ujar Tubagus.

Saat ini, kata Tubagus, api sudah berhasil dipadamkan, dan dalam proses pendinginan masih berlangsung.  Sebanyak 26 mobil pemadam kebakaran dan 130 personil sudah mulai meninggalkan lokasi.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Sugeng Wibowo mengatakan, kebakaran gedung itu diduga akibat korsleting listrik.

"Penyebab sementara diduga korsleting listrik dan tidak ada kendala saat evakuasi karena menggunakan sumber air dari gedung," kata Sugeng.

Sugeng menerangkan, operasi pemadam kebakaran dimulai pukul 11.15 WIB dan pada pukul 13.05 WIB masih dalam proses pendinginan.

Sugeng mengatakan, pihaknya menerjunkan puluhan unit mobil damkar dean ratusan personilnya untuk memadamkan kebakaran tersebut. 

"Total pengerahan sekitar 26 unit kemudian personel sekitar 130 personel dari Jakarta Pusat, Barat, dan Dinas DKI," jelas Sugeng.

Editor : -

Tag : #kebakaran    #Gedung Kemenkumham    #metropolitan    #satu pegawai terluka    #Tubagus Erif Fathurrahman    #sugeng wibowo   

Baca Juga