Kebakaran Pasar Bululawang (Foto: ANTARA/HO - Damkar Kabupaten Malang)

Kebakaran di Pasar Bululawang Malang

Martha | Nasional | 17-01-2022

PARBOABOA, Malang – Sijago merah melahap Pasar Bululawang di Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Minggu (16/1).

Akibat dari kebakaran tersebut, ditaksir kerugian kios pedagang dipasar itu mencapai miliaran rupiah.

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (PPK) Kabupaten Malang, Goly Karyanto mengatakan bahwa berdasarkan data yang sudah dikumpulkan ada sebanyak 51 kios yang terbakar di pasar tersebut.

“Ada 51 kios yang terbakar dan berdampak kepada 32 pedagang di Pasar Bululawang. Untuk saat ini, kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah,” kata Goly.

Goly menambahkan, kejadian kebakaran ini terjadi sekitar pukul 00.30 WIB. kemudian pihaknya menerima laporan pada pukul 01.00 WIB dan segera melakukan penanganan.

Hingga akhirnya api berhasil dipadamkan sekitar pukul 06.30 WIB. adapun dugaan penyebab kebakaran ini akibat adanya hubungan arus pendek yang memicu kebakaran tersebut.

Untungnya dari kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun sayangnya puluhan kios harus hangus akibat kebakaran.

Sementara, kerugian meterial akibat kebakaran pada satu kios diperkirakan berkisar antara Rp100 juta hingga Rp250 juta.

Namun, kerugian itu masih belum ditambahkan dengan akibat kerusakan pada bangunan pasar. Pendataan jumlah kerujian akibat kebakaran pasar tersebut masih akan dilakukan oleh dinas terkait dari Pemerintah Kabupaten Malang.

Adapun informasi, ada sekitar 10 unit mobil kebakaran yang dikerahkan untuk memadamkan api. Enam unit kendaraan pemadam berasal dari PMK Kabupaten Malang, tiga unit berasal dari PMK Kota Malang dan satu unit dari Perusahaan Gula Krebet.

Tag : #kebakaran    #pasar bululawang    #kabupaten malang    #jawa timur    #daerah   

Baca Juga