Aneka satwa di Bali Safari & Marine Park atau Taman Safari Bali, di Gianyar (balisafarimarinepark.com)

Surga Bagi Para Satwa, Inilah 5 Kebun Binatang Terbaik di Indonesia

Wulan | Hiburan | 27-07-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar – Pilihan tempat wisata di Indonesia sangat beragam. Dari sekian banyaknya pilihan yang diberikan, salah satu wistaa yang cocok kamu jadikan tempat untuk berlibur di tengah kesibukan adalah kebun binatang.

Berkunjung ke kebun binatang merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk berwisata bersama keluarga karena mampu memanjakan mata untuk melihat satwa-satwa lucu, eksotis maupun langka.

Kebun binatang memiliki beberapa macam fungsi yakni sebagai sarana edukasi, riset dan tempat konservasi untuk satwa yang terancam punah.

Selain untuk sarana rekreasi sekaligus edukasi, kebun binatang juga bisa memanjakan mata setiap pengunjung karena dibangun sedemikian rupa untuk mengikuti ekosistem dari masing-masing hewan yang notabene hidup di lingkungan yang bernuansa hijau dan asri.

Di Indonesia, ada banyak pilihan kebun binatang yang bisa dikunjungi di berbagai daerah dengan keunikannya masing-masing. Penasaran? Yuk, kita telusuri di mana saja kebun binatang terbaik di Indonesia!

5 Kebun binatang terbaik di Indonesia

1. Bali Zoo Park (Bali)

Selain memiliki banyak pantai yang indah, Bali juga memiliki kebun binatang terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan untuk berekreasi bersama keluarga ataupun kerabat. Salah satu kebun binatang andalan dari pulau dewata ini adalah Bali Zoo Park yang terletak di Singapadu, Kabupaten Gianyar dengan lahan seluaas 12 hektar.

Tak hanya terbaik, kebun binatang ini ternyata juga memiliki banyak keunggulan, lho. Disini, kamu bisa menikmati momen-momen langka seperti bisa sarapan ditemani Orang Utan, merasakan sensasi mengeliligi kebun binatang di malam hari, memberi makan satwa secara langsung hingga menikmati pengalaman menaiki kuda poni untuk anak-anak.

Selain itu, Bali Zoo Park juga memiliki banyak satwa langka, diantaranya Burung Kasuari, Burung Merak, Burung Jalak Bali, Burung Elang, Singa Afrika, Harimau Sumatera, Elang, dan satwa-satwa menggemaskan seperti Javan Lutung, Sunda Slow Loris, Buffy Fish Owl dan masih banyak lagi.

2. Batu Secret Zoo (Malang)

Kebun binatang yang diresmikan pada tahun 2010 ini merupakan bagian dari Jatim Park 2 yang termasuk kedalam kategori kebun binatang terbaik di Indonesia hingga pernah menempati urutan 10 besar sebagai kebun binatang terbaik se-Asia Tenggara yang didirikan di atas lahan seluas 14 hektar. Batu Secret Zoo menjadi tempat wisata, edukasi, dan konservasi satwa modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur.

Dalam 1 lokasi kebun binatang ini, pengunjung bisa menikmati berbagai suguhan hiburan mulai dari melihat dari dekat satwa-satwa yang habitatnya tersebar di seluruh dunia seperti Gurun Afrika, Hutan Tropis Asia, Samudra Pasifik, dan banyak lagi.

Selain itu, satwa langka yang ada di kebun binatang ini pun beragam, seperti Colobus Monkey, Giant Anteater atau Trenggiling raksasa yang hanya ada di 3 kebun binatang di Asia Tenggara, Black Lemur dan masih banyak lagi.

3. Taman Safari Indonesia (Bogor)

Taman Safari Bogor merupakan salah satu kebun binatang kelas dunia dan juga merupakan salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia. Kebun binatang ini juga dinobatkan sebagai situs konservasi terbaik oleh Kementrian Kehutanan Indonesia. Tidak heran, karena Taman Safari Bogor merupakan kebun binatang asri yang dikelilingi kurang lebih 5.000 pohon dan juga memiliki 2.500 lebih jenis satwa.

Kebun binatang yang terletak di Kabupaten Bogor - Cisarua, Jawa Barat ini menjadi pilihan utama saat berlibur ke area yang hanya butuh 1 jam berkendara dari Kota Jakarta. Disini, kamu bisa menikmati berkendara keliling hutan dengan kendaraan pribadi, melihat tingkah laku satwa di balik jendela kendaraan lalu menikmati banyak show secara gratis dan juga bisa menikmati wahana permainan yang disediakan. Selain itu, pengunjung juga bisa memilih safari malam dengan petualangan di alam terbuka pada malam hari dengan menggunakan kereta wisata yang tersedia.

4. Kebun Binatang Ragunan (Jakarta)

Kebun Binatang Ragunan menjadi pilihan wisata dan edukasi terbaik untuk keluarga. Salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia ini terletak di Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan dan memiliki luas 147 hektar dan merupakan rumah dari 295 spesies hewan dengan 4040 spesimen yang tersebar dan disesuaikan dengan habitat masing-masing.

Kebun Binatang Ragunan bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin menikmati lingkungan asri sembari berfoto ria bersama hewan-hewan lucu nan eksotis yang ada. Ragunan juga memiliki Schmutzer Primate Centre yang merupakan pusat konservasi hewan primata di Indonesia. Kebun Binatang ini juga kerap kali menjadi pilihan masyarakat setempat untuk dijadikan tempat jogging track sambil menikmati pemandangan yang indah.

5. Bali Safari & Marine Park (Bali)

Selain Bali Zoo Park, Bali juga memiliki pilihan kebun binatang di Indonesia terbaik lainnya yang bisa dikunjungi. Bali Safari & Marine Park juga merupakan salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia yang menjadi pilihan untuk wisata edukasi yang dilirik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Bali Safari & Marine Park terletak di Desa Serongga, Kab. Gianyar Bali. Kebun Binatang ini juga dikelola oleh Taman Safari Group.

Di Bali Safari & Marine Park, pengunjung bisa melihat banyak satwa langka dari Indonesia, India dan Afrika, di antaranya adalah harimau Sumatera, unta punuk satu, beruang himalaya, black buck, grevy zebra dan masih banyak lagi dari 400 ekor satwa langka dan 60 spesies. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pengalaman untuk berkeliling kebun binatang di malam hari sekaligus makan malam sambil ditemani oleh singa di Night Safari.

Nah, itulah kebun binatang terbaik di Indonesia saat ini. Masih banyak destinasi kebun binatang terbaik di Indonesia yang bisa dikunjungi saat akhir pekan maupun liburan panjang. Dari 5 pilihan di atas, mana yang ingin dikunjungi? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Tag : #terbaik    #kebun binatang    #hiburan    #kebun binatang terbaik di indonesia    #bali zoo park    #batu secret zoo    #taman safari    

Baca Juga