parboaboa

Kembali Berulah, KKB Bakar SMPN 2 Dekai

Maesa | Nasional | 16-03-2023

KKB bakar SMPN 2 Dekai di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan pada Kamis, 16 Maret 2023 pukul 01.25 WIT. (Foto: Ilustrasi/Pexels)

PARBOABOA, Jakarta – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali membuat ulah dengan membakar SMPN 2 Dekai yang berada di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

Pembakaran itu dilakukan KKB pada Kamis, 16 Maret 2023 pukul 01.25 WIT.

Kejadian ini diketahui ketika pihak kepolisian mendengar laporan melalui handy talkie (HT) dari seorang anggota Brimob Polda Papua yang mengatakan bahwa pihaknya melihat ada api yang cukup besar tengah melahap SMPN 2 Dekai.

"Kamis dini hari terdengar laporan melalui handy talkie (HT) dari personel Brimob Polda Papua yang memberitahukan adanya api yang cukup besar membakar SMPN 2 Dekai,” kata Kapolres Yahukimo, AKBP Arief Kristanto dalam keterangannya di Jayapura, Papua, Kamis (16/03/2023) dilansir ANTARA.

Mendengar laporan tersebut, kata Arief, pihaknya kemudian langsung bergerak ke lokasi kejadian guna melakukan pengamanan sekaligus memadamkan api.

Di sisi lain, upaya pemadaman api ini sulit dilakukan karena fasilitas yang kurang memadai. Akibatnya, api terus membesar hingga membakar seluruh bangunan sekolah.

Terkait dengan kejadian tersebut, Arif mengungkapkan pihaknya masih melakukan penyelidikan. Namun, saat ini ada dua orang yang diamankan guna dimintai keterangan soal peristiwa kebakaran SMPN 2 Dekai.

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari pihak sekolah, akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai Rp2 miliar.

“Kasus ini masih dilakukan penyelidikan dan berdasarkan keterangan pihak sekolah, kerugian diduga mencapai kurang lebih Rp2.000.000.000,” tuturnya.

Sejak Maret 2023, ada sejumlah ulah yang kerap dilakukan oleh KKB. Upaya ini bagaikan teror yang terus menghantui warga Papua.

Pada Rabu, 1 Maret 2023 yang lalu, terjadi baku tembak antara pihak KKB dengan prajurit Kodim 1715 Yahukimo di Dekai hingga menewaskan seorang anggota TNI dan beberapa mengalami luka.

Kemudian Rabu, 8 Maret 2023, KKB meneror masyarakat Dekai dengan menembak dua warga sipil hingga meninggal dunia di tempat.

Lalu pada Sabtu, 11 Maret 2023, KKB kembali membuat ulah dengan menyerang pesawat Boeing Trigana Air IL 222 Seri 300 dengan nomor penerbangan PK—YSC yang membawa 66 penumpang saat sedang lepas landas dari Bandara Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan menuju Jayapura.

Terakhir, sebelum pembakaran SMPN 2 Dekai, KKB terlebih dahulu melakukan pembakaran di SD YPK Metanoia pada Minggu, 12 Maret 2023 dini hari.

Editor: Maesa

Tag: #kkb    #pembakaran sekolah    #nasional    #smpn 2 dekai    #papua pegunungan    #kelompok kriminal bersenjata    #sekolah terbakar   

BACA JUGA

BERITA TERBARU