Salah satu mamalia terkecil di dunia, Etruscan Shrew (Foto: inaturalist.org)

7 Mamalia Terkecil di Dunia, Imut Sekaligus Buat Geli!

Wulan | Hiburan | 22-08-2022

PARBOABOA – Jika kamu sebelumnya berfikir bahwa mamalia merupakan hewan yang berukuran sedang hingga besar, ngomong-ngomong, kamu agak keliru. Sebab, tak sedikit mamalia yang berukuran kecil nan mungil!

Ukurannya yang kecil memungkinkan hewan ini dapat menempati relung ekologis yang tidak dapat diakses oleh hewan berukuran besar. Selain itu, kerangka mungilnya membuatnya lebih mudah untuk bersembunyi tanpa terdeteksi.

Mamalia apa saja yang memiliki ukuran tubuh paling kecil di dunia? Yuk temukan jawabannya di bawah ini! Siap-siap terpesona dengan keimutannya, ya!

1. Etruscan shrew

Hewan ini yang bernama Etruscan shrew ini memiliki panjang 4 cm (tidak termasuk ekor) dan berat 1,8 gram. Walaupun terdaftar sebagai mamalia terkecil di dunia namun hewan ini bisa makan 1,5 hingga 2 kali lipat dari berat badannya, lho.

Hewan yang biasa ditemukan di Benua Eropa, Afrika, dan Asia ini menyukai habitat yang hangat dan lembab. Mereka biasanya bersembunyi di semak belukar untuk menghindari dirinya dari para pemangsa.

Untuk makanan, hewan ini biasa mengonsumsi serangga, larva, dan cacing tanah. Selain itu, mereka juga bisa memangsa amfibi kecil dan kadal!

2. Jerboa

Herboa merupakan hewan pengerat yang biasa ditemukan di gurun di wilayah Arab, Afrika Utara dan Asia. Tubuh hewan ini sangat kecil dengan panjang yang hanya 5-15 cm dan panjang ekor 7-25 cm saja.

Biarpun kecil, ternyata jerboa sangat gesit lho! Hewan ini mampu berlari hingga mencapai kecepatan 24 kilometer per jam!

Jerboa mampu hidup hingga berusia 6 tahun. Mereka umumnya memiliki indra pendengaran yang baik untuk menghindari musuh.

Untuk makanan, hewan ini akan mengonsumi tanaman, spesiknya adalah dedaunan dan akar. Tak jarang, jerboa memakan serangga kecil dan kumbang. Kecil-kecil gini pemakan segala ya!

3. Lemur Tikus

Yuk berkenalan dengan lemur tikus, hewan asli Madagaskar. Jika kamu berfikir bahwa hewan ini merupakan kerabat tikus, itu salah! Lemur tikus ternyata termasuk dalam golongan primata! Dari semua primata yang ada, ukuran otak hewan ini adalah yang terkecil, yakni hanya 2 gram!

Hewan ini adalah hewan omnivora, mereka akan memakan serangga, buah, bunga, nektar, daun, tunas bahkan memakan atropoda dan hewan vertebrata kecil yang ada disekitarnya!

Ukuran hewan ini bervariasi, mulai dari 2,25 inci (5,7 cm) sampai  4,75 inci (12 cm) dengan panjang ekor sekitar 4,75 inci (12 cm). It's so tiny, right?.

4. Pygmy Possum

Hewan yang bernama Pygmy possum ini merupakan hewan endemik Australia yang juga bisa ditemukan di Indonesia dan Papua Nugini. Ukuran hewan ini sangat mungil, yakni hanya memiliki panjang 5-12 cm dan berat badan 10-50 gram.

Makanan yang biasa dikonsumsi hewan ini adalah buah, biji-bijian, nektar, dan serbuk sari. Keunikan yang dimiliki Pygmy possum yakni mereka mampu memanjat dengan gesit dan lompat jauh!

Saat musim dingin tiba, hewan ini akan hibernasi dalam waktu yang cukup lama. Adapun rata-rata rentang hidup Pygmy possum adalah 1-3 tahun, meski pejantan bisa hidup hingga usia 5 tahun dan betina hingga usia 12 tahun.

5. Planigale Ekor Panjang

Planigale ekor panjang memiliki ukuran panjang badan yang bervariasi, yakni antara 5,5 cm sampai 6,5 cm. Namun, panjang rata-rata untuk kedua jenis kelaminnya adalah 5,9 cm. sementara untuk berat pejantannya ialah 4,2 gram dan betina 4,3 gram. Bahkan, berat 6 gram hewan di kategorikan sebagai yang paling besar.

Namun, siapa sangka, planigale ekor panjang merupakan hewan karnivora. Mereka memakan hewan invertebrata dan vertebrata berukuran kecil yang hidup di tanah. Selain itu, hewan ini juga pemburu yang tak kenal takut lho! Mereka bisa memangsa serangga, larva atau kadal kecil yang ukurannya jauh lebih besar.

6. American Shrew Mole

Hewan yang mirip dengan tikus ini hanya memiliki panjang 10 cm dan berat 10 gram. Bulunya yang berwarna abu-abu gelap sampai kehitaman dengan moncong yang panjang dan rata serta ekor yang tebal. Hewan ini memiliki otot tangan yang kuat dan berfungsi untuk menggali tanah.

Apa saja yang hewan ini makan? Pada umumnya, mereka bisa memakan siput, cacing tanah, serangga, salamander dan jamur. Pau-parunya yang kuat membuat mereka mampu beradaptasi dengan baik karena sering berada di bawah tanah.

Psst, ukuran bayi hewan ini sangat kecil, lho. Panjangnya pun hanya 0,3 cm (30 mm) dan berta kurang dari 1 gram!

7. Tree Shrew

Hewan yang jika dilihat sekilas mirip tupai ini merupakan penghuni hutan tropis di Asia Tenggara. Tree shrew adalah omnivora, mereka memakan buah dan serangga. Ukuran tubuhnya sedikit lebih besar dari hewan-hewan lain yang sudah disebutkan, yakni hanya berukuran 16-21 cm dan memiliki berat 190 gram.

Hewan ini merupakan hewan yang teritorial. Mereka akan menandai wilayahnya dengan urin dan kelenjar aroma yang berbau khas. Hewan ini akan mencapai kematangan seksual dalam usia 4 bulan dan memiliki masa kehamilan antara 45-50 hari.

Adapun bayi dari hewan ini terlahir buta dan tanpa rambut. Setelah lahir mereka akan hidup mandiri dan meninggalkan sarangnya setelah berusia 1 bulan.

Nah, itukah 7 hewan mamalia terkecil di dunia dengan ukuran yang imut dan sangat mungil. Kalau kamu, paling gemes sama yang mana nih? Komen di kolom komentar ya!

Tag : #terkecil    #mamalia    #hiburan    #mamalia terkecil di dunia    #etruscan shrew    #jerboa    #lemur tikus    #pygmy possum   

Baca Juga