Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Jika Mengonsumsi Kopi di Pagi Hari

Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Jika Mengonsumsi Kopi di Pagi Hari

Sondang | Kesehatan | 27-10-2021

PARBOABOA, Siantar - Mengonsumsi segelas kopi di pagi hari adalah rutinitas bagi sebagian orang. Tak hanya itu, kopi juga dianggap bisa meningkatkan mood atau suasana hati.

Mengonsumsi kopi sebelum beraktivitas juga diyakini bisa meningkatkan kemampuan berpikir serta mengembangkan kreativitas. Namun faktanya, tidak ditemukan dampak signifikan dari konsumsi kopi terhadap kreativitas seseorang.

Dari penelitian yang dilakukan, kafein pada kopi memang bisa meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, tetapi tidak berdampak langsung pada kreativitas seseorang. Selain itu, penelitian lain juga menyebut bahwa kopi tidak memiliki dampak pada kinerja otak, terutama pada memori.

Namun, segelas kopi di pagi hari diketahui bisa membantu menjaga suasana hati tetap baik dan terhindar dari stres. Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengonsumsi kopi di pagi hari. Yuk simak kelanjutannya!

Manfaat segelas kopi di pagi hari:

1. Meningkatkan kapasitas kinerja fisik

Manfaat minum kopi di pagi hari bisa digunakan untuk meningkatkan kapasitas kinerja fisik sampai 12%. Asupan berkafein seperti kopi meningkatkan adrenalin dalam darah. Sehingga, tubuh lebih siap beraktivitas fisik intens. 

Hal itu dipengaruhi efek kafein yang dapat memecah lemak di tubuh. Dampaknya, tubuh jadi memiliki bahan bakar ekstra dari metabolisme lemak.  Anda yang ingin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik intens disarankan minum kopi hitam sekitar setengah jam sebelumnya. 

2. Meningkatkan fungsi otak 

Manfaat minum kopi hitam di pagi hari yang kedua adalah meningkatkan fungsi otak. Kopi mengandung kafein yang bersifat stimultan. Artinya, kafein segera terserap ke aliran darah dan bergerak ke otak sesaat setelah seseorang minum kopi hitam. 

Dampaknya, minum kopi hitam dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk daya ingat, kewaspadaan, fokus, sampai kemampuan merespons sesuatu. 

3. Membantu membakar lemak 

Kandungan kafein yang terkandung dalam kopi dapat membantu membakar lemak.  Kafein merangsang sistem saraf dan memberikan sinyal kepada sel lemak agar segera memecah lemak di tubuh.  Penelitian menunjukkan, minum asupan berkafein dapar meningkatkan laju metabolisme yang berperan dalam membakar lemak sebanyak 3%-11%. 

Studi lain mengungkapkan, efek kafein dalam kopi membantu membakar lemak lebih efektif pada orang kurus ketimbang orang gemuk.  Namun, ada kemungkinan efek membantu membakar lemak ini tidak manjur bagi peminum kopi jangka panjang. 

4. Menurunkan risiko diabetes tipe 2 

Penyakit diabetes tipe 2 ditandai dengan peningkatan kadar gula darah karena berkurangnya kemampuan tubuh mengeluarkan insulin. 

Diabetes tipe 2 dapat menyebabkan komplikasi penyakit jantung, stroke, dan penyakit kronis lainnya.  Kabar baiknya, studi menyebut orang yang rajin minum kopi memiliki risiko diabetes tipe 2 lebih rendah ketimbang kalangan bukan peminum kopi. 

5. Menjaga kesehatan hati 

Hati adalah organ yang menjalankan beragam peran vital bagi tubuh.  Sayangnya, banyak penyakit yang rentan menyerang hati. Termasuk hepatitis, fatty liver, dll. Penyakit hati kebanyakan disebabkan sirosis atau pertumbuhan jaringan parut di hati. 

Menariknya, minum kopi maksimal empat gelas per hari dapat mencegah seseorang terkena sirosis. 

6. Mencegah penyakit alzheimer dan parkinson

Orang tua berusia di atas 65 tahun berisiko terkena penyakit saraf degeneratif seperti alzheimer dan parkinson. 

Penyakit tersebut belum ada obatnya. Namun, penyakit saraf degeneratif ini dapat dicegah dengan menjaga pola makan sehat, rajin olahraga, dan minum kopi. 

Beberapa penelitian menunjukkan, orang yang rajin minum kopi memiliki risiko penyakit alzheimer lebih rendah 65% ketimbang bukan peminum kopi.  Studi lain juga mengungkapkan, orang yang rutin minum kopi memiliki risiko penyakit parkinson lebih rendah 32%-60% daripada bukan peminum kopi.   

7. Membantu melawan depresi

Depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. 

Sebuah penelitian dari Harvard membuktikan, wanita yang minum empat cangkir kopi per hari memiliki risiko terkena depresi 20% lebih rendah ketimbang wanita bukan peminum kopi. 

Penelitian lain juga membuktikan, orang yang rajin minum kopi cenderung tidak mengakhiri hidupnya karena depresi. 

8. Menurunkan risiko kanker hati dan kolorektal 

Potensi manfaat minum kopi di pagi hari lainnya yakni mencegah kanker hati dan kolorektal. Kedua jenis kanker di atas merupakan termasuk ke dalam 10 besar penyebab kematian akibat kanker di seluruh dunia. 

Kendati manfaat minum kopi di pagi hari sangat menjanjikan, Anda perlu cermat menikmati seduhan kahwa ini. 

Melansir Inc, ahli menyarankan waktu minum kopi atau minuman berkafein disesuaikan dengam ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah jam biologis yang mengatur kapan saat tidur, makan, sampai mengendalikan hormon stres (kortisol). Waktu terbaik minum kopi di pagi hari adalah saat kadar kortisol sedang rendah. 

Demikianlah manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengonsumsi kopi di pagi hari. Salam Sehat!

Tag : kesehatan, manfaat kopi, pagi hari, rutinitas, mood

Berita Terkait