Digital Wellbeing, foto: Telset.id

Mengenal Fitur Digital Wellbeing Android, Ini Manfaat dan Cara Pakainya

Wanovy | Teknologi | 08-11-2022

PARBOABOA - Smartphone dan kebanyakan gadget lainnya secara tak langsung mengubah cara hidup seseorang.

Meski sebagian besarnya adalah sesuatu yang positif, namun ada bagian lain yang bisa jadi masalah kesehatan.

Ada banyak dampak negatif dari pola penggunaan smartphone yang salah. Itu jadi salah satu sebab Google menghadirkan fitur kesehatan digital atau Digital Wellbeing di sistem operasi Android.

Fitur ini bisa ditemukan jika pengguna memiliki smartphone dengan Android Pie atau yang lebih baru.

Digital Wellbeing mencakup beberapa fitur lain di dalamnya. Tapi, ini dimulai dengan perkenalan bagaimana cara Anda menggunakan smartphone.

Digital Wellbeing biasanya akan menampilkan data grafik tentang aplikasi yang paling lama dibuka, kemudian jumlah notifikasi yang diterima, serta berapa kali Anda membuka perangkat.

Apa Itu Digital Wellbeing?

Digital Wellbing (kesejahteraan digital) memiliki konsep tentang keseimbangan antara jumlah waktu yang dihabiskan di kehidupan nyata dan layar ponsel.

Smartphone dirancang untuk memberikan hiburan kepada setiap penggunanya. Jadi, tidak jarang pengguna smartphone sekarang ini sering tenggelam, karena terlalu asyik mengakses media sosial.

Segala hal kini dipermudah dengan kehadiran ponsel. Belum lagi, seluruh kegiatan, seperti membeli makan, memesan transportasi, melakukan transaksi, mengirim pesan, melakukan panggilan video, dan masih banyak lagi, dapat dilakukan di dalam satu perangkat.

Menurut laporan dari Android Police, rata-rata pengguna AS mengecek ponsel mereka sebanyak 63 kali dalam sehari dan menghabiskan waktu menatap layar rata-rata selama 5,4 jam dalam sehari.

Kehadiran dari Digital Wellbeing ini dapat mengontrol dan membantu pengguna menggunakan gadget.

Pengguna dapat membatasi durasi membuka aplikasi media sosial dan lainnya. Nantinya, dalam satu hari penuh, sistem akan memberikan laporan harian terkait berapa kali pengguna membuka ponsel, berapa lama waktu yang dihabiskan untuk menatap layar, dan aplikasi apa saja yang paling sering dibuka.

Cara Mengaktifkan Fitur Digital Wellbeing pada Ponsel Anda

1. Screen Time

Fitur ini akan memperlihatkan grafik waktu penggunaan aplikasi tertentu pada ponsel Anda. Melalui data yang muncul, Anda akan mengetahui aplikasi mana yang banyak Anda gunakan setiap harinya.

Sehingga Anda bisa mulai mengurangi penggunaan ponsel untuk menjaga kesehatan terutama kesehatan mata Anda.

Lamanya penggunaan aplikasi tertentu berarti juga memberikan dampak yang beragam pada pengguna. Misal, karena menatap layar terlalu lama, pengguna akan merasa pusing atau pandangan kabur.

Dengan fitur “Screen Time” ini, Anda dapat mengatur waktu maksimal penggunaan ponsel Anda terhadap suatu aplikasi tertentu.

Caranya mudah, cukup ketuk opsi ‘Screen Time Goal’ lalu menentukan lama waktu penggunaan ponsel secara aktif.

Waktu yang Anda masukkan adalah waktu akumulasi untuk penggunaan selama satu hari penuh. Selanjutnya, jika waktu tersebut telah tercapai, pengguna akan mendapatkan notifikasi berupa perintah untuk istirahat sementara dari menggunakan ponsel.

2. Screen Unlock

Ini berfungsi untuk mengatur dari sisi banyaknya ponsel dibuka. Opsi ini terbilang cukup sederhana ketimbang mengatur lamanya waktu layar menyala.

Dari sini, pengguna akan diminta untuk mengatur banyaknya membuka smartphone selama satu hari.

3. App Timer

Ini opsi yang hadir untuk mengatur secara spesifik waktu dalam mengakses aplikasi tertentu. Anda dapat mengatur untuk membatasi aplikasi mana yang perlu dibatasi aksesnya.

Seperti halnya aplikasi YouTube, karena aplikasi ini yang merupakan aplikasi paling sering dibuka oleh banyak orang dalam setiap harinya, apalagi bagi anak-anak.

Caranya, ketuk pada opsi ‘App Timers’, maka akan muncul daftar nama aplikasi bersama dengan keterangan lama akses masing-masing aplikasinya.

Selanjutnya pilih menu “dropdown” pada sisi kanan nama aplikasi yang ingin Anda atur. Maka akan muncul opsi 15 menit, 30 menit, 1 jam, dan kustom.

Tag : #Digital Wellbeing    #android    #teknologi    #os    #screen time    #app timer   

Baca Juga