parboaboa

Microsoft Rilis Windows 11 pada 5 Oktober, Bisa Di-download Gratis

wanovy | Teknologi | 01-09-2021

Tampilan Upgrade Windows 11

Microsoft akhirnya resmi mengumumkan ketersediaan Windows 11. Pembaruan OS baru itu tersedia secara bertahap dan dimulai pada 5 Oktober 2021 mendatang.

Sistem operasi (operating system/OS) baru ini bisa di-download gratis untuk pengguna yang perangkatnya memenuhi syarat tertentu.

“Kami berharap semua perangkat yang memenuhi syarat akan ditawarkan upgrade gratis ke Windows 11 pada pertengahan 2022,” tulis GM Windows Marketing di Microsoft, Aaron Woodman di blog resmi Windows.

Dalam blog resminya, Microsoft menyebutkan tahapan pembaruan itu berdasarkan model intelligence yang mempertimbangkan kelayakan hardware, metrik keandalan, usia perangkat serta faktor lainnya yan mempengaruhi pengalaman upgrade para penggunanya.

Untuk PC dengan Windows 10, pembaruan Windows akan diberitahu saat upgrade Windows 11 telah tersedia. Pengguna juga bisa mengeceknya secara langsung apakah perangkat telah memenuhi syarat untuk upgrade Windows 11 pada aplikasi PC Health Check atau bisa juga mengecek secara manual dengan membuka menu“Settings > System > Windows Update”.

Sementara saat diluncurkan Oktober nanti, tidak semua fitur yang diumumkan akan tersedia. Misalnya aplikasi Android dengan kerjasama bersama Amazon dan Intel.

Salah satu fitur yang menarik perhatian pada OS Windows 11 adalah dukungan OS Android tanpa modifikasi khusus.

Selama ini, aplikasi Android hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows dengan bantuan emulator atau dengan cara dual boot OS.

Akan tetapi, pengguna awal Windows 11 tampaknya harus bersabar, karena dukungan untuk Android baru tersedia pada 2022. Pratinjau aplikasi Android di Windows 11 akan tersedia dalam program Windows Insider, yang akan hadir beberapa bulan mendatang.

"Kami berharap bisa melanjutan perjalanan kami untuk menghadirkan aplikasi Android ke Windows 11 dan Microsoft Store, melalui kolaborasi kami dengan Amazon dan Intel, ini akan dimulai dengan pratinjau untuk Windows Insider selama beberapa bulan mendatang," kata Woodman.

Untuk perangkat yang tidak memenuhi syarat untuk upgrade Windows 11, Microsoft memberikan solusinya. Dengan menginstal menggunakan metode ISO, selama PC memiliki prosesor 64-bit 1Ghz dengan dua atau lebih inti, RAM 4GB, storage 64GB, dan chip TPM 1.2.

Namun apabila PC tidak didukung berarti kemungkinan tidak mendapatkan akses ke upgrade Windows bahkan patch keamanan.

Microsoft mengklarifikasi persyaratan sistem minimum untuk Windows 11 yang akan berjalan pada berbagai prosesor PC, termasuk chip Intel yang diproduksi sejak 2016.

Anda dapat menginstal Windows 11 pada perangkat keras apa pun menggunakan metode ISO, selama PC/laptop memiliki prosesor 64-bit 1GHz dengan dua core atau lebih, RAM 4 GB, memori 64 GB, dan chip TPM 1.2.

Apabila PC/laptop Anda tidak sepenuhnya kompatibel dengan Windows 11, Microsoft masih mendukung Windows 10 hingga 14 Oktober 2025. Namun, tidak jelas berapa banyak pembaruan besar yang akan dirilis Microsoft untuk Windows 10 selama empat tahun ke depan.

Editor: -

Tag: #teknologi   

BACA JUGA

BERITA TERBARU